Berita

Jenis-Jenis Mobil Yang Ada di Indonesia

PUBLISHED DATE : 24 Juni 2020

129933870 S

Masyarakat di seluruh dunia sudah tidak asing lagi dengan mobil sebab banyak orang menggunakannya. Pada awal kemunculan jenis mobil hanya satu, namun saat ini sudah banyak jenis-jenis yang lainnya. Hal ini karena pengguna mobil yang terus meningkat di setiap tahunnya.

Bagi Anda yang ingin membeli mobil, maka jangan lupa untuk mengetahui jenis dulu. Setiap jenis kendaraan roda 4 ini memiliki karakteristik yang berbeda. Karenanya, pengetahuan tentang varian mobil perlu diperhatikan agar tidak salah memilih mobil sesuai kebutuhan dan keinginan Anda.

Mobil Sport

Bagi Anda yang memiliki dana lebih untuk membeli mobil mewah serta ingin tampil beda, mobil jenis ini sangat cocok untuk dijadikan pilihan. Mobil ini memiliki spesifikasi, desain dan fitur yang serba mewah dan tidak terdapat pada versi mobil lainnya, apalagi kategori mobil biasa.

Bentuk dari mobil ini biasanya menyerupai sedan, akan tetapi desainnya lebih sporty. Pengendalian yang sempurna dan tenaga yang besar menjadi syarat utama mobil ini. Tentu ini merupakan tawaran menarik bagi pengguna sehingga tidak heran banyak yang mengincar kategori mobil tersebut.

Mobil SUV

Mobil ini merupakan satu diantara. Jenis-jenis mobil terbaru yang tidak kalah populer dengan mobil MPV. Desain pada mobil ini memadukan mobil jeep dan mobil sedan. Anda bisa menggunakan mobil ini di medan apa saja sebab SUV memang dirancang agar bisa digunakan di segala medan.

Pada umumnya, SUV lebih mengutamakan torsi yang besar, selain fleksibilitasnya yang bisa digunakan di segala medan jalan. Tongkrongannya yang gagah membuat mobil ini digemari banyak orang. Diantara produk SUV diantaranya adalah IsuZu MUX, Suzuki Jimmy, dan Suzuki SX4 S-Cross.

Mobil Convertible

Mobil ini merupakan mobil yang hadir dengan bodi kecil dan atap yang terbuka. Ada juga tipe mobil convertible yang atapnya dapat dibuat tertutup maupun terbuka. Tipe tersebut lebih dikenal sebagai mobil Convertible Soft Top dan Convertible Hard.

Istilah convertible sendiri sebetulnya sering digunakan di Amerika dan cabriolet serta oleh manufaktur Eropa. Inti dari istilah-istilah tersebut sama mobil dengan atab terbuka. Sejauh ini ada banyak para pecinta mobil jenis ini dengan karakteristik menariknya tersebut.

Mobil Coupe

Coupe berasal dari kata couple yang memiliki arti dua atau sepasang. Jenis mobil coupe ini merupakan tipe kendaraan yang ukurannya kecil dengan jumlah pintu yang terbatas dan jok penumpangnya hanya ada dua. Dengan begitu, pintunya juga hanya ada dua, di sisi samping mobil.

Umumnya mobil ini mempunyai desain atap yang lebih mengarah ke belakang. Harganya juga tidak tanggung-tanggung, sama seperti harga sport car. Sejauh ini sudah banyak kategori mobil tersebut yang sudah beredar di pasaran dan bisa ditemukan dengan mudah.

Mobil Hatchback

Hatchback merupakan sebuah mobil turunan yang bagian bagasinya khusus ditiadakan dan bagian belakangnya dibentuk seperti MPV. Hal ini membuat bagasinya dilengkapi dengan kabin. Kapasitas mobil ini maksimum lima penumpang, sehingga sangat cocok digunakan saat bersama keluarga.

Kelebihan dari mobil sedan jenis ini adalah, lebih lincah saat di perkotaan sebab mempunyai dimensi yang lebih pendek. Hatchback tetap memberi suasana kabin sedan yang nyaman saat digunakan. Beberapa jenis-jenis mobil hatchback diantaranya adalah small, medium dan Luxury hatchback.

Small hatchback adalah mobil jenis hatchback yang berukuran lebih kecil jika dibandingkan jenis lain. Biasanya sering disebut juga dengan city car atau key car. Dalam hal ini, Small Hatchback murah yang bergelar LCGC sekarang juga sedang menjamur di Indonesia.

Medium hatchback merupakan mobil yang mempunyai harga dan fitur hampir sama dengan versi sedannya. Sedangkan Luxury hatchback merupakan hatchback yang mewah sebab mempunyai fitur, harga dan kualitas pembuatan menyamai luxury sedan.

Mobil MPV

104801832_s

Mobil MPV adalah singkatan dari “Multi Purpose Vehicle” yang berarti “Mobil Serba Guna”. Mobil ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Karena itulah, kapasitas penampung menjadi prioritasnya. Kapasitas MPV dapat memuat tujuh penumpang atau bahkan lebih jika badannya kecil.

MPV sendiri dibagi menjadi beberapa segmen lagi, diantaranya adalah Medium-MPV, Luxury-MPV, Low-MPV dan Compact-MPV. Medium MPV berada satu kelas di atas low-MPV. Mobil ini berdimensi bongsor, sebab mengutamakan kelegaan kabin. Kapasitas daya angkutnya juga banyak.

Luxury MPV adalah jenis MPV yang mewah dan biasanya dipilih oleh orang-orang kaya untuk kenyamanan kelas atas bagi keluarganya. Tentu saja untuk kelas ini harganya cukup tinggi.

Selanjutnya, Compact MPV merupakan MPV berdimensi sama dengan low MPV namun harganya lebih mahal sebab kualitas, fitur dan kenyamanannya lebih  baik. Low MPV merupakan produk untuk konsumen menengah kebawah dengan daya tampung 7 orang.

Mobil Station Wagon

Mobil Station Wagon adalah mobil yang mempunyai kargo yang luas dan desain atap yang panjang pada bagian belakang mobil. Jenis mobil ini mempunyai lima pintu. Akan tetapi, mobilI ini tidak terlalu banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia.

Pada beberapa negara, mobil station wagon umum disebut estate. Di Jerman, mobil ini disebut kombi dan di Prancis disebut Break. Mobil ini sangat cocok sebenarnya bila di pakai oleh masyarakat di Indonesia.

Mobil Sedan

Sedan merupakan kategori mobil perkotaan yang mengutamakan kenyamanan, tapi punya performa yang lumayan besar untuk dipacu pada kecepatan tinggi. Umumnya, mobil ini dipakai oleh kalangan menengah keatas, sebab harganya yang cukup mahal.

Dengan kapasitas yang dapat menampung lima penumpang dan bagasi khusus di bagian belakang harga termurah mobil ini sekitar 300 juta rupiah. Sedan terbagi dalam beberapa jenis. Beberapa segmen tersebut adalah Medium Sedan, Luxury Sedan dan Mini Sedan.

Medium sedan yang terdapat di Indonesia sendiri sudah begitu banyak sehingga Anda bisa mendapatkannya dengan mudah. Kabin yang terdapat pada medium sedan lebih lapang dari mini sedan. Namun, tentu saja untuk fitur dan harganya pasti juga lebih tinggi.

Selanjutnya, untuk mini sedan merupakan jenis sedan dengan harga yang paling rendah untuk kalangan menengah. Salah satu contoh mobil jenis ini misalnya seperti Suzuki Baleno. Sedangkan Luxury sedan merupakan sedan mewah dengan harga mendekati atau lebih dari satu milyaran rupiah.

Mobil Of Road

Jenis mobil ini merupakan salah satu kendaraan yang mempunyai penggerak empat roda. Desain mobil ini pada umumnya cukup tinggi. Jadi, bagi Anda yang sering melewati kondisi jalan yang rusak, sangat cocok menggunakannya.

Desain yang diterapkan pada mobil ini memang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin melintasi daerah dengan kondisi jalan yang tidak rata. Di kawasan tersebut, tentu saja saat dikendarai mobil akan memberikan kenyamanan tersendiri dibandingkan dengan mobil biasa.

Jadi, mana mobil yang paling  Anda minati saat ini? Pastikan untuk memilihnya sesuai kebutuhan dan budget yang dimiliki. Jika membelinya untuk keluarga, utamakan juga selera bersama. Berbagai kategori mobil diatas, bisa Anda dapatkan juga dengan merk Suzuki sesuai dengan tipe yang diminati.

Halaman Tampilkan Semua

Berita Lainnya