Tips & Trik

Apa itu ABS? Simak Penjelasan Lengkap Tentang ABS Sekarang

PUBLISHED DATE : 26 Agustus 2020

Suzuki GSX R150

Kelebihan selanjutnya yang menjadikan ABS berbeda dengan non ABS adalah ketika mengerem mendadak, kendaraan yang Anda kemudikan akan lebih stabil. Selain itu, kendaraan dengan fitur ABS ini juga bisa Anda gunakan dengan aman ketika berada di jalanan yang licin atau bahkan berpasir.

Anda tidak akan tergelincir ketika menggunakan kendaraan yang menggunakan fitur ABS. Hal ini tentu berbeda dengan kendaraan non ABS yang sistem pengereman nya kurang optimal.

Sebaliknya, kendaraan non ABS ketika digunakan pada jalanan yang licin akan tampak meliuk-liuk dan tidak beraturan.

Penggunaan kendaraan dengan sistem ABS ini dapat membantu Anda agar tidak takut ketika mengerem mendadak meskipun sedang melaju dalam kecepatan yang cukup tinggi. Fitur yang dapat mencegah roda agar tidak mengunci ini akan membuat Anda aman ketika melakukan pengereman.

Kelemahan Rem ABS

Baca Juga : Ini Cara Kendalikan Matic Saat Lewati Turunan

Apabila Anda telah mengetahui apa itu ABS dan kelebihannya, kelemahan dari rem ABS ini tentunya juga perlu diketahui. Rem ini dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan apabila Anda melakukan pengereman secara mendadak dalam jarak yang dekat.

Pengereman yang dilakukan dengan jarak dekat dapat menyebabkan kecelakaan karena sensor ABS tidak memiliki cukup waktu untuk mengirim sinyal pada modulator. Oleh sebab itu, kendaraan akan menabrak lebih dulu sebelum sensor tersebut bekerja.

Perlu Anda ketahui juga bahwa fitur ini dapat menyebabkan terjadinya gaya sentrifugal dan kurang memadai apabila digunakan pada jalan yang kurang rata atau berkerikil. Selain itu, ketika sensor dari fitur ABS ini terkena air maka sistem kerjanya juga tidak akan maksimal.

Anda juga perlu mengetahui bahwa rem ABS ini kurang optimal jika digunakan pada motor trail. Hal tersebut dikarenakan jenis motor tersebut memerlukan pengereman yang lebih cepat untuk dapat melalui medan jalan yang terjal.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya