Berita

Suzuki IGNIS Urban SUV Pertama di Indonesia

PUBLISHED DATE : 17 April 2017

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/cda59-adim_8634.jpg

Jakarta, 17 April 2017 – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkan genre baru di kelas Sport Utility Vehicle (SUV) untuk konsumen di Indonesia, Suzuki IGNIS. Menghadirkan desain terbaru dengan karakter yang unik namun tetap membawa DNA Suzuki.

Suzuki IGNIS dikembangkan sebagai “Urban SUV”, dengan berbagai kekompakan di dalamnya menunjukkan kemudahan dan kenyamanan interior yang dikemas melalui eksterior stylish.

Memiliki dimensi sepanjang 3.700 mm, Suzuki IGNIS akan membawa penumpangnya memberikan pengalaman berbeda di setiap sudut kabinnya. Bahkan dengan ban profil 175/65 R15 memungkinkan Suzuki IGNIS bisa lebih tampil gaya dan juga tetap bisa menghadirkan kenyamanan saat melewati permukaan jalan yang tak rata.

Mengusung struktur body Total Effective Control Technology untuk pendukung keselamatan dan platform baru HEARTECT, berupa struktur baru high-rigid underbody bermaterial high-tensile steel  memungkinkan IGNIS tetap andal digunakan di jalanan offroad.

Untuk menunjang mobilitas dan gaya hidup di perkotaan, IGNIS menggunakan material bodi yang ringan. Bahkan memperhitungkan desain aerodinamika memungkinkan untuk memberikan efesiensi bahan bakar lebih baik saat melaju dengan kecepatan konstan. Tak hanya itu Suzuki IGNIS juga memiliki air intake setinggi 700 mm membuat Suzuki IGNIS tetap bisa menerobos genangan air ketika musim penghujan.

Mesin Suzuki IGNIS bertipe K12M dengan konfigurasi empat silinder segaris, DOHC, VVT, sangat andal digunakan dalam hal performa dan efisiensi bahan bakar juga terbaik di kelasnya. Dari tes jalan yang dilakukan BT2MP-BPPT, konsumsi bahan bakar Suzuki IGNIS mencapai 23,64 km/liter transmisi Manual dan 23,44 km/liter untuk transmisi AGS

“Suzuki IGNIS adalah pilihan terbaik bagi para pengendara yang memerlukan kendaraan yang stylish, modern namun tetap menyuguhkan keiritan bahan bakar yang mencapai 23,44 km/liter (AGS). Dengan hadirnya Suzuki IGNIS di hadapan masyarakat Indonesia, diharapkan dapat memberikan warna baru di dunia otomotif Indonesia,” ungkap Setiawan Surya selaku 4W Deputy Managing Director PT SIS.

Harga Suzuki IGNIS dimulai dari harga Rp 139.500.000 untuk tipe GL MT. Sedangkan harga Rp 159.500.000 untuk tipe GX MT dan Rp 169.500.000 untuk GX AGS.

Sales Program

PT SIS juga memberikan apresiasi kepada para calon konsumennya untuk pembelian Suzuki IGNIS. Setiap pembelian Suzuki IGNIS dalam periode April hingga Juni 2017, akan mendapatkan hadiah langsung uang elektronik senilai 1 juta Rupiah. Tak hanya itu PT SIS juga menyediakan paket spesial dengan berbagai pilihan yaitu kredit dengan bunga 3,26%, cicilan mulai dari 1,5 jutaan, uang muka mulai dari 15% dan  cicilan sampai dengan tenor 7 tahun *(syarat dan ketentuan berlaku). Selain itu pula terdapat Test Drive Berhadiah, dengan hadiah utama berupa 3 Unit Suzuki GSX-S 150 & 6 unit Suzuki Satria 150.

Marketing Program

Dalam rangkaian peluncuran produk pada hari ini (17/4), Suzuki IGNIS akan juga diperkenalkan langsung kepada masyarakat Indonesia dalam tayangan televisi Trans TV pada pukul 21.00 WIB– 22.00 WIB. Tak hanya itu rangkaian peluncurann ‘Urban SUV’ ini juga akan dilangsungkan serentak di 35 kota besar di Indonesia pada tanggal 21 April 2017. Sesuai dengan target segmennya yaitu anak muda, Suzuki mengadakan Youth Activity pada tanggal 5-7 Mei di wilayah-wilayah strategis di Jakarta yaitu di Kemang, Senayan, dan Kalijodo.

 

PRODUCT KNOWLEDGE

EKSTERIOR
Desain stylish dan modern Suzuki IGNIS didukung penggunaan fitur komponen terkini yakni lampu depan LED Projector & Daytime Running Light (Tipe GX).  Selain itu, sudah tersematkan lampu kabut dihiasi chrome. Kelebihan pengunaan lampu LED pada Suzuki IGNIS menjanjikan usia pakai lebih lama dan awet. Disamping itu, teknologi LED juga turut memaksimalkan pandangan pengendara ke depan sehingga memberikan perasaan aman saat malam hari. Begitu pula pada bagian high mount stop lamp.

Kekuatan karakter SUV Suzuki ditampilkan pada bagian wajah Suzuki IGNIS, melalui kotak kecil-kecil pada bagian grill. Fender garnish pada bagian sisi kanan dan kiri mobil serta pilar C disematkan slit-like design seperti mengesankan mobil ini bergerak cepat meski dalam keadaan diam. Roof rail juga dipasangkan (tipe GX) dengan tetap memperhatikan estetika dan efiensi berkat material alumunium.

Begitu pula pada bagian belakang Suzuki IGNIS, masih kental aura SUV dengan tarikan garis tegas yang menghadirkan kesan tangguh. Diperkuat melalui flare fender serta rear bumper garnish yang melintang horizontal berwarna hitam.

Pilihan warna untuk Suzuki IGNIS GL ada enam warna yakni Silky Silver, Arctic White Pearl, Midnight Black Pearl, Uptown Red Pearl, Tinsel Blue Pearl Metallic dan Glistering Grey Metallic. Sedangkan untuk GX disuguhkan tujuh pilihan warna Silky Silver, Midnight Black Pearl, Arctic White Pearl, Glistering Grey Metallic, Dual Tone Uptown Red Pearl & Midnight Black Pearl, Dual ToneTinsel Blue Pearl & Midnight Black Pearl dan Dual Tone Tinsel Blue Pearl & Arctic White Pearl.

INTERIOR
Suzuki IGNIS tampil modern dan futuristik pada tatanan interiornya. Warna sesuai eksterior juga ditemui pada bagian doortrim dan juga konsol tengah. Jok pengendara dan penumpang depan  dibuat tampil sporty model bucket seat, namun tetap mewah dengan head rest yang dapat disetel ketinggiannya.

Lingkar kemudi sudah tersemat kontrol tombol untuk Multi Information Display (MID), audio serta terkoneksi dengan ponsel untuk menerima dan menolak panggilan telepon. Begitu juga dengan sudut kemudi dapat pula disetel untuk meningkatkan kenyamanan.

Di balik kemudi, pengendara bisa lebih jauh mengetahui kondisi kendaraan karena terpantau melalui meter cluster. Pengendara akan  mudah mendapat informasi tentang baterai aki, immobilizer, power steering, ABS, hand brake, oil indicator, RPM meter, Speedometer, Safety Belt hingga Airbag.

Desain head unit terpisah dari dashboard yang dapat  mengakses radio dan pemutar musik CD atau USB dengan format MP3 atau WMA. Dilengkapi pula Bluetooth (tipe GX). Penyetelan suhu ruang kabin / Climate Control & Heater desainnya dibuat unik yang dibuat seperti terpisah pula dengan dashboard. Semua tombol tekan yang ditampilkan secara digital.

Akses ke kabin juga lebih mudah berkat fitur Keyless Entry (tipe GX) pemilik cukup meletakkan di kantong atau tas selama jarak kunci tak lebih dari 80 cm dari mobil. Bahkan tanpa memasukkan anak kunci, cukup tekan tombol START/STOP pada dashboard untuk mengaktifkan mesin.

Melalui jarak sumbu roda Suzuki IGNIS sepanjang 2.435 mm, kabin disajikan tetap menyuguhkan kenyamanan lima penumpangnya selama berada di dalam kabin. Hal ini berkat disajikannya head room penumpang depan setinggi 950 mm dan penumpang belakang 910 mm.

MESIN
Suzuki sangat peduli terhadap efisiensi bahan bakar dengan disajikannya mesin bensin empat silinder K12M berkapasitas  1.197 cc didukung Variable Valve Timing (VVT) dan juga DOHC.

Mesin ringan bermaterial alumunium ini menghadirkan mesin 83 ps pada 6.000 rpm dan kekuatan torsi mencapai 113 Nm pada 4.200 rpm. Performa mesin dikerahkan ke sistem penggerak roda depan. Sehingga tetap memberikan ketenangan selama berkendara jauh.

Sedangkan untuk transmisi mengakomodir pengendara yang menuntut efisiensi bahan bakar dengan pilihan transmisi manual lima percepatan. Sedangkan pengendara yang lebih menuntut kepraktisan ada pilihan perpindahan AGS. Transmisi ini memungkinkan pengendara bisa lebih mudah melaju di kepadatan lalu lintas dan tanpa mengesampingkan performa bisa pula dioperasikan secara manual untuk menuntut akselerasi.

UTILITAS
Suzuki IGNIS menghadirkan berbagai fitur fungsional dan ergonomis yang membuat pengendara dan penumpang kabin lebih nyaman selama berada di dalam kabin. Berbagai fungsional dihadirkan untuk mampu memuat barang di bagian depan dengan diakomodir melalui glove box, center console tray dan dua cup holder serta adapula rear console cup holder. Pada bagian pintu depan juga terdapat ruang untuk menyelipkan majalah dan juga bottle holder.

Pintu kanan dan kiri belakang juga terdapat bottle holder, serta terdapat front seat back pocket yang terdapat pada bagian punggung jok penumpang belakang.

Kemampuan memuat barang di bagian belakang Suzuki IGNIS juga sangat akomodatif. Mulai dari 267 liter ketika semua jok tegak berdiri. Ketika jok belakang di lipat konfigurasi 60:40 bisa menjanjikan 469 liter. Dengan melipat jok belakang seluruhnya dapat menyediakan 947 liter.

Akses barang juga tak merepotkan dengan tinggi pintu bagian bawah ke tanah hanya setinggi 740 mm. Bibir pintu bagasi memiliki tinggi 715 mm dan lebar 995 mm. Di dalam kabin, barang bisa ditumpuk hingga setinggi 950 mm dan lebar 1.160 mm. Panjang barang bisa masuk hingga 1280 mm.

KEAMANAN

Peranti keselamatan juga menjadi perhatian Suzuki untuk dihadirkan yang terbaik pada IGNIS. Sistem pengereman sudah menggunakan Anti-Lock Braking System dan Electronic Brakeforce Distribution (ABS dan EBD) serta ada Brake Assist (BA). Adanya fitur tersebut, pengemudi bisa lebih percaya diri dan merasa aman ketika melakukan pengereman darurat saat mendadak menghindari situasi di depan.

Sorotan lampu depan berfitur LED bisa disetel secara manual ketinggiannya sesuai dengan jarak pandang yang diingini pengendara. Sehingga bisa lebih nyaman ketika berkendara malam hari.

Keselamatan pengendara dan penumpang depan sudah disiapkan Dual SRS Airbag. Akan mengembang ketika alami benturan serta menggunakan sabuk pengaman. Adapun sabuk pengaman sudah memiliki fitur pretensioner & force limiter.

Pergerakan lingkar kemudi menggunakan Electric Power Steering sehingga pengendara bisa lebih ringan bermanuver dan tingkat respon kemudi bisa lebih presisi.

Bagi keluarga muda yan masih memiliki bayi, takkan kesulitan memasangkan child seat. Karena standar Suzuki IGNIS sudah terintegrasi ISOFIX di jok penumpang belakang.

Immobilizer menjamin mobil tetap aman dan meminimalisir terjadinya pencurian karena pada anak kunci memiliki sinyal sendiri dan tidak dapat dihidupkan tanpa kunci asli.

Kenyamanan dan kestabilan Suzuki IGNIS dijaga oleh kemampuan suspensi depan MacPherson Strut with Coil Spring dan suspensi belakang Torsion Beam with Coil Spring.

Berita Lainnya