Tips & Trik

5 Keunggulan Motor Suzuki Avenis 125

PUBLISHED DATE : 21 April 2023

Unnamed (8)

Setelah sebelumnya dirilis di India, Avenis 125 telah diperkenalkan di Indonesia pada 2022 kemarin melalui Indonesian Motorcycle Show (IMOS) 2022. Motor Suzuki Avenis 125 ini diketahui memiliki sejumlah fitur unggulan yang menarik dan gaya yang sporty dan modern.

Selain itu, berbagai fiturnya cukup lengkap dan sangat fungsional, sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan berkendara di jalan raya atau area kota yang padat. Dengan spesifikasi yang apik, skutik satu ini bisa menjadi pilihan menarik.

Sejak pertama kali diperkenalkan, sepeda motor matic ini sukses menarik perhatian para pemerhati dunia otomotif Indonesia. Jika Anda tertarik, simak detail spesifikasi beserta berbagai keunggulannya berikut ini.

Berikut Spesifikasi Lengkap Motor Suzuki Avenis 125

Suzuki Avenis 125 menawarkan banyak fitur praktis yang membuatnya sangat nyaman  digunakan. Dari sistem pengereman yang andal hingga suspensi yang nyaman, motor ini memiliki banyak hal yang harus diacungi jempol. Berikut spesifikasi lengkapnya:

 

  • Mesin dan Tangki

 

Suzuki Avenis 125 hadir dengan mesin berkapasitas 124.3 cc, Single-Cylinder, 2-valve, air-cooled, SOHC, FI yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 8,7 PS pada 6750 rpm dan torsi maksimum 10N m pada 5500 rpm.

Dilengkapi dengan transmisi CVT dan kapasitas tangki bahan bakar sebesar 5,2 liter, skuter ini juga dilengkapi dengan Suzuki Eco Performance (SEP) yang membuatnya memenuhi standar BS6-compliant FI engine.

 

  • Sistem Rem

 

Motor Suzuki Avenis 125 juga dilengkapi dengan fitur praktis lain, yaitu sistem pengereman dengan kombinasi cakram depan dan rem tromol belakang serta Combined Braking System (CBS) untuk meningkatkan keselamatan berkendara.

Remnya memiliki cengkraman yang baik dan sistem CBS bekerja dengan efektif, sehingga hanya dengan menekan tuas rem belakang saja sudah cukup untuk menghasilkan kekuatan yang cukup pada ban depan. 

 

  • Tipe Ban

Baca Juga : Tips Menghadapi Badai dan Cuaca Buruk saat Berlayar

 

Suzuki Avenis 125 menggunakan ban depan berukuran 90/90-12 dan ban belakang berukuran 90/100-10. Hal ini ikut mempengaruhi gaya berkendara dan stabilitas pada kecepatan tinggi

 

  • Sistem Suspensi

 

Avenis 125 ini diketahui menggunakan sistem Suspensi Teleskopik Fork dan Swing Arm. Tipe suspensi ini terasa nyaman dan fleksibel, serta bisa disesuaikan dengan kondisi jalan.

 

  • Fitur Teknologi

 

Sedikit berbeda dengan Avenis 125 versi India, motor Suzuki Avenis 125 versi Indonesia ini diketahui belum dilengkapi fitur konektivitas smartphone. Tetapi sebagai gantinya, sudah terdapat speedo digital konvensional.

 

  • Desain

 

Dari segi desain, Suzuki Avenis tampak sporty dan stylish. Kesan modern dan futuristik juga sangat tampak dengan adanya layar digital yang memberikan informasi yang cukup lengkap tentang kinerja motor dan kondisi mesin.

 

  • Storage/Penyimpanan

 

Motor ini diketahui memiliki dua tempat penyimpanan di bagian depan sebelah samping gantungan barang. Terdapat kompartemen luas berkapasitas 1 liter yang bisa digunakan menyimpan ponsel, sarung tangan, dan lain-lain.

Sementara itu, tempat penyimpanan di bawah jok dapat diakses melalui kunci. Karena dilengkapi area penyimpanan yang luas dengan kapasitasnya yang mencapai sekitar 22 liter.

Berbagai Keunggulan Suzuki Avenis 125

Berdasarkan spesifikasi lengkap di atas, dapat diketahui bahwa Suzuki Avenis 125 ini memiliki banyak keunggulan jika ditinjau dari berbagai aspek. Berikut ini beberapa keunggulannya yang perlu Anda ketahui:

 

  • Desain Sporty dan Lebih Advance

 

Salah satu keunggulan Suzuki Avenis 125 adalah dari segi desainnya. Berbeda dengan skutik konvensional yang biasanya bergaya konservatif, Suzuki memberikan desain “Advanced Sporty Styling” terkininya pada Avenis 125 ini.

Desain ini menggabungkan garis-garis dan lipatan yang lebih tegas dan tajam untuk tampilan yang lebih berani, stylish, dan sporty. Pada bagian depannya juga sudah dilengkapi dengan lampu depan LED yang terpasang pada bodi.

Selain itu dari segi warna, Suzuki Avenis telah mendapat sentuhan Dual Tone yang membuatnya terlihat lebih premium. Untuk versi Indonesia, terdapat 3 pilihan warna berikut ini:

  • Metallic Matte Black
  • Pearl Mirage White dan Metallic Mat Fibroin Grey (Dual Tone)
  • Metallic Matte Fibroin Grey dan Lush Green (Dual Tone)

 

  • Ukuran Kompak Namun Nyaman

 

Jika Anda membutuhkan motor yang dimensinya kompak untuk melalui kemacetan jalanan kota, maka motor Suzuki Avenis 125 adalah solusinya. Motor ini tercatat memiliki panjang 1.895 mm, lebar 710 mm, serta tinggi 1.175 mm

Sedangkan level ground clearance yang dimiliki adalah setinggi 160 mm. Meskipun tergolong kompak, namun motor ini tetap mengedepankan kenyamanan  saat berkendara.

 

  • Performa Superior

 

Karena sudah dilengkapi oleh mesin berteknologi Suzuki Eco Performance (SEP), maka akselerasi yang dihasilkan lebih kuat dan optimal. Hal ini sukses membawa kenikmatan berkendara dengan performa yang terasa lebih superior.

 

  • Combined Brake System

Baca Juga : Alat Cuci Mobil yang Harus Anda Punya di Rumah

 

Berbeda dengan skutik sebelumnya, motor Suzuki Avenis 125 ini sudah mendukung teknologi pengereman yang seimbang melalui fitur CBS (Combined Brake System). Pengereman menjadi lebih stabil dengan dukungan rem cakram dan tromol.

Saat tuas rem kiri dioperasikan, maka tenaga pengereman akan disalurkan ke roda depan sekaligus belakang. Hal ini dapat memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman di jalan yang padat.

 

  • Fitur dan Utilitas Menarik

 

Tak hanya itu, Suzuki Avenis 125 juga dilengkapi dengan sejumlah fitur praktis lainnya yang memudahkan pengendara dalam beraktivitas sehari-hari. Beberapa di antaranya yaitu sebagai berikut:

    • Teknologi Suzuki Easy Start System yang terintegrasi
    • Teknologi Theft Deterrent Key System yang anti maling
    • USB Outlet
    • Eco Drive Indicator dengan Full Digital Instrumentation

 

  • Rear Brake Lock
  • Side Stand Interlock System
  • Fender (spatboard) yang atraktif dan fungsional

 

    • Dual Utility Hooks di bagian depan
    • Kompartemen depan dan kabin penyimpanan yang luas

 

  • Floorboard yang luas dan nyaman dengan Cut-Away Design
  • Ground Clearance yang cukup dengan tinggi 160 mm
  • Hinged Fuel Cap yang lebih aman dan praktis

 

Informasi Harga Suzuki Avenis 125 Terbaru

Saat ini, Avenis 125 versi Indonesia hanya dirilis dalam satu varian saja. Dan dengan berbagai keunggulan di atas, Suzuki Avenis 125 dibanderol dengan harga Rp30 jutaan, tepatnya yaitu Rp29,97 juta On the Road (OTR) Jakarta.

Secara keseluruhan, Suzuki Avenis 125 adalah motor yang sangat praktis dengan berbagai fitur menarik. Dengan taglineYour City Your Way”, Suzuki Avenis 125 sangat cocok dijadikan pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan berkendara Anda di area kota. 

Berfokus pada mesin bertenaga dan tampilan yang sporty, pengalaman di jalan raya akan terasa lebih nyaman. Selain itu, desain dan tampilannya yang futuristik juga dapat menjadi daya tarik bagi Anda yang ingin tampil trendy dan stylish.

Jika tertarik dengan motor Suzuki Avenis 125, Anda bisa mengunjungi info lebih detailnya di website Suzuki atau datang langsung ke bengkel resmi terdekat. Jangan lupa juga untuk melakukan test ride Suzuki Avenis 125 dan merasakan performanya secara langsung.

 

Berita Lainnya

Simulasi Shvs

Cara Kerja Teknologi SHVS

Cara kerja SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) atau Mild Hybrid telah menjadi topik pembicaraan yang menarik sekarang ini. Pasalnya, teknologi yang merupakan bagian integral dar...

selengkapnya