Tips & Trik

Aerodinamika Mobil : Fungsi, Bagian dan Gayanya

PUBLISHED DATE : 24 Juni 2021

Baleno (2)

baleno__3_

Bagian-Bagian Aerodinamika

Manfaat teori ini pada kinerja atau pengaturan laju kendaraan tersebut tidak lain dipengaruhi oleh bagian-bagian perangkatnya. Perangkat tersebut dirancang sesempurna mungkin demi kualitas dan keamanan penggunaan kendaraan. Apa saja bagian-bagian tersebut? Ini ulasannya.

  • Spoiler Depan

Bagian yang paling terlihat adalah spoiler depan. Spoiler depan ini sebenarnya tidak banyak berperan karena hanya sebagai aksesori atau pelindung bagian di belakangnya. Namun, kemampuannya cukup penting yaitu menahan hembusan angin yang lewat.

Oleh karena itu, materialnya harus benar-benar kuat terhadap tekanan sebesar apapun. Selain itu, spoiler depan ini berfungsi untuk menjaga keadaan ban agar menempel kuat pada badan jalan, sehingga pada kecepatan tinggi sekalipun kendaraan akan bisa stabil. 

  • Spoiler Belakang

Selain spoiler depan, ada juga spoiler belakang yang dipasang pada kendaraan. Perannya yaitu untuk menahan gaya lift up atau gaya angkat ke atas yang terjadi. Dengan begitu, keselamatan semua penumpang akan dijaga akibat kemungkinan bahaya kendaraan melayang akibat kecepatan tinggi. 

  • Wings

Baca Juga : Inilah 2 Jenis Kaca Mobil dan Perbedaanya

Bagian selanjutnya yaitu wings atau sayap. Fungsi komponen berbentuk seperti sayap ini bisa mengontrol datangnya angin yang melewati kendaraan. Fungsinya pada penerapan aerodinamika ini hampir sama dengan fungsi spoiler belakang yang berperan sebagai bumper

  • Deflector

Komponen selanjutnya ada deflector. Fungsinya yaitu untuk menahan terpaan angin yang melewati kendaraan. Hembusan angin sekitar kendaraan yang dapat dikontrol tersebut akan membuat berkendara lebih aman dan nyaman. 

  • Side Skirt

Bagian terakhirnya adalah side skirt yang pemasangannya berada di bagian samping. Sama seperti deflector, bagian ini mampu untuk menahan aliran udara akibat kecepatan kendaraan yang tinggi. Selain itu, side skirt juga dapat menyeimbangkan posisi gerak kendaraan saat melaju. 

Beberapa bagian dari perangkat aerodinamika tersebut dipasang demi menjaga keselamatan dan keamanan berkendara. Selebihnya, ada yang membahkan untuk gaya-gayaan saja. Pemasangannya juga dapat diatur sesuai kebutuhan.

Penjelasan seputar aerodinamika di atas dapat Anda masukkan sebagai daftar informasi penting untuk diketahui. Teknologi ini banyak digunakan pada produksi kendaraan secara massal agar aman saat digunakan di jalan raya dengan kondisi apapun.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya