Tips & Trik

Idle Speed Control: Fungsi, Komponen dan Cara Kerjanya

PUBLISHED DATE : 06 Oktober 2021

145093653 S

Penting untuk memanaskan mobil sebelum berkendara meskipun hanya beberapa menit. Tujuannya adalah untuk membuat oli sampai pada celah mesin yang sempit dan pelumasan bekerja dengan baik dan mesin siap untuk bekerja. 

Selama proses pemanasan atau menyalakan kendaraan pertama kali dari kondisi dingin, maka putaran mesin akan naik turun. Mobil belum siap dikendarai jika mesin belum sampai pada putaran stabil yaitu 700 hingga 900 rpm. 

Hadirnya komponen idle speed control pada mobil sangat penting demi mengatur putaran mesin saat kondisi mobil pada posisi idle. Seperti apa kinerja dari komponen ini dan apa saja fungsinya? 

Apa Itu Idle Speed Control

Dahulu alat yang digunakan untuk mengatur putaran mesin di posisi ideal adalah sekrup penyetel khusus. Komponen tersebut disebut dengan idle speed adjusting screw (ISAS) ada juga idle mixture adjusting screw (IMAS). 

Namun kini mobil dengan sistem karburator telah mengadopsi sistem yang baru yaitu Electronic Fuel Injection (EFI). 

Sistem ini dilengkapi dengan idle speed control (ISC) atau yang juga dikenal dengan idle air control. ISC sendiri merupakan komponen elektronik yang tujuannya adalah menentukan RPM saat idle atau langsam. 

Berbagai Fungsi dari Idle Speed Control

Secara umum ISC merupakan rangkaian elektronik yang fungsi utamanya adalah mengatur jumlah udara yang akan melalui idle port pada saat katup gas posisinya tertutup. 

Baca Juga : Cara Mudah Deteksi Kerusakan Kopling Mobil

Hal ini berbanding terbalik dengan komponen seperti IMAS dan ISAS terdahulu di mana pengemudi harus mengatur putaran idle di mesin secara manual. ISC sendiri ternyata tidak hanya berfungsi untuk mengatur banyaknya udara yang melalui idle port. 

Ada beberapa fungsi idle speed control lainnya sebagai berikut:

  • Menjaga Jumlah Udara 

Komponen ini akan bertanggung jawab mengatur jumlah udara yang akan masuk ke intake manifold saat gas tidak diinjak. Begitu pula pada saat katup throttle menutup. 

  • Mengatur Kecepatan Mesin 

Pada saat posisi idle kecepatan mesin harus diatur khususnya saat AC menyala atau mati. 

  • Menjaga Kecepatan RPM

Idle speed control juga berfungsi untuk menyesuaikan kecepatan RPM mesin saat langsam di berbagai kondisi dengan otomatis. 

  • Mengatur Idle Up Mesin

ISC juga akan bekerja untuk mengatur idle up mesin yang berhubungan langsung pada kestabilan kendaraan. Karena jika terjadi kesalahan pada pengaturan idle up akan membuat mesin bergetar lebih kencang dan menambahkan beban. 

  • Menyesuaikan Beban Elektrik

Putaran mesin pada mobil akan diatur oleh ISC menyesuaikan dengan beban elektrik. Jadi jika beban elektriknya bertambah maka putaran mesin juga meningkat. 

Contoh pada saat menyalakan mobil di kondisi idle Anda menyalakan lampu sorot, maka putaran mesin akan bertambah disesuaikan oleh ISC. 

  • Berpengaruh pada Putaran Mesin

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa putaran mesin dipengaruhi oleh ISC. ISC dapat mempengaruhi lambat atau cepatnya putaran mesin yang terjadi. 

Contohnya saja pada mobil dalam kondisi dingin, maka ECU akan membuka katup ISC sehingga putaran mesin meningkat dan lama kelamaan menjadi stabil. 

164334514_s

Apa Saja Komponen Idle Speed Control

ISC sendiri merupakan komponen yang ukurannya cukup kecil namun ada begitu banyak sensor tertanam di dalamnya. Ada beberapa komponen pembentuk ISC yang bisa diperhatikan sebagai berikut:

  • MAF Sensor

Sensor yang pertama ini akan bekerja untuk mengirim data massa udara menyesuaikan aliran yang sedang terjadi. 

  • CKP Sensor

Komponen ini bekerja untuk mengukur kecepatan RPM mesin. Nantinya informasi ini akan berfungsi untuk feedback dari kinerja sistem ISC. 

  • TPS Sensor

Sebuah sensor yang mengenali posisi dari katup gas sehingga dapat menentukan sudut pembukaan katup. 

  • Barometric Pressure Sensor 

Sensori yang satu ini akan mengenali berapa tekanan udara pada suhu serta ketinggian dari mobil. 

  • ECT Sensor 

Salah satu komponen yang kerjanya adalah mendeteksi suhu air dari mesin pendingin sehingga ISC mengetahui berapa tingkat derajatnya. 

  • AC Refrigerant Pressure Sensor

Diperlukan juga sensor yang akan mengukur tekanan freon pada AC, tujuannya supaya mesin dapat hidup walaupun terdapat beban dari kompresor AC. 

  •  Idle Air Controller

Bagian ini bekerja untuk mengontrol dalam perhitungan dari berbagai macam data sensor lainnya. 

  • ISC Valve 

Sebuah aktuator yang akan bekerja membuka serta menutup saluran idle sesuai dengan perhitungan dari ECU. 

Semua komponen sensor yang membangun ISC ini sangatlah penting, jika salah satu sensor saja rusak maka putaran mesin tidak dapat dikendalikan dengan tepat. 

Baca Juga : Mobil Warna Putih Tetap Kinclong? Ini Tipsnya

Mengenal Cara Kerja Idle Speed Control 

Berdasarkan cara kerjanya, ISC diatur oleh Engine Control Unit (ECU) dari rangkaian perhitungan sistematis dari semua sensor yang saling berhubungan. Pembukaan katup ISC sendiri dapat diprediksi karena telah ada perhitungannya dari ECU. 

Cara kerja idle speed control dimulai saat mesin dihidupkan dan TPS sensor akan mengirim sinyal bahwa katup posisinya tertutup. Sinyal tersebut berupa tegangan dengan besaran 0 sampai 5 volt. 

Ketika posisi katup tersebut tertutup maka sinyal yang disampaikan hampir 4,9 volt dan jika katup terbuka maka nilai tegangannya menurun. ECU yang mengenali sinyal tersebut akan menyimpulkan katup tertutup. ECU pun akan mengirimkan tegangan ke ISC valve.  

Hanya saja ECU membutuhkan data dari MAP sensor yang menunjukkan beban dari mesin. ECT pun juga akan mengirim tegangan sinyal mengenai suhu mesin. Terakhir adalah refrigerant pressure sensor yang mengukur tekanan freon. 

Semua sensor tersebut akan mengirimkan tegangan pada ECU dan data tersebut diolah. Komponen transistor dan IC dalam ECU akan mengolah data tersebut dan dikalkulasi sehingga mengeluarkan output tegangan dengan nilai tertentu. 

Tegangan tersebut nantinya yang akan mengatur ISC supaya volume udara akan pas dan putaran mesin sesuai. 

Idle air control adalah komponen yang sangat penting, karena tanpanya mesin tidak bekerja sempurna. Putaran RPM akan terus fluktuatif membuat kendaraan mudah mati saat berjalan dan masalah lainnya. 

Apabila Anda merasakan RPM naik turun dan penyebabnya adalah idle speed control sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel resmi Suzuki terdekat untuk pengecekan. Anda tinggal memilih salah satu bengkel terdekat berikut ini. 

  1.  Armada Banda Jaya (ABJ) di area  Aceh, www.suzukiaceh.co.id 
  2.  Arista Sukses Abadi (ASA MEDAN) di area Medan, www.suzukiarista.com 
  3.  Trans Sumatra Andalan (TSA) di area Trans Sumatera, www.tsasuzuki.com 
  4.  Rodamas Makmur Motor (RMM) di area Batam, www.suzukimobilbatam.co.id 
  5. Arista Sukses Abadi (ASA TP) di area Tanjung Pinang, www.suzukipinang.com 
  6.  Sejahtera Buana Trada (SBT PKU) di area Riau,  www.suzukimobilriau.co.id 
  7.  Elang Perkasa Motor (EPM) di area Sumatera Barat, www.suzukiepmsumbar.co.id 
  8.  Jaya Indah Motor (JIM) di area Jambi, www.suzukijambi.co.id 
  9.  Kangaroo Motor Mandiri (KMM) di area Bengkulu, www.suzukibengkulu.co.id 
  10.  Nusa Sarana Citra Bakti (NSCB) di area Sumatera Selatan, www.suzukithamrin.co.id   
  11.  Jagorawi Motor (JM) di area Bangka Belitung, www.suzukijagorawi.co.id 
  12.  Persada Lampungraya (PLR) di area Lampung, www.suzukilampung.co.id
  13.  Restu Mahkota Karya (RMK), www.suzukimahkota.co.id 
  14.  Nusantara Jaya Sentosa (NJS) di area Bandung, www.suzukinjs.co.id 
  15.  Arindo Gedong Jembar (AGJ) di area Tegal, www.suzukiarindo.co.id 
  16.  Cinta Damai Putra Bahagia (CDPB) di area Cirebon, www.suzukicintadamai.co.id 
  17.  Sejahtera Armada Trada (SAT) di area Depok, www.suzukimargondadepok.co.id 
  18.  Sumber Baru Aneka Mobil (SBAM) di area Jakarta, www.suzukisbam.co.id 
  19.  Duta Cendana Adimandiri (DCA) di area Jakarta, www.suzukidutacendana.co.id 
  20.  Dwiperkasa Mobiltama (DPM) di area Tangerang, www.suzukidwiperkasa.co.id 
  21.  Armada Perkasa Mobilindo (APM) di area Jakarta, www.suzukiarmada.co.id 
  22.  Handijaya Buana Trada (HJBT)  di area Jakarta, www.suzukigunungsahari.co.id 
  23.  Sejahtera Buana Trada (SBT) di area Jakarta, www.suzukitrada.co.id 
  24.  Indomobil Multi Trada (IMT) di area Jakarta, www.indomobilsuzukidealer.co.id 
  25.  Sun Motor Jakarta (SUN) di area Jakarta, www.suzukisunmotor.com 
  26.  Citra Asri Buana (CAB) di area Jakarta, www.suzukidealercab.co.id 
  27.  Trimitra Sejahtera Mobilindo (TSM) di area Jakarta, www.suzukitrimitra.co.id 
  28.  Pusaka Motor Utama (PMU) di area Bekasi dan Banten, www.suzukipusaka.co.id 
  29. Solo Indonesia Utama (SIU) di area Solo, www.suzukisurakarta.co.id 
  30. Sejahtera Sunindo Trada( SST) di area Semarang, www.suzukitradajateng.co.id 
  31. Sumber Baru Aneka Motor (SBAM) di area Yogyakarta, www.suzukisumberbaru.co.id 
  32. United Motor Centre (UMC) di area Surabaya, www.suzukiumc.co.id 
  33. Sejahtera Buana Trada (SBT) di area Surabaya, www.suzukitradajatim.co.id 
  34. Sejahtera Sumberbaru Trada (SSBT) di area Malang, ww.suzukidealerkalimalang.id 
  35. United Indo Bali (UIB) di area Bali, www.suzukibali.id 

Tidak sulit untuk datang service ke bengkel resmi Suzuki terdekat. Anda tinggal pilih bengkel terdekat, kunjungi websitenya dan mengisi formulir booking service. Lebih cepat memperbaiki lebih baik supaya komponen lainnya tidak mengalami kerusakan. 

 

Berita Lainnya