Tips & Trik

7 Cara Merawat Gear dan Rantai Motor Agar Awet

PUBLISHED DATE : 14 Mei 2020

Gear Motor

Apa Anda mau di tengah perjalanan gear motor putus atau lepas? Tentu saja tidak kan? Untuk itu selalu gunakan gear motor yang berkualitas dan original.

6.  Mencuci Gear Saat Kehujanan

Pada saat motor kalian kehujanan atau bahkan kebanjiran, sesampainya dirumah sebaiknya Anda sesegera mungkin untuk melakukan penyemprotan gear dengan air yang bersih. Hal ini adalah cara paling sederhana dan juga mudah untuk dilakukan.

Namun jika Anda memiliki waktu luang, tidak ada salahnya untuk mencuci gear dengan air sabun agar lebih bersih, setelah kering kembali kasih pelumas ke gear, agar tidak menimbulkan karat pada gear akibat kotoran yang terbawa air hujan maupun banjir.

7.  Hindari Menggunakan Oli Bekas Untuk Gear Motor

Terkadang kita sering memakai oli bekas guna melumasi rantai motor dan juga gear motor. Hal ini adalah salah satu contoh yang salah, namun sering kali masih dilakukan banyak orang. Jelas-jelas gear dan rantai motor memiliki pelumas khusus, tapi kenapa kita masih menggunakan oli bekas sebagai pelumas.

Baca Juga : Motor Injeksi Jangan Sering Dibiarkan Habis Bensin, Ini Efek Buruknya

Oli bekas yang dipakai pada rantai dan gear motor malah bisa menimbulkan kerusakan sehingga bisa membuat rantai motor menjadi tidak awet. Hal ini karena pada oli bekas sendiri terdapat berbagai macam kotoran yang ada pada mesin jadi sangat tidak dianjurkan menggunakan oli bekas untuk pelumas rantai dan gear motor.

Bukannya menjadi bersih dan juga terawat menggunakan oli bekas malah membuat rantai dan gear motor menjadi kotor serta mudah rusak. Lagipula sekarang sudah banyak kok pelumas untuk rantai di beberapa bengkel, toko-toko yang dijual dengan harga terjangkau.

Nah itulah beberapa cara merawat gear dan rantai motor agar awet. Pada dasarnya semua benda dan komponen motor tentu saja memiliki usia sendiri-sendiri dan pastinya akan mengalami kerusakan sehingga dibutuhkan pergantian, namun tentu saja kita bisa mencegah dan merawat agar bisa memiliki usia yang panjang.

Beberapa cara di atas bisa Anda terapkan untuk memanjangkan usia gear dan rantai motor Anda. Kunjungi bengkel resmi Suzuki terdekat apabila anda merasa sudah waktunya mengganti spare part yang sudah usang.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya