Tips & Trik

Ini Penyebabnya Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci

PUBLISHED DATE : 12 November 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/10215711_s.jpg

Aksesoris untuk mobil tidak hanya berfungsi untuk membuat kendaraan semakin keren tetapi juga memiliki fungsi khusus. Contohnya saja alarm mobil dengan fungsi khusus untuk keamanan mobil yang rawan akan pencurian. 

Alarm akan berbunyi sesuai dengan jenisnya dan bunyinya sendiri harus diperhatikan dengan benar. Karena bisa jadi alarm mobil tidak bunyi saat dikunci atau mengalami gagal fungsi. Hal inilah yang harus dihindari karena fungsinya berhubungan dengan keamanan. 

Kenali apa saja jenis alarm yang tersedia untuk mobil dan beragam penyebab mengapa tidak berbunyi. 

Baca Juga : Catalytic Converter Mobil: Pengertian dan Fungsinya

Jenis-Jenis Alarm Mobil 

Bunyi yang keluar dari alarm mobil cukup keras untuk terdengar dari jarak beberapa meter. Sebuah alarm mobil memiliki banyak fungsi, pertama untuk melindungi kendaraan Anda dari pencurian. 

Alarm akan berbunyi ketika ada yang mencoba membuka paksa ke dalam mobil. Fungsi yang kedua adalah penanda bahwa mobil telah terkunci secara otomatis. Biasanya bunyi akan terdengar ketika Anda menekan kunci remote alarm. 

Baca Juga : Mencuci Ruang Mesin Mobil, Bolehkah?

Ada produsen mobil yang telah memasang aksesoris ini pada produknya namun ada juga yang tidak. Jika mobil Anda belum memiliki alarm ini sebaiknya segeralah untuk memasangnya. 

Jenis dari alarm mobil sendiri ada dua, pertama adalah Original Equipment Manufacturer (OEM). Pengaturan alarm ini bisa bermacam-macam seperti One Way Remote Start atau One Way Door Lock. Alarm ini merupakan produk dari pabrik mobil. 

Kedua adalah alarm dari aftermarket yang berasal dari pihak ketiga yang termasuk non resmi. Biasanya produk aftermarket ini memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan OEM, karena beberapa komponen harus dipasang tersendiri. 

Baca Juga : Jenis Dempul dan Cara Mendempul Mobil yang Benar

Selain melihat produk alarm dari segi produsennya, ada juga pembagian jenis alarm sesuai dengan cara kerjanya sebagai berikut:

  •  GPS Alarm Car

Merupakan jenis alarm terbaru dan sering dipasang pada mobil rental. Kelebihan dari alarm ini yakni akan menimbulkan bunyi saat seseorang mencoba masuk ke dalam mobil tanpa kunci. Alarm ini juga mampu melacak posisi mobil ketika dibawa kabur. 

  • Starter Disable Output

Disebut juga sebagai Automatic Disable Sensor yang penggunaannya bisa mencegah mobil dicuri. Alasannya alarm tidak berbunyi namun justru memutuskan aliran listrik ke pengapian pada saat pencuri menyalakan mobil dengan paksa. 

  • Anti Grab Prevention 

Istilah lainnya adalah Anti Code Grabbing atau Anti Scan. Biasanya pencuri akan membajak mobil dengan membobol sistem keamanan sehingga alarm tidak berbunyi dan mobil bisa dicuri. 

Namun dengan hadirnya alarm ini maka dapat mencegah pembajakan nomor kode atau frekuensi mobil.

  • Dual Zone Shock Sensor 

Alarm ini akan berbunyi pada saat terjadi guncangan. Terdapat tahapan bunyi, pada saat guncangan pertama alarm tidak berbunyi terlalu nyaring. Baru pada saat guncangkan kedua yang merupakan indikasi pencurian bunyinya akan nyaring. 

  •  LED GPS Car Alarm 

Berbeda dengan alarm lain yang menimbulkan bunyi, cara kerja dari LED GPS car alarm ini adalah dengan memberikan laporan berupa kode berkedip kepada pengemudi. Jumlah kedipan akan bertambah sesuai dengan tingkat gangguannya. 

  • Auto Lock

Jenis alarm yang seringkali dipasang, pasalnya akan menyala menyesuaikan sensor mesin. Saat penumpang berada di dalam mobil, sensor alarm akan bekerja dan mengunci atau membuka pintu secara otomatis. 

  • Remote Control Sensor Bypass
Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya