Tips & Trik

Dongkrak Mobil: Fungsi, Jenis dan Cara Menggunakannya

PUBLISHED DATE : 19 November 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/dongkrak_buaya.jpg

Dongkrak ini bisa digunakan hanya dengan menaik turunkan tuas pengungkitnya. Minyak dalam dongkrak meneruskan gaya yang kemudian menghasilkan daya angkat. Cara penggunaannya cukup mudah, pertama tempatkan dongkrak botol di bawah mobil.

Selanjutnya ambil tuas pengungkit, dan putar ke kanan penuh pada pengunci hidrolik. Tujuannya adalah pengunci hidrolik, dan pindahkan tuas tersebut ke pemompa hidrolik. Lalu, pompa dengan cara menaik turunkannya. Untuk menurunkan, putar pengunci hidrolik ke arah kiri.

  1. Dongkrak Buaya

Dongkrak lain yang biasanya digunakan pada mobil adalah dongkrak buaya, disebut demikian karena bentuknya yang menyerupai buaya. Dongkrak ini termasuk dalam jenis dongkrak hidrolik.

Kelebihan dongkrak jenis ini adalah penggunaannya paling mudah dibandingkan dongkrak botol ataupun dongkrak gunting. Selain itu, dongkrak jenis ini bisa digunakan disemua jenis mobil, termasuk mobil kecil.

Bentuk dongkrak ini mirip dengan dongkrak botol, namun memiliki roda dan dalam posisi rebah, sehingga membuat dongkrak ini semakin mudah digunakan. Dongkrak buaya juga bisa digunakan disegala medan, baik miring atau tidak rata, karena adanya roda tadi.

Cara menggunakan dongkrak ini hampir sama dengan dongkrak botol, yaitu memutar pengunci ke kanan dengan tuas pengungkit. Kemudian, tuas dipindahkan pada pompa hidrolik untuk memompa dengan cara menaik turunkan tuas. Untuk menurunkan, putar pengunci ke arah kiri.

  1. Dongkrak Botol M/Buaya

Sesuai dengan namanya, dongkrak ini merupakan perpaduan antara dongkrak botol dan dongkrak buaya. Fungsinya tentu saja untuk lebih memaksimalkan kinerja dongkrak botol dalam mengangkat beban.

Kelebihannya adalah kapasitas yang bisa diangkat oleh dongkrak ini jauh lebih besar, Namun, dongkrak ini memiliki beban yang terlalu berat sehingga susah untuk digeser. Dongkrak botol M/buaya memiliki kapasitas 22 ton hingga 50 ton.

Cara menggunakan dongkrak ini sama dengan dongkrak botol M atau buaya yaitu melakukan penguncian dan memompanya. Jenis dongkrak ini pada dasarnya sama-sama menggunakan sistem hidrolik.

Cara Menggunakan Dongkrak Mobil dengan Benar

Secara teori, penggunaan dongkrak terlihat sangat mudah. Dongkrak hanya perlu diletakkan di bawah mobil kemudian dipompa atau diputar tuasnya. Namun, kenyataannya tidak semudah itu. Berikut ini ulasan cara mendongkrak dengan benar.

  1. Perhatikan Permukaan Parkir

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mendongkrak mobil adalah memastikan mobil terparkir di tempat yang datar. Tempat datar akan lebih memudahkan penggunaan dongkrak. Terlebih lagi jika dongkrak digunakan di tengah perjalanan.

  1. Gunakan Rem Tangan

Supaya mobil tidak bergerak saat didongkrak, gunakan rem tangan. Jika memang diperlukan, bisa juga digunakan balok atau batu untuk mengganjal ban di setiap sisi agar tidak bergerak.

  1. Pilih Dongkrak

Pastikan dongkrak bekerja dengan baik, dan pilihlah dongkrak yang sesuai dengan badan mobil. Katakanlah contohnya seperti dongkrak botol yang cukup sulit digunakan untuk mendongkrak sedan atau mobil lainnya.

Untuk dongkrak buaya bisa digunakan dalam segala medan dan semua jenis mobil, namun bobotnya jauh lebih berat dan tidak praktis. Sebaliknya, untuk dongkrak gunting memang praktis, namun sedikit lebih sulit untuk digunakan.

  1. Pastikan Titik Tumpu

Selanjutnya, pastikan bahwa titik tumpu dongkrak sudah tepat. Titik tumpu dongkrak di mobil, biasanya terletak antara batang gardan di dekat suspensi, atau terletak bagian bawah badan mobil sebagai rangka utama.

  1. Baca Buku Panduan

Membaca buku panduan sangat penting agar dapat menggunakan dongkrak secara tepat. Selain itu, cara ini bisa digunakan untuk menghindari slip pada mobil ketika hendak di dongkrak.

  1. Jangan Mendongkrak Lebih dari 15 cm

Hal ini penting untuk diketahui. Jangan mendongkrak mobil lebih dari 15 centimeter. Sebab, mobil bisa bergerak serta tergelincir.

  1. Jangan Memasukkan Bagian Tubuh

Memasukkan bagian tubuh pada kolong mobil yang didongkrak sangat berbahaya. Terlebih mobil hanya menggunakan dongkrak mobil sebagai tumpuan utama. Jika harus masuk ke kolong mobil, pastikan menggunakan jack stand agar lebih aman.

 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya