Tips & Trik

Ketahui Fungsi & Cara Kerja Fuel Filter pada Mesin Kapal

PUBLISHED DATE : 15 Mei 2023

Fuel Filter Mesin Kapal

Fuel filter atau penyaring bahan bakar adalah salah satu elemen yang sangat penting dalam permesinan kapal. Komponen ini digunakan untuk menyaring debu, kotoran, dan kandungan air yang terdapat di dalam bahan bakar. 

Dengan begitu, bagian dari kapal ini dapat melindungi pompa injeksi dan bagian mesin dari penyumbatan atau keausan.

Fungsi Fuel Filter Mesin Kapal

Dari definisi di atas, Anda sudah memahami bahwa fuel filter merupakan alat penyaring bahan bakar yang memiliki peran penting untuk mesin kapal. Maka, perlu Anda ketahui juga apa saja fungsi fuel filter ini pada mesin kapal.

 

  • Menyaring Kotoran

 

Fungsi utama dari fuel filter itu sendiri adalah sebagai penyaring kotoran yang ada di bahan bakar pada mesin kapal. Dengan begitu, bahan bakar pada kendaraan kapal ini tetap bersih dari kotoran yang tidak sengaja tercampur di dalamnya.

 

  • Pemisah Air

 

Selain berfungsi sebagai penyaring kotoran, komponen kapal ini juga berguna untuk memisahkan air yang tercampur dengan bahan bakar. Sehingga performa pada mesin kapal dapat berjalan dengan baik dan mencegah terjadinya kerusakan.

 

  • Mencegah Penyumbatan

 

Fungsi lain fuel filter mesin kapal yaitu mencegah penyumbatan yang bisa mengurangi kinerja bahan bakar. Tanpa adanya komponen ini, sangat riskan terjadinya penyumbatan yang bisa membuat kerusakan fatal pada mesin kapal.

Baca Juga : Apa Itu Landas Kontinen? Ini Jarak Perairan Indonesia

 

  • Menjaga Mesin Kapal Tetap Tahan Lama

 

Adanya fuel filter sangat berguna untuk menjaga mesin kapal tetap awet dan tahan lama. Karena komponen ini dapat memastikan bahan bakar tetap bersih sehingga terhindar dari kerusakan serius pada mesin kendaraan.

Cara Kerja Fuel Filter Mesin Kapal

Fuel filter pada mesin kapal memiliki cara kerja yang cukup sederhana. Hal ini juga perlu Anda pahami karena terdapat tipe, tahapan, serta cara penggantian dari mesin penyaring bahan bakar ini. Apa saja itu?

fuel_filter

 

  • Tipe Filter

 

Terdapat tipe-tipe filter yang tersedia dalam fuel filter mesin kapal. Berikut adalah masing-masing poin dan penjelasannya:

 

  • Spin On Filter

 

Filter ini memiliki kotak logam yang berada di bagian bawah mesin diesel. Fungsi dari tipe filter ini adalah mampu menyaring bahan bakar dengan baik dan seluruh casing dapat diganti.

 

  • Cartridge Filter

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya