Tips & Trik

9 Cara Mengendarai Motor Kopling Agar Tidak Cepat Lelah

PUBLISHED DATE : 25 Juni 2020

Suzuki GSX 150 Bandit

Tentu saja ini akan lebih bermanfaat jika faktanya motor milik Anda koplingnya agar sulit dioperasikan. Karena di beberapa kondisi, memang kopling motor bisa jadi cukup berat dan membutuhkan tenaga ekstra dalam pengoperasiannya.

Memperhatikan Cara Memindahkan Gigi Pada Motor Kopling

Beralih dari cara-cara sebelumnya, untuk bisa mengendarai motor kopling terlebih dahulu juga harus bisa memindahkan gigi motor kopling. Dalam hal ini, pengendara harus mengerti terlebih dahulu jika gigi motor kopling di mulai dari tingkat satu sampai empat.

Cara mengendarai motor kopling yang satu ini sangat menentukan jalannya motor, keselamatan, dan kenyamanan pengguna saat dalam perjalanan. Untuk menghindari lelah di perjalanan, pengendara harus memilih gigi kopling yang tepat.

Gigi 1 pada kopling ini sama dengan kecepatan nol sampai dengan 10 kilometer per jam. Selanjutnya, gigi 2 sama dengan kecepatan antara 10 dengan 40 kilometer per jam. Kemudian, gigi 3 sama dengan kecepatan dengan rentang antara 40 hingga 60, dan gigi 4 untuk yang lebih cepat lagi.

Memperhatikan Hal-hal yang Harus diwaspadai

Seorang pengendara motor kopling yang baik, dalam menempuh perjalanan juga harus berhati-hati sebagai bentuk waspada saat berkendara. Dibandingkan dengan beberapa hal sebelumnya, tentu bagian ini lebih penting untuk memastikan keselamatan diri sendiri.

Baca Juga : Kenyamanan Berkendara dengan Fitur NEX II USB Charger

Dengan kewaspadaan tinggi, maka pengendara pun tidak akan mudah lelah. Apalagi mengingat tingkat fokusnya saat berkendara juga akan lebih baik.

Pengendara yang bijak tentu sangat paham apa yang boleh dilakukan saat menempuh perjalanan jauh. Beberapa hal yang harus diwaspadai adalah jalanan yang licin, berlubang dan macet. Hal ini tentu sangat mengurangi kenyamanan pengendara karena dapat memicu kelelahan saat berkendara.

Menyiapkan mental Untuk Berkendara

Cara mengendarai motor jenis ini terakhir yang menjadi hal utama untuk diperhatikan seorang pengendara motor kopling adalah kondisi mental. Pengendara yang sehat tentu akan dengan mudah melewati perjalanan dengan aman dan nyaman.

Kesiapan ini bisa dilihat dari kondisi tubuh. Jika tubuh merasa kurang sehat, lebih baik menghindari berkendara agar menjadi semakin kelelahan apabila terkena angin jalanan. Terlebih lagi orang yang sakit, baiknya beristirahat saja di rumah.

Untuk menghindari hal ini saat perjalanan jauh, pengendara bisa memanfaatkan rest area untuk beristirahat sejenak. Di samping itu, memastikan memiliki persediaan air minum cukup saat perjalanan juga penting.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya