Tips & Trik

Jangan Anggap Remeh! Ini Fungsi dan Manfaat Alarm Mobil

PUBLISHED DATE : 30 April 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/XL7_(2).jpg

Makin canggihnya teknologi khususnya di bidang otomotif kian mempermudah pengamanan kendaraan. Salah satu caranya dengan menambah pengaman seperti alarm mobil.

Saat ini mobil-mobil keluaran terbaru telah menggunakan fitur pengamanan ini untuk mencegah terjadinya pencurian.

Fungsi dan Manfaat Alarm pada Mobil

Selain sebagai fitur keamanan, tahukah Anda apa fungsi dan manfaat dari alarm tersebut? Sebenarnya ada beberapa fungsi lain dari alarm yang dipasang di mobil. Jadi tidak semata-mata untuk hiasan atau agar mobil tampak keren.

Baca Juga : Arti Kode Sekring Mobil dan Cara Membacanya Dengan Mudah

Terdapat beberapa komponen yang saling terhubung agar alarm dapat bekerja dengan baik.

Komponen utama dari alarm meliputi, sensor, control unit, serta sirine. Dengan perpaduan dari ketiga komponen tersebut, alarm bisa berfungsi secara maksimal. Berikut beberapa fungsi dari alarm tersebut.

  • Mencegah Pencurian

Fungsi pertama yaitu untuk mencegah terjadinya pencurian. Sensor yang merupakan komponen pada alarm biasanya berbentuk switch dan dipasang pada pintu. Ketika pintu mobil dibuka, switch ini kemudian mengirim sinyal ke bagian control unit.

Baca Juga : Cara Memasang Sarung Jok Mobil dengan Mudah

Sinyal yang berasal dari sensor tersebut kemudian akan ditangkap oleh Unit control. Di sini Unit Control akan mengaktifkan memberi output berupa lampu kedip atau sirine sebagai tanda bahaya. Itulah sebabnya kenapa mobil akan mengeluarkan bunyi alarm jika disentuh orang asing.

Adanya sistem keamanan berupa alarm ini sangat bermanfaat untuk melindungi mobil Anda dari risiko dicuri atau dirusak. Jadi keberadaannya bisa menurunkan kekhawatiran Anda ketika harus parkir di tempat umum yang jauh dari pengawasan atau di area sepi.

  • Sistem Keamanan

Adanya alarm tak hanya berfungsi untuk mencegah terjadinya pencurian mobil, melainkan juga untuk sistem keamanan lainnya. Contoh fungsi keamanan yang dimaksud di sini seperti mencegah adanya upaya untuk membobol atau merusak mobil.

Baca Juga : Penyebab Aki Mobil Tekor dan Cara Mengatasinya

Pencuri saat ini kian canggih dan memiliki alat yang memadai untuk melancarkan aksi. Oleh karenanya, sensor-sensor dipasang agar mudah mendeteksi terjadinya kegiatan yang mencurigakan terhadap mobil Anda. Misalnya saja seperti percobaan membuka pintu secara paksa dengan alat tertentu.

Tak hanya terkait pencurian dan perusakan mobil, alarm juga akan berbunyi secara otomatis saat ada indikasi kebakaran. Sensor yang dipasang cukup peka untuk merasakan kejanggalan pada mesin, seperti saat terjadi konsleting atau munculnya percikan api.

  • Tanda Peringatan

Pada mobil keluaran dahulu memang belum memiliki alarm bawaan. Namun Anda bisa memasang alarm mobil sendiri sebagai pendukung sistem keamanannya. Alarm ini akan sangat bermanfaat, tidak hanya untuk mencegah terjadinya pencurian, namun juga sebagai pemberi peringatan ketika ada bahaya.

Saat Anda sedang berkendara di malam hari sepulang bekerja, tentu sudah sangat lelah dan kurang fokus dalam memperhatikan jalan. 

Dalam kasus ini bisa jadi beberapa meter di depan Anda terdapat sebuah objek yang seharusnya dihindari. Di saat seperti ini, alarm akan otomatis berbunyi sebagai tanda peringatan.

Tak hanya objek yang besar, sensor pada alarm juga peka terhadap objek kecil. Anda akan mendapatkan tanda peringatan meskipun hanya menabrak sebuah objek kecil. 

Tentunya ini akan sangat membantu dan bisa membuat Anda terhindar dari risiko ketika berkendara.

  • Menemukan Letak Mobil

Walaupun terdengar sepele, namun fungsi yang satu ini penting untuk pemilik kendaraan. Mobil yang telah dibekali alarm akan mudah untuk ditemukan ketika parkir di tempat umum atau ramai. Umumnya pada kunci mobil telah terpasang sebuah remote control.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya