Tips & Trik

10 Tips Mudik Menggunakan Kapal Laut

PUBLISHED DATE : 18 April 2023

Mudik Menggunakan Kapal Laut

Tips mudik menggunakan kapal laut mungkin salah satu topik yang sangat Anda cari saat ini. Terlebih bulan Ramadhan sebentar lagi sudah berakhir. Di hari idul fitri tentu banyak dari kita yang ingin berkunjung ke rumah sanak saudara atau bahkan pulang ke kampung.

Untuk Anda yang akan pulang kampung atau mudik melalui jalur laut bisa sekali menyimak artikel satu ini. Kami akan membagikan beberapa tips yang bisa Anda gunakan sebelum melakukan perjalanan menggunakan kapal laut.

Dengan mengetahui tips berikut, kami berharap Anda memiliki perjalanan laut yang menyenangkan, aman, dan sampai ke tujuan dengan selamat. Anda bisa simak ulasan berikut untuk mengetahui apa saja tips tersebut.

Inilah Tips Mudik Menggunakan Kapal Laut 

Perjalanan jalur laut tentu menjadi tantangan tersendiri untuk Anda yang akan melaluinya ketika mudik. Supaya terhindar dari perjalanan yang tidak menyenangkan, simak sepuluh tips dari kami yang bisa Anda gunakan ketika melakukan perjalanan naik kapal laut.

 

  • Rencanakan Jadwal Mudik dengan Rinci

 

Mudik menggunakan kapal laut tentu tidak bisa disamakan dengan naik bus. Anda perlu merencanakan jadwal keberangkatan serta pulang dengan rinci.

Anda dan keluarga juga tidak boleh terlambat karena bisa tertinggal kapal yang akan Anda naiki. Untuk menunggu kapal yang lain pasti akan membuat Anda dan keluarga menunggu lama.

Oleh karenanya perencanaan dengan rinci sangatlah penting. Sehingga tidak timbul kendala lain seperti perkiraan kendaraan yang nantinya akan Anda gunakan untuk sampai ke kampung halaman.

 

  • Persiapkan Obat Pribadi Serta Obat Anti Mabuk

 

Tips kedua yang tidak kalah penting yaitu mempersiapkan obat-obatan pribadi. Memang awak kapal pasti memiliki obat yang nantinya diperkirakan akan dibutuhkan oleh penumpangnya.

Namun, akan lebih baik jika Anda menyiapkan obat-obat Anda secara pribadi. Terlebih ketika Anda memiliki riwayat sakit tertentu yang bisa sewaktu-waktu kambuh di perjalanan.

Dengan mempersiapkan obat-obatan pribadi serta obat mabuk, Anda bisa lebih tenang jika sewaktu-waktu membutuhkannya tanpa sibuk mencari awak kapal yang bertugas.

Baca Juga : Panduan Memilih Motor Untuk Berkendara Jarak Jauh

 

  • Membawa Bekal yang Tahan Lama

 

Mudik menggunakan kapal laut tentu memakan waktu yang lama. Perjalanan panjang di laut sudah pasti akan membuat Anda kelaparan.

Sementara sudah bukan rahasia lagi jika makanan yang disediakan di kapal laut biasanya memiliki rentang harga yang cukup jauh dari harga makanan yang kita temui di darat atau bisa juga makanan yang tersedia tidak sesuai dengan selera Anda.

Oleh karenanya, jika Anda ingin menghemat uang serta memakan makanan yang sesuai dengan lidah Anda, solusinya yaitu membawa bekal sendiri. Pastikan bekal yang Anda bawa bertahan lama atau tidak mudah basi.

Akan sia-sia jika Anda membawa bekal, tetapi saat akan dimakan dia sudah basi. Akan lebih baik jika Anda makanan yang bergizi. 

Jika perjalanan laut Anda membutuhkan waktu berhari-hari, Anda bisa menghindari membawa makanan berkuah dan makanan yang mengandung santan. Karena kedua makanan itu sangat mudah basi.

Kini kita sudah dipermudah dengan banyaknya jenis makanan tahan lama seperti sambal sachet, lauk pendamping yang kering seperti serundeng, ikan teri atau makanan lainnya yang bisa bertahan selama beberapa hari.

 

  • Hindari Makanan yang Memicu Mabuk Laut

 

Tidak mudah melakukan perjalanan laut yang membutuhkan waktu lama. Selama mudik menggunakan kapal laut bisa jadi Anda mengalami mabuk laut.

Untuk terhindar dari itu, Anda bisa menghindari makanan yang memicu terjadinya mabuk laut. Menurut EverydayHealth, makanan yang bisa memicu mabuk laut diantaranya makan-makanan yang pedas, asam, serta berminyak.

Jika Anda terlanjur memakan makanan yang telah disebutkan, Anda bisa mengkonsumsi obat anti mabuk sebagai pencegahannya.

 

  • Jangan Membawa Barang Berlebihan

 

Tips kelima yaitu hindari membawa barang berlebihan. Karena hal itu akan membuat Anda kesusahan selama di kapal. Barang bawaan yang banyak sedikit banyak akan membuat Anda risau.

Bagaimana tidak, Anda perlu waspada dengan ekstra akan barang bawaan yang Anda bawa. Selain itu terkait keutuhan barang yang mungkin bisa rusak selama diperjalanan.

Sangat disarankan untuk membawa barang secukupnya. Dengan begitu Anda bisa mengawasi barang Anda dengan tenang dan bisa lebih tenang selama perjalanan.

 

  • Bawa Perlengkapan Anti Panas

 

Perjalanan di laut tentu akan membuat Anda cukup kepanasan karena teriknya sinar matahari yang merambat langsung ke kabin kapal.

Penggunaan sunblock sangat disarankan, Anda juga bisa membawa perlengkapan anti panas untuk menghindari sengatan panas matahari selama di kapal. Tidak ada salahnya jika Anda membawa sunblock dan kacamata hitam.

Dengan begitu ketika Anda bosan dan ingin berkeliling di kapal, Anda bisa berkeliling dengan tenang.

 

  • Pelajari Petunjuk Serta Aturan Keselamatan Perjalanan Laut

 

Tips ketujuh yaitu Anda perlu mempelajari petunjuk serta aturan keselamatan perjalanan laut. Tips ini sangat penting dan perlu Anda perhatikan baik-baik.

Kita tidak apa saja yang bisa terjadi selama melakukan perjalanan di laut. Untuk menjaga keselamatan serta keamanan ketika mudik menggunakan kapal laut, mengetahui cara menggunakan pelampung adalah hal dasar yang perlu Anda tahu.

Anda juga perlu mengetahui jalur evakuasi jika terjadi hal-hal di luar prediksi pada kapal laut yang Anda tumpangi. 

Perhatikan benar penjelasan dari awak kapal. Dengan begitu jikapun terjadi di luar prediksi atau hal-hal yang tidak diinginkan, Anda telah memiliki bekal untuk menyelamatkan diri Anda.

 

  • Pilih Tempat Duduk yang Nyaman dan Aman

Baca Juga : Strategi Irit Bahan Bakar untuk Sepeda Motor

 

Ketika di kapal, Anda bisa memilih tempat duduk yang nyaman untuk beristirahat. Pilihlah tempat yang cukup teduh sehingga Anda tidak begitu kepanasan dan bisa nyaman beristirahat.

Pastikan juga jika tempat yang Anda pilih, cukup aman untuk mengawasi seluruh barang yang Anda bawa selama perjalanan.

 

  • Beristirahat yang Cukup Selama Perjalanan

 

Meski Anda kurang nyaman untuk beristirahat selama perjalanan menggunakan kapal laut, tetapi Anda tetap perlu beristirahat. Bagaimanapun perjalanan laut sangatlah melelahkan.

Apabila Anda kurang beristirahat selama perjalanan, hal itu bisa berdampak buruk pada kesehatan Anda. Oleh karenanya, istirahatlah yang cukup selama melakukan perjalanan.

Tubuh Anda bisa lebih bugar begitu sampai di tempat tujuan. Tentu Anda tidak ingin acara mudik Anda malah berakhir dengan tubuh yang sakit bukan?

 

  • Awasi Barang Bawaan Anda

 

Perjalanan menggunakan kapal laut tentu diisi dengan beragam orang yang masing-masing memiliki kepentingan. Untuk itu, Anda perlu mengawasi barang yang Anda bawa.

Apabila terjadi kehilangan, itu bukanlah tanggung jawab orang lain. Itu kenapa akan lebih baik jika Anda hanya membawa barang seperlunya saja. Hal itu akan mengurangi kekhawatiran Anda akan kondisi barang yang Anda bawa.

Selain itu membawa barang yang secukupnya juga membuat perjalanan Anda lebih menyenangkan. Anda tidak begitu kerepotan untuk membawa barang-barang itu.

Itulah tips mudik menggunakan kapal laut yang diikuti. Kini Anda bisa menggunakannya untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum melakukan perjalanan laut.

Apabila Anda memiliki kondisi tubuh yang sedang tidak baik, sebaiknya Anda menghindari perjalanan laut. Jadikan mudik lebaran Anda menjadi perjalanan yang menyenangkan dan berkesan untuk Anda dan keluarga.

Berita Lainnya

Selang Bbm

Dampak Negatif Mencampur BBM

Jenis bahan bakar minyak atau BBM yang paling banyak untuk digunakan untuk kendaraan bermotor di Indonesia yaitu Pertamax dan Pertalite dari Pertamina. Bagi sebagian orang, mencamp...

selengkapnya