Tips & Trik

7 Tips Memilih GPS Tracker yang Tepat untuk Kendaraan

PUBLISHED DATE : 08 Oktober 2019

GPS Tracker Lengkap

Bukan hanya kendaraan pribadi saja yang membutuhkan GPS tracker. Kendaraan yang digunakan untuk rental atau mobil dan motor kantor juga perlu pemasangan GPS. Bisa dikatakan GPS kini adalah alat yang wajib dipasang pada kendaraan. 

Hanya saja pemilihan alat ini tidak boleh dilakukan sembarangan. Mengingat fungsinya kini bukan sekedar melacak lokasi saja. GPS kini memiliki beragam jenis fitur tambahan yang menguntungkan pemilik kendaraan. 

Apa saja fitur yang harus diperhatikan pada saat Anda akan membeli menjadi tips memilihnya. Simak deretan tips yang akan membantu Anda menemukan GPS tracker yang tepat. 

  • Mengecek Kelengkapan Fiturnya 

Hal pertama dan paling utama adalah mengecek apa saja fitur yang disediakan. Fitur utama sudah pasti yaitu kemampuannya dalam melacak kendaraan. Selain fitur tersebut ada juga beberapa sistem lain yang harus dimiliki. 

Pertama adalah pemantauan rute perjalanan dalam beberapa hari atau bulan terakhir. Pemantauan ini akan memudahkan untuk pengecekan ke mana saja kendaraan digunakan. Kedua memiliki sistem pengukur kecepatan serta perekaman suara dalam kabin. 

Apabila terjadi kecelakaan, GPS bisa menjadi barang bukti yang sangat penting. Selain itu ada juga fitur seperti sensor batas kecepatan, fitur tombol darurat atau fitur untuk mematikan mesin dari jarak jauh. Cari tahu apa saja fiturnya dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

  • GPS Memiliki Server Center Sendiri 

Bukan hanya model atau tampilan fisik GPS saja yang diperhatikan, Anda juga harus mengenali apakah GPS tracker tersebut memiliki server sendiri. Mengapa harus memiliki server pribadi? Karena untuk memudahkan akses jadi lebih cepat. 

Hindari memilih perusahaan penerbit GPS yang hanya menggunakan hosting gratisan. Setidaknya mereka harus menyewa hosting berbayar agar kualitas akses lebih cepat. Khususnya untuk menangani trafik yang tinggi. 

Baca Juga : Banyak Yang Belum Tahu, Ini Fungsi Knalpot Sebenarnya

Anda tentu tidak ingin bukan mendapati GPS lemot hanya karena perusahaan tersebut menggunakan hosting gratisan. 

  • Cek Dulu Tingkat Sensitivitasnya dengan Satelit

Mencoba GPS sebelum membeli adalah hal yang perlu dilakukan. Tujuannya supaya Anda bisa mengenali sensitivitas dari GPS dengan satelit. GPS yang sensitif lebih mudah menangkap sinyal dari satelit. 

Selain itu tangkapan sinyal juga akan lebih stabil kemanapun Anda pergi. Fungsi dari penangkapan sinyal ini juga berdampak pada keamanan mobil. Jangan sampai mobil yang dicuri hilang sinyalnya karena Anda menggunakan GPS yang kurang sensitif.

Cobalah beberapa GPS dan ketahui seberapa sensitifnya alat tersebut. Anda tinggal pilih mana GPS yang penangkapan sinyalnya paling bagus dan stabil.  

  • Memahami Sistem Monitoring dan Aplikasinya 

Penggunaan GPS tracker juga tidak terlepas dari soal monitoring. Apakah aplikasinya mudah digunakan? Apakah tampilannya cukup sederhana sehingga Anda tidak kebingungan menggunakan fiturnya? 

Hal inilah yang perlu diperhatikan, karena aplikasi GPS yang resmi bisa diakses dari smartphone maupun tablet. Hal ini memudahkan Anda untuk melakukan tracking dari mana saja. Kenali apakah aplikasi tersebut bisa digunakan pada perangkat yang Anda miliki. 

Tidak ada salahnya untuk mengecek fitur apa saja yang tersedia pada aplikasinya. Lebih baik lagi jika riwayat lengkap perjalanan kendaraan dapat diunduh dalam bentuk file. Sehingga menjadi bukti yang valid untuk operasional kendaraan. 

  • Menggunakan Prosesor yang Handal 

GPS tracker mobil dapat bekerja dengan baik karena penggunaan prosesor. Hanya saja masing-masing merk jenis prosesor yang digunakan berbeda. Oleh karena itulah Anda harus tahu GPS mana yang menggunakan prosesor handal. 

Dampak jika prosesor yang digunakan kurang canggih, GPS akan lemot. Anda akan menunggu lama ketika GPS memperlihatkan rute serta mengkalkulasikan rute tercepat. Bisa juga Anda mendapatkan rute yang salah. 

Tidak ingin bukan, Anda salah jalah hanya karena GPS menggunakan prosesor yang lemot. Apalagi ketika berkendara di malam hari, Anda bisa kesulitan untuk menemukan tujuan.

  • Memiliki Fitur Real Time Tracking 

Di antara semua fitur yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, ada satu fitur yang wajib dimiliki yaitu real time tracking. Fitur ini memungkinkan Anda memantau pergerakan kendaraan mobil dan motor dari jarak jauh kapan saja. 

Pelacakan secara real time ini akan sangat membantu ketika terjadi pencurian. Anda bisa mengecek apakah fitur ini berfungsi dengan baik sebelum membeli. Biasanya yang dicek adalah apakah pelacakan lokasi akurat. 

GPS tracker yang memiliki sensitifitas tinggi dan prosesor yang bagus tentu akan membantu pelacakan secara real time berkerja dengan baik. Jadi semua fiturnya akan saling mendukung.  

  • Layanan Support yang Mudah Dihubungi 

Tips terakhir adalah mencari tahu apakah layanan support dari penerbit GPS tersebut mudah untuk dihubungi. Layanan ini akan membantu Anda mendapatkan teknisi dari perusahaan penerbit GPS tersebut ketika alat mengalami kerusakan. 

Adanya support yang baik tentu jadi nilai tambah yang harus diperhatikan, khususnya jika Anda hendak memasang di kendaraan pribadi. Alat yang rusak akan menghambat perjalanan Anda, apalagi jika sering bepergian ke luar kota.

GPS_tracker

Tips Memasang GPS Tracker dengan Benar pada Mobil dan Motor 

GPS kini tidak hanya dipasang pada mobil tetapi juga motor. Setelah Anda menemukan GPS yang berkualitas maka saatnya untuk pemasangan. Waktu pemasangan sendiri biasanya tidak terlalu lama hanya 30 hingga 45 menit saja. 

Anda bisa menyimak penjelasan mengenai lokasi pemasangan GPS tracker pada motor dan mobil serta bagaimana cara melakukannya berikut ini. 

  1. Memasang di Tempat yang Tidak Terduga

Tips pertama adalah memasang alat pelacak motor atau mobil di area yang tidak terduga. Tujuannya agar GPS tidak mudah dilepas oleh orang lain. Sebaiknya hanya Andalah yang mengetahui lokasi pemasangannya. 

Biasanya untuk mobil, Anda bisa memasang di area dashboard yang tidak mudah terlihat. Sedangkan untuk motor, bisa dipasang di area aki atau bagasi motor . 

    2. Memasang di Area yang Kering

Baca Juga : Pandangan Mengemudi Terganggu Saat Hujan? Pakai Cairan Ini!

GPS tracker termasuk sebagai perangkat elektronik yang tidak boleh terkena air. Pada saat Anda mencari tempat tersembunyi di kendaraan, pastikan tempat tersebut tidak mudah terkena air. 

Contohnya saja di bagian bawah slebor motor atau bumper mobil. Sebaiknya ditempatkan di area kering seperti yang dianjurkan di atas. 

    3. Pastikan Sinyal Mudah Diakses

Lokasi pemasangan GPS juga tidak boleh sulit diakses oleh sinyal. Karena GPS bekerja dengan mengakses sinyal dari satelit. Sehingga akses rute dan pemantauan dari aplikasi di smartphone bisa dilakukan. 

Supaya mendapatkan sinyal yang bagus, GPS biasanya harus dihadapkan ke arah bumi. Dengan begitu sinyal yang didapatkan akan lebih kuat, baik itu dipasang di mobil atau motor. 

Segera pilih GPS tracker yang sesuai kebutuhan sekarang juga dengan mengikuti semua tips di atas. Hindari tergiur dengan harga murah jika fitur dari GPS kurang lengkap. Karena dampaknya adalah pada kenyamanan dan keamanan. 

Jangan sampai Anda menyesal kehilangan kendaraan kesayangan karena pencurian dan tidak bisa melacak hanya karena belum memasang GPS. Sudah banyak kasus mobil dapat ditemukan kembali berkat pelacakan melalui GPS. 

Selain memasang GPS, supaya mobil tetap nyaman dikendarai Anda juga harus rutin servis di bengkel resmi Suzuki terdekat. 

 

Berita Lainnya