Tips & Trik

Catat, Inilah gejala PCV Valve Rusak Pada Mobil

PUBLISHED DATE : 08 Maret 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/18__Sx4_Scroos_(2).jpg

______________________________________________________________________________________________

  • Pada saat Berakselerasi 

Ketika mobil berakselerasi atau ketika beban mesin tinggi maka kevakuman yang terjadi pada intake lebih besar. Karena blow by gas akan lebih banyak sehingga mampu menggerakan plunger PCV. 

Sehingga PCV akan terbuka lebih lebar sehingga aliran gas buang ke dalam mesin jadi lebih banyak. 

Gejala PCV Valve Rusak

18._Sx4_Scroos__1_

Mengingat fungsinya sebagai penyalur gas buang kembali ke intake manifold, PCV menjadi komponen yang harus dijaga kualitasnya. Efek yang terjadi ketika mengalami kerusakan adalah penumpukan sludge dan juga kebocoran oli. 

Efek lainnya adalah boros bahan bakar dan bisa merusak bagian mesin lainnya. Kerusakan ini biasanya bisa dideteksi dengan dilihat indikator malfungsi pada bagian dashboard. 

Apabila bagian tersebut menyala maka terdapat gejala kerusakan yang perlu dicek lebih lanjut. Selain memperhatikan indikator tersebut, masih ada beberapa gejala PCV valve rusak lain yang bisa diperhatikan sebagai berikut:

  • Gejala karena Katup Tersumbat 

Jenis gejala yang pertama ini bisa dirasakan dengan penyebab katup yang tersumbat atau terjebak sehingga menjadi tertutup. Gejala yang biasa dirasakan adalah tekanan mesin internal akan menjadi meningkat. 

Apa saja efek yang muncul jika katup tersumbat, cek di halaman selanjutnya.

______________________________________________________________________________________________

Segel minyak atau gasket juga akan mengalami kegagalan satu atau bahkan lebih. Oli mesin juga bisa mengalami kebocoran dan munculnya cairan serta lumpur dalam mesin. 

Gejala terakhir adalah mesin mengalami lonjakan dan asap hitam bisa muncul tiba-tiba. 

  • Gejala Karena Katup PCV Macet 

Gejala yang kedua ini akan muncul jika penyebabnya adalah katup PCV mengalami kemacetan atau bahkan terputus atau pecah. Maka kebocoran vakum dapat terjadi dengan gejala seperti mesin yang salah tembak ketika tidak digunakan. 

Kemudian bisa mengalami kemiskinan campuran udara dan bahan bakar. Oli mesin juga bisa berada di bagian katup dan selang PCV. Selain itu juga akan terjadi peningkatan konsumsi bbm dan membuat mesin mulai mengeras. 

Gejala lainnya adalah mesin bisa kosong atau tidak aktif dan cukup berbahaya karena bisa menimbulkan kecelakaan. 

Cara Mengecek Kondisi PCV Valve 

Usai mengenali gejala kerusakan pada katup PVC Anda bisa mulai melakukan pengecekan secara langsung. Pengecekan bisa dilakukan secara langsung dengan beberapa macam cara. 

Cek langkah pengecekannya di halaman selanjutnya.

_____________________________________________________________________________________________

  • Memeriksa Sistem PCV
Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya