Tips & Trik

Gak Mau Kredit? Begini Cara Beli Mobil Cash

PUBLISHED DATE : 27 Maret 2022

22  SCROOS (2)

Cara beli mobil secara cash sebenarnya cukup mudah dilakukan dan dapat dijadikan sebagai alternatif apabila tidak ingin membeli kendaraan secara kredit.

Simak ulasan berikut ini mengenai bagaimana tips dan prosedur membeli mobil secara cash dengan proses yang cepat.

Tips Beli Mobil Secara Cash

Sebelum membeli mobil, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar tidak melakukan kesalahan dalam menentukan pilihan kendaraan. Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan apabila Anda ingin membeli mobil secara cash.

Memilih Mobil Sesuai Kebutuhan

Tips pertama, calon pembeli harus menentukan mobil sesuai dengan kebutuhan terlebih dahulu. Sesuaikan model mobil yang dipilih berdasarkan pada kegunaannya kedepannya, seperti untuk kepentingan keluarga atau transportasi bekerja misalnya.

Ada beberapa jenis mobil yang bisa dipilih, seperti SUV, MPV, sedan, dan kendaraan keluarga. Pastikan juga Anda memilih mobil dengan kapasitas sesuai dengan jumlah anggota keluarga yang kemungkinan akan menumpanginya.

Apabila ingin melihat referensi lebih lengkap, calon pembeli bisa melihat katalog mobil dari Suzuki terlebih dahulu agar tidak salah menjatuhkan pilihan. Apalagi pilihan mobil tersebut sudah disertai dengan daftar harga yang semakin memudahkan untuk memilih.

Masih ada beberapa tips agar beli mobil dengan uang tunai menguntungkan, cek di halaman berikutnya.

_________________________________________________________________________________

Pastikan Dana Sesuai

Baca Juga : Tidak Sulit, Ini Cara Balik Nama Motor dan Mobil

Setelah menentukan pilihan mobil, maka berikutnya Anda harus memastikan dana yang dimiliki sesuai dengan harga kendaraan. Saat melihat referensi kendaraan tentu saja sudah ada harga pasarannya yang bisa dijadikan sebagai patokan.

Hitunglah mengenai berapa dana yang harus dikeluarkan untuk membeli mobil tersebut dan membandingkannya dengan ketersediaan budget. Lakukan perhitungan detail termasuk apa saja biaya tambahan selain harga mobil.

Sebaiknya Anda membeli mobil yang harganya tidak terlalu tinggi agar tidak mengalami kesulitan di kemudian hari. Jangan hanya memaksimalkan dana yang dimiliki saat ini untuk membeli mobil saja, tetapi pikirkan juga mengenai biaya asuransi, service berkala di bengkel resmi, dan pajak.

Menyisihkan 3 Juta Setiap Bulannya

Berbicara mengenai cara beli mobil cash tentu saja tidak lepas dari permasalahan ketersediaan anggaran. Apabila Anda sudah memiliki rencana tersebut, maka mulailah mengumpulkan dana dengan menabung sekitar 3 juta per bulan apabila pendapatan gajinya sudah lumayan tinggi.

Lakukan hal ini secara rutin dan konsisten untuk menabung dana sebesar 3 juta rupiah di setiap bulannya. Apabila Anda teratur menerapkan cara ini, maka hanya dalam waktu sekitar 3 tahun saja sudah bisa mendapatkan mobil cash dalam kondisi baru.

Hal ini memang terkesan harus menunggu lama, akan tetapi lebih bagus jika dibandingkan dengan langsung mengambil kredit. Sebab, Anda tidak perlu membayar biaya bunga lagi jika nantinya telat membayar seperti saat membeli secara kredit.

Bagaimana agar Anda bisa mendapatkan uang tunai dengan cepat untuk beli mobil? Cek di halaman berikutnya.

________________________________________________________________________________

Menyisihkan 50 Persen dari Penghasilan Setiap Bulannya

Apabila Anda sudah memiliki gaji sekitar 20 juta rupiah ke atas, maka bisa mulai untuk mengumpulkan 50 persennya setiap bulan untuk membeli mobil secara cash. 

Hal ini berarti dalam satu bulan harus menabung dana sebesar 10 juta rupiah agar dana untuk membeli mobil cash bisa segera terkumpul.

Cara ini juga bisa dipilih bagi orang yang sudah memiliki passive income karena uang tabungan untuk membeli mobil tidak akan mengganggu kebutuhan pokoknya. Apabila menggunakan cara ini, berarti Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 2 tahun saja untuk bisa mendapatkan mobil secara cash.

Sama halnya dengan metode menabung sebelumnya, cara ini juga harus dilakukan dengan konsisten dan teratur. Tabung nominal yang sama setiap bulannya agar tidak terasa berat dan membuat Anda lebih mudah mengatur gaji untuk memenuhi kebutuhan dan modal membeli mobil.

Menyisihkan 1 Juta Setiap Satu Bulan

Bagi karyawan dengan gaji yang masih sekitaran UMR, maka tabungan untuk membeli mobil secara cash bisa dimulai dengan nominal 1 juta. Tabungan tersebut harus diisi secara rutin setiap bulan agar dananya bisa cepat terkumpul.

Cara ini mungkin terdengar membutuhkan waktu lama, tetapi menjadi salah satu pilihan terbaik apabila Anda tidak ingin membeli mobil kredit. 

Memang butuh waktu bertahun-tahun untuk bisa mengumpulkan dana guna membeli mobil. Akan tetapi, alternatif ini bisa dijadikan sebagai pilihan apabila Anda tidak ingin merasa terbebani dengan tagihan cicilan mobil dengan nominal diatas 1 juta tiap bulannya. 

_________________________________________________________________________________

Menabung 1 juta per bulan juga lebih baik dibandingkan jika Anda memilih membeli secara kredit tetapi malah menunggak pembayaran.

22._SCROOS__1_

Prosedur Membeli Mobil secara Cash

Membeli mobil secara cash juga memiliki prosedur yang harus diketahui urutannya agar tidak salah. Berikut ini ulasan lengkap mengenai prosedur cara beli mobil secara cash yang benar dan bisa menjadi rujukan Anda

Menyiapkan DP atau Uang untuk Booking

Hal pertama yang perlu disiapkan setelah menentukan target mobil incaran, yaitu menyiapkan dana untuk uang booking atau DP. Uang muka pembayaran ini umumnya dibutuhkan apabila Anda membeli mobil yang statusnya indent dan tidak bisa langsung didapatkan.

Sebab, apabila mobil tersebut merupakan barang indent, maka showroom harus melakukan pemesanan kendaraan terlebih dahulu. Fungsi dari uang muka pembayaran adalah sebagai jaminan bahwa pembeli akan tetap melanjutkan transaksi kendaraan tersebut.

Baca Juga : Posisi Berkendara Dengan Sepeda Motor Yang Ideal

Selain itu, ada juga uang muka tanda jadi yang diberikan kepada penjual saat booking dengan kisaran maksimal hingga 5 juta rupiah. Tanda jadi juga digunakan sebagai salah satu dokumen penting dari showroom agar bisa memulai memproses pemesanan mobil.

Memperoleh Surat Pemesanan Kendaraan (SPK)

Berikutnya, setelah melakukan pembayaran calon pembeli akan menerima surat pemesanan yang harus disimpan karena penting. SPK ini selanjutnya akan dibaca oleh konsumen agar bisa dibaca dengan detail.

_________________________________________________________________________________

Selama diberi waktu untuk membaca SPK, sebaiknya Anda mencatat pertanyaan terkait keterangan yang kurang dipahami. Selain itu, tanyakan juga terkait pembatalan untuk berjaga apabila ternyata Anda berubah pikiran dan tidak jadi memesan mobil tersebut.

SPK sendiri berisi mengenai tanggal pemesanan kendaraan sesuai waktu pembayaran uang muka. Selanjutnya, akan ada juga informasi terkait harga beli sesuai dengan kesepakatan final setelah negosiasi antara sales dan pembeli. 

Anda juga akan mendapatkan informasi terkait spesifikasi mobil, seperti aksesoris, mesin, performa, dan warnanya.

Penerimaan Unit

Proses selanjutnya adalah pengiriman unit yang akan dilakukan setelah Anda membayarnya secara tunai. Pembayaran tersebut bisa dilakukan secara langsung atau melalui transfer bank ke pihak dealer. Apabila mobil pilihan Anda ready stock, maka akan langsung dikirimkan setelah pembayaran.

Akan tetapi, jika ternyata kendaraan yang dipilih PO, maka harus menunggu prosesnya terlebih dahulu. Biasanya estimasi waktu untuk menunggu ini adalah sekitar 7 hingga 30 hari tergantung berapa lama mobil tersebut harus disiapkan.

Menunggu Surat Kendaraan

Setelah tahapan cara beli mobil tersebut, maka saatnya Anda menunggu surat kendaraan setelah unit datang. 

Pada transaksi pembelian mobil, umumnya STNK memerlukan waktu 1 hingga 1,5 bulan dari pengiriman unit agar bisa mendapatkan STNK. Sementara BPKB membutuhkan waktu 6 bulanan.

Berita Lainnya

Blog 20 (1) (1)

Mempelajari Kinerja AC Mobil

Di tengah cuaca yang panas seperti saat ini, rasanya tidak mungkin bisa jika kita berkendara tanpa menghidupkan AC (air conditioner) terutama pada siang hari. AC merupakan komponen...

selengkapnya