Tips & Trik

Fungsi Ball Joint Suspensi dan Gejala Kerusakannya

PUBLISHED DATE : 10 Juni 2021

Fungsi Dari Ball Joint

Dilihat dari pengertian, kinerja dari ball joint ini tentu tak bisa dianggap remeh karena cukup berat. Kerusakan bisa terjadi kapan saja jika Anda sebagai pemilik kendaraan tidak melakukan perawatan secara berkala. 

Nah, selain perawatan berkala Anda juga perlu tahu seperti apa tanda kerusakannya. Sehingga jika terjadi kerusakan bisa langsung ditangani dengan benar.

ball_joint

4 Penyebab Ball Joint Cepat Rusak

 

Apa yang menyebabkan ball joint mudah rusak? Sebelum membahas soal perawatan Anda harus tahu apa yang menyebabkannya cepat rusak. Dengan begitu Anda bisa mengganti cara pemakaian kendaraan lebih baik untuk menjaga ketahanannya. 

Baca Juga : Yuk Mengenal Cara Kerja AC Mobil Beserta Komponennya

Ada lima penyebab yang membuatnya lebih cepat rusak sebagai berikut ini. 

    1. Terlalu sering menerjang jalanan rusak dan banjir

Penyebab pertama adalah jalanan rusak dan banjir. Ketika melewati kedua tipe jalan tersebut komponen akan kehilangan banyak pelumas dan gesekan yang ditimbulkan akan merusaknya. 

Bahkan komponen yang berkualitas tinggi pun tidak akan mampu menahan tekanan atau benturan terlalu keras akibat jalanan berlubang terlalu sering. Komponen tentu akan lebih cepat rusak jika pemakaiannya tidak diperhatikan. 

    2. Karet suspensi tak segera diganti

Alasan lainnya adalah karet suspensi atau yang dikenal dengan bushing telah rusak dan tidak segera diganti. Karet tersebut memiliki fungsi untuk meredam getaran yang dihasilkan oleh roda dan suspensi. Saat karet bushing ini sudah rusak, maka sudut kemudi akan berubah. 

    3. Kesalahan dalam spooring

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya