Tips & Trik

Cara Merawat Suspensi Sepeda Motor Anda

PUBLISHED DATE : 14 Oktober 2023

Suspensi Sepeda Motor

Dengan membaca artikel ini, Anda akan memiliki pengetahuan yang diperlukan untuk menjaga suspensi sepeda motor Anda dalam kondisi optimal. Hal ini akan membantu Anda merasakan pengalaman berkendara yang lebih nyaman, aman, dan meningkatkan umur pakai sepeda motor Anda. Jadi, mari kita mulai dengan membahas langkah-langkah penting untuk merawat suspensi sepeda motor Anda.

Langkah-langkah Perawatan Berkala

Merawat suspensi sepeda motor secara berkala adalah kunci untuk memastikan kinerjanya tetap optimal. Berikut ini adalah beberapa langkah penting yang perlu Anda lakukan:

 

  • Pemeriksaan Tekanan Udara dalam Suspensi

 

Periksa tekanan udara dalam suspensi sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Tekanan udara yang tepat akan memengaruhi tingkat kenyamanan dan penanganan sepeda motor Anda. Pastikan Anda menggunakan pompa yang sesuai untuk mengisi atau mengurangi tekanan udara jika diperlukan.

 

  • Pemeriksaan Kebocoran atau Kerusakan pada Komponen Suspensi

 

Selalu periksa ada tidaknya kebocoran pada peredam kejut atau fork depan. Kebocoran bisa mengurangi kinerja suspensi dan bahkan berpotensi menyebabkan kecelakaan. Selain itu, periksa juga komponen suspensi lainnya seperti per, baut, dan pengait untuk memastikan tidak ada kerusakan atau keausan yang berarti.

Baca Juga : Desain Mobil Yang Cocok Dengan Kendaraan Keluarga Anda

 

  • Pelumasan Komponen Suspensi yang Tepat

 

Pastikan komponen suspensi yang dapat dilumasi seperti bearing dan bushing dilumasi secara teratur dengan pelumas yang sesuai. Ini akan membantu mencegah gesekan berlebihan dan mengurangi keausan.

 

  • Penggantian Oli Suspensi Sesuai Jadwal

 

Oli suspensi memiliki peran penting dalam penyerapan goncangan dan penanganan. Gantilah oli sesuai dengan jadwal yang disarankan oleh pabrikan sepeda motor Anda. Oli yang kotor atau terlalu lama tidak diganti dapat merusak suspensi.

 

  • Penyetelan Suspensi Sesuai Preferensi Pengendara

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Kopling Motor

Ketahui Jenis-jenis Kopling Motor

Memahami jenis-jenis kopling motor menjadi aspek penting bagi para pengendara. Kopling bukan hanya sekadar komponen teknis dalam kendaraan, namun juga memainkan peran krusial dalam...

selengkapnya
Coolant Radiator

Apa Itu Coolant Radiator?

Sistem pendinginan kendaraan adalah komponen vital yang menjamin kesehatan mesin. Dalam dunia ini, kita sering mendengar tentang "coolant radiator," tetapi seberapa dalam pemahaman...

selengkapnya