Tips & Trik

Ini Penyebabnya Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci

PUBLISHED DATE : 12 November 2021

10215711 S

Alarm dapat diatur ke mode senyap ketika pengemudi ingin menggunakan layanan valet. Pada saat inilah keamanan mobil perlu dilonggarkan karena akan dibawa oleh orang lain untuk diparkir. 

Jika Anda lupa untuk mengubah mode senyap atau valet ini sudah pasti alarm tidak akan menyala ketika mobil dikunci. Bahkan lampu indikator pun tidak akan menyala ketika mengaktifkan mode senyap. 

  • Pintu Mobil Masih Terbuka 

Kelalaian yang tampak sepele namun ternyata berdampak besar terhadap aktifnya alarm mobil yaitu pintu yang tidak tertutup dengan benar. Sensor mobil tidak akan mendeteksi dengan baik karena pintu masih terbuka. 

Tidak sedikit penumpang yang tidak menutup pintu dengan rapat sehingga alarm pun tidak berbunyi. Hal sepele ini sering membuat panik yang sebenarnya bisa diatasi dengan mengecek ulang setiap pintu. 

Ketika Anda mendapati alarm tidak berbunyi, mengecek pintu apakah sudah rapat adalah hal pertama yang perlu dilakukan. 

  • Kerusakan pada Sistem Alarm Mobil

Penyebab alarm mobil tidak bunyi saat dikunci yang kedua adalah kerusakan pada sistem. Alarm memiliki beberapa rangkaian sistem dan bisa mengalami kerusakan. Misalnya saja pada bagian module atau sirine. 

Baca Juga : Jangan Panik, Ini Penyebab Setir Mobil Berat & Solusinya

Ketika module alarm rusak maka arus listrik yang mengontrol sirine putus sehingga alarm pun tidak akan berbunyi. Begitu juga jika sirine yang rusak maka module tidak dapat membunyikan alarm.  

Sistem yang rusak juga bisa saja pada bagian sensori yang mengakibatkan sensibilitas mobil menurun atau justru meningkat. Efeknya adalah alarm berbunyi terus atau tidak sama sekali. 

Apabila setelah Anda mengecek masing-masing penyebab alarm mobil tidak bunyi saat dikunci ini, sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel Suzuki resmi terdekat. 

Hindari untuk membongkar alarm mobil sendiri karena justru bisa merusak sistemnya jika Anda tidak berpengalaman. Apalagi jika mobil Anda menggunakan alarm jenis OEM. 

Lebih baik untuk menyerahkan pengecekan sekaligus perbaikannya kepada teknisi profesional di bengkel resmi Suzuki. Anda hanya perlu menjadwalkan servis ke bengkel terdekat saja. 





Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya