Tips & Trik

7 Aksesoris Mobil Penting dalam Mobil Anda

PUBLISHED DATE : 25 Agustus 2020

50827291 S

Aksesoris mobil adalah salah satu aspek penting yang saat ini banyak diburu para pemilik kendaraan roda 4 tersebut. Fungsi dari aksesoris sendiri bermacam-macam. Adakalanya aksesoris ini berfungsi untuk membuat mobil lebih rapi meski membawa banyak barang atau menjamin keamanan mobil itu sendiri.

Di samping itu, beberapa aksesoris yang biasanya dipasang pada mobil juga akan bermanfaat untuk membantu Anda selama di perjalanan. Bahkan, memang ada beberapa aksesoris yang penting ada di dalam mobil. Berikut ini beragam aksesoris yang dapat mendukung perjalanan Anda.

Handphone dan Phone Holder

Saat berkendara, Anda dilarang mengoperasikan handphone. Meskipun demikian, Anda bisa menggunakan phone holder untuk meletakkan telepon genggam Anda ketika ingin menampilkan peta perjalanan. Alat ini membuat Anda mudah mengakses peta di handphone dan bisa tetap fokus mengemudi.

Letakkan phone holder pada tempat mudah dilihat dan membuat Anda tetap nyaman. Usahakan alat ini diletakkan di bagian kabin mobil yang strategis tanpa mengganggu pandangan. Namun, perlu diingat untuk tidak bermain handphone saat berkendara. Jika perlu, cobalah untuk menepi sebentar ke pinggir jalan.

Head Unit Android dan GPS

Mobil di masa sekarang telah banyak dilengkapi head unit Android. Jika Anda belum memilikinya atau head unit Anda merupakan versi lama, cobalah mengupgrade ke versi terbaru. Hal tersebut dilakukan agar fitur-fitur tersedia lebih lengkap dari sebelumnya. Sebab, pembaruan fitur biasanya cukup dibutuhkan.

Fitur utama yang ada di head unit yaitu fitur navigasi. Perangkat lunak seperti Google Map dan Waze yang melengkapinya, dapat mendukung tampilan pemetaan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur navigasi berbasis Global Positioning System (GPS). Alat GPS cukup tepat menunjukkan arah dan posisi.

Baca Juga : Apa Itu Uji Emisi? Ketahui Ambang Batas dan Manfaatnya

Harga GPS memang tidak terbilang murah. Akan tetapi, alat ini sangat berguna menampilkan peta lebih detail daripada menggunakan handphone. Apalagi jika pergi ke tempat yang kurang familiar, tentu dibutuhkan GPS agar bisa mengakses peta perjalanan ke tempat tersebut.

Charger USB

Masih berkaitan dengan peralatan elektronik, aksesoris mobil selanjutnya yang perlu ada yakni charger USB. Saat ini tersedia banyak model perangkat charger USH. Usahakan pilihlah charger USB yang mempunyai lebih dari satu slot sehingga bisa digunakan untuk mengisi baterai beberapa device.

Harga alat pengisi daya ini bervariasi. Namun, sebaiknya Anda memilih charger yang bersifat fast charging. Dengan memilih model charger seperti ini, jalannya pengisian daya akan lebih cepat. Perangkat elektronik Anda pun cepat digunakan kembali. Jangan melewatkan aksesoris penting ini ya

46046557_s

Satu Paket Alat Kebersihan

Satu paket alat kebersihan terdiri dari tempat sampah mini, portable vacum cleaner, dan purifier. Masing-masing berguna membuat mobil Anda selalu bersih. Berikut penjelasan dan fungsi satu paket alat kebersihan tersebut.

  • Tempat Sampah Mini

Tempat sampah mini bisa menjadi pelengkap mobil Anda. Banyaknya sampah di dalam mobil berpotensi menimbulkan penyakit.

Sebagian orang beranggapan bepergian sebentar tidak akan membawa sampah. Namun, tidak peduli berapa jarak yang Anda tempuh, pastikan tempat sampah selalu disertakan di dalam mobil.

Pilihlah tempat sampah yang berukuran kecil. Ruang mobil yang terbatas tidak memungkinkan untuk meletakkan tempat sampah rumah yang besar. Jadi, pastikan ukuran dan letak tempat sampah ini tidak mengganggu ruang mobil Anda.

  • Portable Vacuum Cleaner

Selain tempat sampah, alat kebersihan berupa vacuum cleaner ini bisa membersihkan interior mobil Anda. Alat ini bersifat portable dengan bentuknya yang kecil. Alat ini bekerja dengan sumber daya berasal dari baterai. Jadi, sebelum bepergian, pastikan baterai terisi penuh ya.

Pembersih mini ini sangat cocok bagi Anda yang melakukan perjalanan jauh. Pemakaiannya pun cukup mudah, mirip seperti vacum cleaner mirip rumahan. Dengan memanfaatkan alat ini, Anda bisa tetap nyaman dengan kondisi mobil yang selalu bersih.

  • Purifier

Keunggulan perangkat ini adalah dapat membuat udara di dalam mobil terasa sejuk. Kualitas udara yang sejuk akan berpengaruh pada kenyamanan Anda. Saat ini terdapat beragam model purifier. Mulai dari yang harus terhubung dengan soket listrik, sampai yang dengan yang melekat di AC.

Adapun beberapa model lainnya merupakan fitur bawaan yang disembunyikan di belakang head unit. Jika belum tersedia, lengkapilah mobil Anda dengan purifier. Setelahnya, udara yang sejuk dan kenyamanan berkendara bisa Anda dapatkan.

Sepasang Alat Keamanan

Selain bersih, Anda perlu memperhatikan keamanan mobil. Saat bepergian, tidak selamanya mobil berada dalam pantauan mata. Sepasang alat keamanan ini bisa Anda jadikan barang pelengkap mobil.

  • Kamera Mobil

Tunggu dulu, jangan membayangkan barang ini seperti kamera mundur. Kamera mobil berbeda dengan kamera lainnya. Jenis kamera ini mampu memantau kondisi sekeliling mobil. Perlengkapan elektronik ini sangat berguna saat Anda meninggalkan mobil. Sebab, Anda tetap bisa memantau keadaan kendaraan.

Biasanya, kamera mobil dilengkapi G-Sensor. Jika kamera bergeser, maka sensor akan langsung merekam. Fitur seperti ini sangat bermanfaat jika terjadi pembobolan mobil. Cukup dengan memeriksa rekaman kamera, pelaku lebih mudah dideteksi.

  • GPS Tracker

Masih berhubungan dengan masalah keamanan, aksesoris mobil berupa GPS tracker sangat membantu keamanan mobil Anda. Alat ini dipasang untuk mengantisipasi kejadian pencurian kendaraan. Jika mobil dilengkapi dengan GPS tracker, lokasi dan arah kendaraan mudah dilacak.

Baca Juga : Idle Speed Control: Fungsi, Komponen dan Cara Kerjanya

Selain itu, GPS tracker biasanya dipasang pada mobil rental. Hal tersebut dilakukan oleh para pemilik mobil rental untuk mengurangi risiko terjadinya pencurian mobil. Harga perangkat ini cukup bervariasi. Semakin tinggi harganya, semakin tinggi tingkat akurasinya. Jika ingin mobil Anda aman, pasanglah perangkat ini.

Organizer

Organizer atau disebut tempat untuk menata barang-barang di mobil. Perlengkapan ini tersedia mulai dari bentuk yang kecil tipis, kotak, dan besar. Model organizer yang kecil tipis digunakan untuk menyimpan kartu-kartu penting, seperti karcis parkir, kartu tol, dan sebagainya. Biasanya terletak di bagian sun visor.

Adapun yang berbentuk kotak berguna untuk menyimpan makanan ataupun camilan bawaan Anda. Biasanya ini terletak di bagian belakang kursi mobil. Sementara yang bentuknya paling besar, terletak di bagasi dan digunakan untuk menyimpan dongkrak, kunci mekanik penting, dan sebagainya.

Pompa Ban Elektrik

Ban bocor saat di jalan bisa menjadi satu kekesalan bagi Anda. Pasalnya, menikmati perjalanan harus terganggu dengan masalah teknis seperti itu. Apalagi jika Anda lupa membawa ban cadangan. Peralatan berupa pompa ban elektrik bisa menjadi solusi.

Teknologi saat ini telah tersedia pompa ban mini yang bersifat praktis sehingga mudah dibawa. Alat kecil seperti ini tentu tidak akan memenuhi bagasi Anda. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Harga tersebut hanya berkisar seratus ribuan.

Setiap orang ingin perjalanannya menyenangkan bukan? Untuk itu, lengkapilah barang di mobil Anda dengan 7 aksesoris mobil di atas. Selain memiliki kegunaan dan keunggulan, barang pelengkap mobil tersebut mendukung kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.

Pastikan barang-barang tersebut diatur dalam posisi yang tepat sehingga tidak mengganggu jalannya kemudi. Tetap utamakan juga keselamatan dalam berkendara.

Berita Lainnya