Tips & Trik

Ketahui, Fungsi Fuel Pressure Regulator & Cara Kerjanya

PUBLISHED DATE : 23 Maret 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/4__xl7_(2).jpg

Istilah fuel pressure mungkin masih terdengar asing bagi beberapa orang. Komponen ini termasuk dalam salah satu komponen penting dalam mobil.

Dalam ulasan ini, Anda akan mempelajari tentang beberapa fungsi dari fuel pressure regulator (FPR) beserta cara kerjanya.

Fungsi Fuel Pressure Regulator

Baca Juga : Apa Itu Knocking Pada Mesin? Ketahui Ini Penyebabnya

FPR atau pengatur tekanan bahan bakar di sebuah kendaraan memiliki peranan penting dalam sistem bahan bakar mobil yang sudah memiliki sistem electronic fuel injection (EFI). Komponen ini memiliki beberapa fungsi yang bisa Anda simak dalam uraian berikut ini.

  • Pendukung Kinerja Fuel Injector

Komponen tekanan bahan bakar pada mobil, memiliki fungsi untuk memastikan kinerja injektor bahan bakar pada setiap kendaraan. FPR berperan dalam mengalirkan bahan bakar menuju ke sistem mobil dan sampai ke fuel injector.

FPR juga berperan penting untuk mempertahankan konsistensi dari tekanan bahan bakar dalam fuel injector, dengan mengontrol banyaknya bahan bakar yang harus kembali ke fuel tank.  

  • Pengatur Tekanan Bahan Bakar

Baca Juga : Tips Agar Wiper Mobil Awet dan Tidak Bikin Baret di Kaca

FPR memiliki fungsi untuk mengatur tekanan bahan bakar dalam sistem electronic fuel injection (EFI).

Komponen ini mampu mengatur tekanan sesuai dengan intake manifold atau fuel injector. Ketika tekanan pada intake manifold mengalami kenaikan, tekanan pada rail fuel juga akan mengalami kenaikan.

Fuel pressure regulator berfungsi untuk menjaga tekanan dari bahan bakar bisa fleksibel (mampu menyesuaikan dengan berubah ubah). Hal ini dikarenakan, apabila tekanan bahan bakar tetap sama, maka akan terjadi ketidaksesuaian kebutuhan bahan bakar pada mesin.

Baca Juga : Ini Dia Alasan Kenapa Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

Cek fungsi lainnya dari pengatur bbm pada motor di halaman berikutnya.

___________________________________________________________________________________

  • Penjaga Bentuk Kabut Bahan Bakar

Fungsi dari FPR berikutnya adalah mengatur, sekaligus menjaga tekanan bahan bakar pada delivery pipe (pipa pengiriman) sesuai dengan kebutuhan sistem dalam kendaraan. 

Pembakaran pada ignition chamber dapat terjadi apabila bahan bakar berbentuk uap semburan dengan adanya tekanan.

Bahan bakar yang tidak berbentuk uap akan menyebabkan sistem menjadi bermasalah, sehingga mesin sulit untuk dinyalakan dan juga mesin menjadi boros bahan bakar.

  • Penjaga Kestabilan Bahan Bakar

Fungsi lain dari FPR adalah untuk menjaga pasokan bahan bakar tetap stabil. Komponen ini akan memastikan bahwa bahan bakar mampu mengalir sesuai dengan kebutuhan kendaraan.

Secara garis besar, fuel pressure regulator berfungsi untuk mengatur tekanan bahan bakar. Kemudian, mengembalikan yang bahan akar berlebih ke tangki.

Cara Kerja Pengatur Tekanan Bahan Bakar 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya