Tips & Trik

Intip Ini Perbedaan Injector dan Carbon Cleaner

PUBLISHED DATE : 23 Maret 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/xl71.jpg

Para pemilik kendaraan bermotor yang rajin melakukan perawatan motor tentunya sudah tidak asing mendengar injector cleaner maupun carbon cleaner. Produk pembersih injeksi maupun karbon ini banyak dijual bebas di pasaran.

Namun sampai saat ini masih banyak pemilik kendaraan yang masih bingung tentang fungsi injektor dan carbon cleaner, padahal keduanya memiliki perbedaan yang sangat mendasar. Berikut ini perbedaan antara pembersih injektor dan pembersih karbon.

injector_cleaner

Baca Juga : Patut Disimak, Begini Cara Mengisi Freon AC Mobil

 

Perbedaan Injector Cleaner dan Carbon Cleaner

Injektor merupakan komponen penting dalam sebuah kendaraan bermotor. Komponen ini berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar ke ruang pembakaran dalam mesin.

Komponen ini akan bermasalah apabila terjadi penumpukan sisa bahan bakar pada injektor dan karbon pada mesin.

Baca Juga : 3 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Kulit Pengendara Motor

Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan cairan khusus berupa injector dan carbon cleaner. Residu sisa pembakaran pada injektor dapat dibersihkan dengan pembersih injektor. Sedangkan karbon pada mesin dibersihkan menggunakan pembersih karbon.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembersih injektor adalah sarana atau alat yang digunakan untuk membersihkan komponen injektor pada kendaraan, sehingga terbebas dari sisa pembakaran dan membuat bahan bakar kendaraan tetap terjaga dalam kondisi bersih.

Sedangkan pembersih karbon adalah alat untuk membersihkan ruang bakar menggunakan cairan atau busa pembersih khusus yang dimasukkan dalam ruang pembakaran, sehingga kerak karbon dapat dihilangkan.

Fokus Pembersihan

Baca Juga : Helm Half Face atau Full Face, Pilih yang Mana?

Perbedaan yang paling utama dari pembersih injektor dan karbon terletak pada fokus pembersihannya. Fokus pembersihan dari kedua cara pembersihan kendaraan bermotor ini saling bertolak belakang.

Sesuai namanya, pembersih injektor berfungsi untuk membersihkan injektor, tepatnya pada bagian lubang atau hole injector. Lubang ini dibersihkan untuk mencegah terjadinya penumpukan residu sisa pembakaran pada lubang pin injektor.

Sedangkan pembersih karbon berfungsi untuk membersihkan kerak-kerak karbon sisa pembakaran, yang berada di atas piston maupun karburator atau throttle body. Karbon ini harus dihilangkan karena dapat mengganggu performa kendaraan.

Tujuan Pembersihan

Pembersihan injektor dilakukan agar sistem bahan bakar selalu bersih. Hal ini akan berdampak langsung pada performa kendaraan. Proses pembakaran yang baik karena sistemnya yang bersih akan meningkatkan performa kendaraan.

Sedangkan pembersihan karbon dilakukan agar seluruh sistem yang berkaitan dengan pembakaran dapat bekerja dengan lebih baik. Bertumpuknya kerak karbon pada mesin akan membuat kendaraan menjadi kurang responsif dan kurang bertenaga, sehingga harus dibersihkan.

Bentuk

Baik pembersih injektor maupun karbon memiliki berbagai bentuk yang digunakan sesuai dengan kebutuhan kendaraan. Ada pembersih injektor yang berbentuk cairan maupun bukan. Begitu pula dengan pembersih karbon, ada yang berbentuk cairan dan pasta.

Pada umumnya, pembersih karbon yang berbentuk cairan digunakan hanya pada perawatan ringan saja. Penggunaan pembersih karbon cair ini relatif mudah, sehingga pembersihannya banyak dikerjakan oleh pemilik kendaraan sendiri di rumah.

Cara Menggunakan

Cara menggunakan pembersih injektor dan karbon bergantung pada bentuk pembersih yang disesuaikan dengan tipe kendaraan. Beberapa produk kendaraan memiliki cara tersendiri untuk menggunakan kedua jenis pembersih ini. Akan tetapi pada dasarnya sama saja.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya