Tips & Trik

Mari Mengenal Apa Itu Gir Motor dan Fungsinya

PUBLISHED DATE : 21 Oktober 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/121332611_s.jpg

Gir motor adalah salah satu komponen penting pada motor. Fungsi utamanya adalah untuk membantu menggerakkan bagian roda belakang. Selain itu, gir juga akan menghubungkan mesin motor dengan roda agar kendaraan melaju dengan cepat.

Perlu Anda ketahui, ada beberapa jenis gir pada sepeda motor yang dapat dilihat dari ukurannya. Anda wajib mengenali fungsi, jenis, dan cara perawatan salah satu bagian penting motor ini. Berikut ulasan fungsi gir beserta hal terkait untuk Anda. 

Daftar Fungsi Gir Motor

  • Sebagai Penggerak Roda

Baca Juga : Mau Kaca Helm Tidak Buram? Begini Cara Merawatnya

Fungsi utama gir pada motor memang sebagai penggerak roda, sama halnya pada sepeda. Pabrikan sudah merancang motor dengan sistem penggerak roda belakang yang membutuhkan media untuk menghubungkannya dengan roda depan. 

Cara kerjanya yaitu dengan menggerakkan roda belakang motor yang tersambung pada gir. Kemudian tenaga yang dihasilkan akibat perputaran tersebut akan menjalankan kendaraan Anda dengan laju lebih cepat. 

  • Penyeimbang Roda Belakang

Penggerak roda belakang pada motor yang dilakukan oleh gir tersebut tidak lain untuk menyeimbangkan semua roda kendaraan saat mesin dihidupkan. Dengan begitu, saat motor berjalan akselerasinya akan seimbang dan berjalan dengan baik. 

Baca Juga : Apa Itu Kruk As? Ini Fungsi dan Bagian-Bagiannya

Jika motor dalam posisi diam atau mati, bagian roda belakang berada dalam keadaan yang tidak lurus. Hal itu bisa dibuktikan jika Anda mendorong motor tanpa menghidupkan mesin, lajunya akan tersendat-sendat karena posisi semua roda tidak seimbang. 

  • Menyalurkan dan Mengatur Pasokan Tenaga

Gear set merupakan komponen yang bisa menghasilkan pasokan tenaga untuk kendaraan berakselerasi. Gear set mempunyai mata gir, yaitu gear depan (engine sprocket) dan gear belakang (rear sprocket). Bagian tersebut akan menghasilkan panjang pendeknya tenaga untuk jarak perpindahan. 

Pabrikan sudah menghitung standar perbandingan kedua jenis mata gir tersebut. Caranya dengan membagi jumlah mata gir belakang dengan gir depan. Hasilnya akan menunjukkan gir standar untuk motor Anda, karena setiap motor umumnya memiliki gear set yang berbeda. 

  • Menyalurkan Engine Break

Baca Juga : Fungsi Ring Piston Motor Dan Tanda Kerusakannya

Fungsi yang terakhir adalah untuk menyalurkan engine break. Gir motor akan melakukan tugasnya dalam menghasilkan tenaga seimbang untuk melewati medan-medan berat seperti perbukitan dan kontur turunan yang tajam. 

Dengan adanya gir motor, Anda bisa mengatur perpindahan gigi untuk mengerem sesuai kebutuhan. Pasalnya, menggunakan rem saja terkadang tidak cukup untuk memindah posisi gir untuk menahan laju motor. 

126630780_s

Jenis Gir Motor

Jenis gir pada motor ada 2, yaitu gir depan dan gir belakang. Setiap gir memiliki mata gir dengan jumlah tertentu. Mata gir tersebut dapat mempengaruhi performa motor. Semakin banyak mata gir, maka akan semakin terasa enteng motor tersebut saat dilajukan.

Umumnya, gir depan memiliki mata gir 10 sampai 18. Sedangkan gir belakang memiliki mata rantai antara 30 sampai 50. Pabrikan sudah merancang jumlah tersebut sesuai standar kebutuhan kendaraan dan tinggi rendahnya performa motor itu sendiri. 

Yang menjadi acuan dalam perbedaan kedua jenis gir pada motor ini yaitu perbedaan ukurannya. Gir depan umumnya berukuran lebih kecil daripada gir belakang. Namun, Anda bisa menyetting atau merubahnya jika dibutuhkan. 

Harga Gir Motor

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya