Tips & Trik

Ini Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/ertiga1.jpg

Mobil yang rutin dikendarai tanpa perawatan tentu akan mengalami kerusakan pada beberapa komponen. Selain mesin, salah satu bagian yang sering bermasalah adalah air conditioner atau AC. 

Mengendarai mobil tanpa AC di siang hari yang terik tentu sangat melelahkan. Tidak heran jika semua mobil keluaran terbaru selalu memiliki fitur ini. Hanya saja AC bisa bermasalah contohnya saja hanya mengeluarkan angin. 

Seharusnya udara yang keluar terasa sejuk sehingga membuat kabin menjadi nyaman. Jika bermasalah Anda harus segera mengecek apa penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin. 

Baca Juga : Begini Cara Mengetahui Mobil yang Pernah Terendam Banjir

Penyebabnya pun kadang-kadang sepele, tapi sebagai pemilik kendaraan Anda tidak boleh menganggapnya remeh. Kerusakan pada satu bagian saja jika tidak segera ditangani dapat merusak komponen lainnya. Kenali penyebab dari kerusakan pada AC ini. 

Apa Saja Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin

Ciri utama AC yang tidak bisa bekerja dengan baik adalah keluarnya angin tanpa rasa sejuk sama sekali. Anda tentu akan dengan mudah merasakannya dan bisa melakukan pengecekan agar segera tahu apa penyebab utamanya. 

Jika Anda ingin segera melanjutkan perjalanan dengan nyaman, perlu mengenali apa saja penyebab hanya angin yang keluar dari AC mobil berikut ini. 

  1. Kotornya Filter Kabin, Kondensor dan Evaporator 

Baca Juga : Apa Itu Wax Mobil? Ketahui Ini Fungsi dan Jenisnya

Ada tiga komponen yang jika kotor akan membuat AC tidak dingin dan hanya keluar angin. Pertama adalah filter kabin yang akan menjaga sirkulasi udara tetap baik. Anda sebaiknya rutin membersihkan dan menggantinya setiap 16.000 km. 

Kedua adalah kondensor yang berfungsi membuang panas dari kompresor. Ketika kotor tentu panas tidak dapat dilepaskan dan membuat AC tidak dingin. Padahal Anda hanya perlu rutin membersihkan kondensor agar bebas debu dan karat. 

Ketiga adalah evaporator yang bekerja untuk mendistribusikan dingin ke seluruh kabin. Evaporator yang kotor membuat udara dingin yang seharusnya keluar terhambat selain itu angin yang keluar dari AC juga kotor. 

    2. Freon atau Refrigerant yang Habis 

Baca Juga : Walau Mungil, Ini Fungsi Tutup Radiator dan Cara Kerjanya

Penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin yang kedua tentu sudah sangat umum diketahui. Freon atau refrigerant merupakan fluida yang akan menyerap beban pendingin. Cairan inilah yang akan menciptakan udara sejuk. 

Kebocoran pada selang atau sambungan seringkali terjadi yang mengakibatkan freon cepat habis. Begitu juga ketika Anda sudah jarang mengisi freon yang habis akibat penggunaan. 

Ketika freon habis Anda harus mengisinya kembali karena minimnya gas yang dikeluarkan dari katup ekspansi. Jika masalahnya adalah kebocoran maka Anda harus segera mengganti selang baru atau memperbaiki sambungan. 

ac_mobil

    3. Kompresor AC Mengalami Kerusakan

Semua AC memiliki kompresor yang akan memompa freon agar bisa disalurkan ke seluruh sistem. Kompresor yang rusak menjadi penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin yang perlu dikhawatirkan. 

Ciri kompresor rusak adalah muncul bunyi gesekan saat terjadi tekanan yang tidak normal. Dampaknya sight glass menjadi hitam yang artinya expansion valve and receiver drier tersumbat kotoran. 

    4. Puli Kompresor Tidak Berputar 

Jika mesin kompresor tidak ada masalah, mungkin saja kerusakan terdapat pada bagian puli. Komponen puli ini memiliki fungsi untuk menggerakkan pompa air, kipas pendingin, power steering dan juga alternator. 

Puli digerakan oleh belt kompresor yang terbuat dari bahan karet. Sayangnya belt ini bisa saja getas karena penggunaan. Puli yang tidak bergerak menjadi penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin yang cenderung hangat. 

Belt yang getas nantinya bisa putus, tidak hanya udara yang keluar dari AC saja yang terpengaruh. Mesin mobil juga akan panas karena kipas pendingin radiator serta pompa mesin tidak bekerja. 

    5. Tekanan pada Sistem AC Mobil Berlebihan 

Sistem AC mobil juga bisa mendapatkan tekanan berlebih ketika Anda mengisi oli kompresor berlebihan. Padahal pengisiannya memiliki standar sendiri yang harus dipenuhi. Jika jumlahnya melebihi batas maka akan menciptakan tekanan pada freon yang meningkat. 

Efek yang terjadi adalah kompresor menjadi sangat panas di mana proses kondensasi menjadi terhambat. Padahal proses kondensasi ini sangat penting untuk merubah udara panas menjadi sejuk. 

Oleh karena itulah tekanan berlebih menjadi penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin saja. 

    6. Kerusakan pada Ekstra Fan

Proses kondensasi juga akan mengalami masalah ketika motor pada ekstra fan mengalami masalah. Ekstra fan ini letaknya ada di depan kondensor jadi bisa Anda cek apakah masih berputar ketika AC dinyalakan. 

Ketika tidak ada putaran artinya penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin adalah motor pada ekstra fan tersebut. Matinya motor ekstra fan membuat proses penurunan suhu di kondensor tidak bekerja, suhu yang keluar pun lebih panas. 

    7. Kerusakan pada Thermistor AC

Disebut dengan terminal resistor, komponen dari sistem AC ini berfungsi untuk mengukur dan mengatur suhu yang berasal dari kompresor. Apa yang terjadi ketika Thermistor AC rusak? Efeknya adalah evaporator menjadi beku karena suhu yang berasal dari kompresor tidak diatur. 

Suhu bisa saja terlalu rendah yang membuat pembekuan, ketika beku maka akan terjadi penyumbatan sehingga sistem AC bermasalah berkelanjutan. Anda mungkin harus mengeluarkan biaya lebih banyak jika hal ini terjadi. 

    8. Korsleting pada Kelistrikan AC

Korsleting juga bisa terjadi pada sistem kelistrikan AC mobil yang ditandai dengan arus pendek. Sekring AC juga dapat putus karena arus pendek tersebut. Efeknya sudah pasti bahwa angin yang keluar tidak sejuk melainkan panas. 

Kerusakan akibat korsleting ini tidak boleh ditangani sendiri karena melibatkan banyak kabel. Anda yang kurang paham harus menyerahkannya pada teknisi profesional agar tidak terjadi masalah berkelanjutan. 

    9. Mesin Mobil Mengalami Overheat

Rusaknya sistem AC juga bisa berasal dari mesin mobil yang overheat. Bukan hanya tidak nyaman berada di dalam kabin, juga sangat berbahaya bagi penumpang dan mesin. Karerna mesin yang overheat menandakan terjadi kerusakan pada komponennya. 

Ketika Anda melakukan perjalanan dan mengalami overheat sebaiknya segera menepi dan matikan mesin. Overheat yang dibiarkan bisa menimbulkan beberapa komponen terbakar. 

    10. Celah Centerpiece yang Terlalu Lebar 

Magnetic clutch atau kopling magnet terdapat pada kompresor AC yang fungsinya adalah menghubungkan putaran mesin melalui puli. Pemeriksaan secara berkala pun seharusnya dilakukan pada komponen ini. 

Apabila magnetic clutch ini tidak dapat menarik armature assembly atau centerpiece dengan baik saat AC hidup, maka akan timbul bunyi dan terjadi selip. Apabila celah centerpiece terbentuk sangat lebar akan mengakibatkan kompresor overheat

Seperti penyebab kompresor panas akibat belt yang getas atau putus di atas, dampaknya akan terjadi pada udara yang keluar dari AC ke kabin hanya angin hangat saja. 

Jangan tunggu sampai AC tidak dapat dinyalakan. Apabila sudah tahu penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin, segera bawa kendaraan kesayangan ke bengkel resmi Suzuki terdekat.

Mobil kesayangan Anda akan langsung ditangani oleh teknisi profesional yang ahli di sana. 

Berita Lainnya