Tips & Trik

Ada Banyak, Ini Jenis- Jenis Ban Motor Serta Fungsinya

PUBLISHED DATE : 28 Oktober 2023

Suzuki Address1

Sebagai salah salah satu komponen terpenting dalam kendaraan, ban memiliki beberapa fungsi utama. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Memperbesar Gaya Gesek saat Berkendara

Ketika motor bergerak, akan terjadi gaya gesek antara ban dan jalan. Alur pada ban dapat membantu memperbesar gaya gesekan ini untuk mencegah motor tergelincir, terutama saat melaju dengan cepat.

  • Meningkatkan Traksi antara Roda Dengan Jalan

Setiap jenis ban motor harus memiliki cengkraman yang baik dengan velg untuk mencegah ban lepas saat motor berputar cepat. Selain itu, ban juga berfungsi memberikan traksi yang baik agar motor tidak selip.

  • Memastikan Kenyamanan Berkendara

Terakhir, penggunaan ban juga sangat mempengaruhi kenyamanan berkendara. Misalnya, kondisi angin yang terlalu lebih atau kurang dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan di jalan raya.

Jenis-Jenis Ban Motor

Jadi, apa saja jenis ban yang tersedia dan bisa digunakan untuk motor Anda? Agar tidak salah pilih, ketahui berbagai tipe ban motor beserta fungsi lengkapnya berikut ini:

  • Ban Skuter

Baca Juga : Segitiga Motor Bengkok : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sesuai namanya, ban skuter adalah jenis ban yang biasa digunakan pada motor skutik (matic) maupun motor bebek. Dalam dunia otomotif, tipe ini juga sering disebut sebagai ban bias, karena lebih cocok untuk penggunaan sehari-hari di jalan raya.

Tipe ban skuter ini biasanya memiliki alur yang minim pada permukaannya. Alur ini memungkinkan ban tersebut untuk menjalankan fungsinya dengan baik saat digunakan di jalan raya yang rata untuk mobilitas sehari-hari.

Selain ini, ban ini umumnya memiliki daya cengkram yang memadai untuk menghadapi permukaan aspal yang kering. Meskipun demikian, ban skuter cenderung tidak cocok untuk penggunaan di medan yang berat atau kecepatan tinggi.

  • Ban Sport Touring

Bagi pemilik motor sport yang sering menempuh perjalanan jarak jauh, maka jenis ban motor sport touring adalah opsi terbaik. Sebab, daya cengkramnya dapat mendukung untuk kecepatan tinggi maupun ketahanan untuk perjalanan jarak jauh.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya