Tips & Trik

Biar Ngacir, Ini 10 Cara Merawat Motor Matic Injeksi

PUBLISHED DATE : 26 Juni 2020

137946760 S

Peredam kejut ini berbentuk seperti tabung yang akan menjalankan fungsinya ketika motor Anda akan berbelok atau sedang berada di jalan yang tidak rata. Jika Anda telah melewati perjalanan dengan total kecepatan 10.000 km, alangkah baiknya segera mengganti oli pada bagian shockbreaker.

Tentu Anda harus benar-benar mengetahui motor sudah dipakai  berapa lama agar tidak terlambat dalam mengganti oli pada bagian ini. Jika bingung, Anda bisa mencatat pola perawatan rutinnya di buku service agar lebih mudah mengetahui jadwal penggantiannya.

Melakukan Pemeriksaan Pada Bagian V-Belt dan Roller

Cara merawat motor matic yang selanjutnya adalah dengan melakukan pemeriksaan pada bagian V- Belt dan Roller. Bagian ini fungsinya sama dengan rantai yang terdapat pada motor manual atau pada motor sport, yakni untuk pengantar daya yang berasal dari dalam mesin.

Bagian ini merupakan bagian yang rentan terkena kotoran, sehingga Anda harus melakukan pengecekan rutin. Jika terdapat bunyi dari bagian ini maka gantilah dengan van belt dan roller yang baru.

Penting diketahui jika Anda akan melakukan perjalanan jauh maka pastikanlah jika kedua bagian ini berfungsi dengan baik. Sebab bila kedua bagian ini tidak diperiksa, bisa saja motor Anda akan mengalami gangguan di tengah jalan. Ini akan lebih menyulitkan jika bengkel jauh dari lokasi Anda.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Selang Rem di Motor Anda

Mengendarai Motor Anda Dengan Benar

Ketika Anda sedang mengendarai motor, lakukanlah dengan cara yang sewajarnya agar motor tetap awet dan berumur panjang. Alangkah baiknya jangan sering menggunakan motor dengan kecepatan di atas rata-rata. Jangan pula sering melakukan pengereman mendadak.

Hal itu bisa membuat motor Anda cepat rusak dan  tentu ini akan merugikan. Apalagi jika Anda sedang berada di masa yang sangat butuh dengan kendaraan itu. Maka, sebelum kerusakan terjadi, rawatlah motor Anda sebaik mungkin.

Periksalah Keadaan Aki dan Busi Motor Anda

Salah satu penyebab motor Anda tiba-tiba mengalami mogok di tengah jalan adalah karena aki dan busi yang terdapat di dalamnya tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal itu tentu tidak akan terjadi apabila Anda sering melakukan pengecekan rutin terhadap dua komponen tersebut.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya