Tips & Trik

Ketahui 4 Cara Menurunkan Tinggi Sepeda Motor Agar Tidak Jinjit

PUBLISHED DATE : 05 April 2023

Unnamed (66)

Menurunkan tinggi sepeda motor bisa membantu pengendara dengan postur tubuh pendek agar lebih nyaman saat berkendara. Hindarilah mengendarai sepeda motor dengan tinggi yang tidak sesuai, terutama jika Anda harus jinjit atau sulit menjangkau tanah saat berhenti.

Hal ini dapat meningkatkan risiko kecelakaan saat berkendara. Oleh karena itu, mengetahui cara menurunkan ketinggian sepeda motor Anda adalah suatu keharusan untuk memastikan pengendaraan yang nyaman dan aman.

Artikel akan memberikan beberapa tips dan trik untuk menyesuaikan ketinggian sepeda motor dengan metode yang paling cocok untuk Anda, tergantung pada situasi dan preferensi Anda. Ada juga tips untuk memilih motor yang sesuai dengan postur tubuh.

Cara Menurunkan Tinggi Sepeda Motor Agar Tidak Jinjit

Dalam mengurangi tinggi motor menjadi lebih rendah akan membantu pengemudi yang memiliki tubuh pendek dalam mencapai pedal dan mengontrol motor dengan lebih baik.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan menurunkan tinggi sepeda motor, antara lain:

 

  • Mengganti Suspensi

 

Mengganti suspensi belakang motor dengan tipe yang lebih pendek atau mengatur ulang suspensi depan dan belakang akan membuat posisi motor Anda jadi lebih rendah.

Pastikan untuk memilih suspensi yang sesuai dengan spesifikasi motor Anda agar tidak mengurangi kualitas kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

 

  • Mengganti Ban

 

Mengganti ban dengan ukuran yang lebih kecil juga bisa menjadi pilihan untuk menurunkan tinggi motor.

Namun, perhatikan juga lebar ban agar tetap sesuai dengan spesifikasi motor dan tidak mengganggu keseimbangan saat berkendara.

 

  • Mengganti Jok Motor

 

Jok yang lebih rendah bisa membantu menurunkan ketinggian sepeda motor dan membuat Anda lebih nyaman saat berkendara. Pastikan untuk memilih jok yang tetap nyaman dan aman bagi Anda, serta dengan postur tubuh Anda.

 

  • Mengganti Rangka Motor

Baca Juga : Cara Membedakan Spare Part Asli Atau Palsu

 

Solusi ini memerlukan biaya yang lebih besar, tetapi dapat menjadi alternatif permanen untuk menurunkan tinggi motor Anda.

Anda bisa mengganti rangka motor dengan tipe yang lebih pendek atau melakukan modifikasi pada rangka motor yang ada, seperti memotong dan menyambung rangka dengan cara yang aman dan profesional.

Tips Berkendara untuk Pengemudi dengan Tubuh Pendek

Setelah mengetahui cara menurunkan tinggi sepeda motor, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu pengemudi bertubuh pendek saat berkendara:

 

  • Gunakan Alas Kaki yang Tepat

 

Sepatu dengan hak yang tinggi akan memudahkan Anda mencapai pedal rem dan gas. Pilih sepatu yang tetap nyaman dan aman saat berkendara.

 

  • Latihan Keseimbangan

 

Berlatih keseimbangan saat mengendarai motor, seperti melakukan gerakan berhenti dan melanjutkan perjalanan, akan membantu Anda dalam mengontrol motor saat situasi darurat.

 

  • Posisi Duduk yang Tepat

 

Duduk lebih dekat dengan tangki bensin dan menjaga punggung tegak akan membuat Anda lebih mudah mengontrol motor. Selain itu, perhatikan posisi kaki saat menginjak pedal rem dan gas.

 

  • Jangan Ragu untuk Meminta Bantuan

 

Jika Anda merasa kesulitan saat mengendarai motor, mintalah bantuan orang lain untuk menemani atau membantu Anda. Saat belajar mengendarai motor yang lebih tinggi, latihan di area yang aman dan minim kendaraan akan membantu Anda beradaptasi.

Teknik Berkendara yang Tepat untuk Pengemudi dengan Tubuh Pendek

Memilih teknik berkendara yang tepat sangat krusial bagi pengemudi dengan tubuh pendek. Ada beberapa teknik berkendara yang bisa membantu pengemudi yang memiliki tubuh pendek untuk mengatasi kesulitan saat berkendara tanpa harus menurunkan tinggi sepeda motor.

 

 

  • Manfaatkan Momentum

 

Pengemudi dengan tubuh pendek dapat memanfaatkan momentum saat berkendara untuk meminimalkan berhenti dan mulai dari posisi berhenti.

Dengan mengendalikan kecepatan dan menjaga jarak dengan kendaraan lain di depan, pengemudi dapat mempertahankan laju tanpa harus berhenti dan mulai kembali.

 

  • Hindari Berhenti Mendadak

 

Pengemudi dengan tubuh pendek harus menghindari berhenti mendadak saat berkendara, karena hal ini dapat menyebabkan sulitnya menjangkau tanah dengan kedua kaki.

Sebaliknya, pengemudi sebaiknya menggunakan rem secara perlahan-lahan untuk mengurangi kecepatan dan berhenti dengan lembut.

 

  • Gunakan Teknik One Foot Down

 

Teknik One Foot Down adalah teknik berkendara di mana pengemudi hanya menurunkan satu kaki saat berhenti. Teknik ini sangat berguna bagi pengemudi dengan tubuh pendek, karena memungkinkan mereka untuk menjangkau tanah dengan lebih mudah.

Namun, perlu diingat bahwa teknik ini hanya boleh digunakan pada kondisi yang aman dan stabil saat Anda berkendara.

 

  • Pastikan Ketinggian Motor Sesuai

 

Pastikan ketinggian motor sesuai dengan tubuh pengemudi. Jika ketinggian motor terlalu tinggi, maka pengemudi akan kesulitan menjangkau tanah dengan kedua kaki saat berhenti.

Oleh karena itu, penting untuk memilih motor dengan ketinggian yang sesuai dengan tubuh pengemudi.

Tips Memilih Motor yang Sesuai untuk Pengemudi Bertubuh Pendek

Jika Anda tidak ingin menurunkan tinggi sepeda motor, ada beberapa hal atau tips yang perlu dipertimbangkan ketika hendak membeli motor yang sesuai dengan tinggi tubuh Anda.

 

  • Pertimbangkan Jenis Motor

 

Pilih jenis motor yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda, seperti motor matic atau motor bebek yang umumnya memiliki tinggi yang lebih rendah dibandingkan motor sport.

Baca Juga : Tips Mengisi Air Radiator Motor

 

  • Cek Tinggi Jok Motor

 

Pastikan tinggi jok motor sesuai dengan tinggi badan Anda. Cobalah duduk di atas motor dan perhatikan apakah kedua kaki Anda bisa menyentuh tanah dengan baik.

 

  • Perhatikan Bobot Motor

 

Motor dengan bobot yang lebih ringan akan lebih mudah dikendalikan, terutama bagi pengendara bertubuh pendek. Bobot motor yang ringan akan membantu Anda dalam mengangkat motor saat terjatuh atau saat memarkirkan motor.

 

  • Cek Suspensi dan Ergonomi

 

Pastikan suspensi motor dapat diatur sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda. Selain itu, perhatikan juga ergonomi motor, seperti posisi setang, jok, dan pedal yang nyaman untuk pengemudi bertubuh pendek.

Motor dengan stang yang mudah dijangkau dan posisi kaki yang tidak terlalu jauh akan memudahkan Anda saat mengendarai.

 

  • Uji Coba Motor

 

Sebelum memutuskan untuk membeli motor, lakukan uji coba terlebih dahulu. Hal ini akan membantu Anda mengetahui apakah motor tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda saat berkendara.

Jangan ragu untuk mencoba beberapa motor sebelum menentukan pilihan terbaik dan bertanya pada dealer jenis motor mana saja yang cocok untuk postur tubuh Anda.

Mengatasi masalah tinggi sepeda motor bagi pengendara bertubuh pendek bukanlah hal yang sulit. Dengan mengetahui cara menurunkan tinggi sepeda motor dan tips berkendara yang tepat, Anda akan merasa lebih nyaman dan aman saat mengendarai sepeda motor.

Selalu ingat bahwa kenyamanan dan keamanan saat berkendara merupakan hal yang paling penting. Jadi, pastikan Anda selalu menjaga kualitas kenyamanan dan keamanan saat mengendarai sepeda motor agar terhindar dari risiko kecelakaan.

Apabila mesin sepeda motor Anda mengalami permasalahan atau terdapat tanda-tanda kerusakan, jangan tunda untuk langsung melakukan perbaikan dan pemeriksaan di bengkel resmi Suzuki.

Bengkel resmi Suzuki menawarkan layanan booking service yang efisien dan menggunakan suku cadang asli. Dengan memperbaiki mesin di bengkel resmi, kinerja sepeda motor akan optimal dan meningkatkan kenyamanan berkendara.

Berita Lainnya