Mengenal Lebih Jauh Pabrik Suzuki yang Ramah Lingkungan

02 Mei 2018
Share to

Cikarang, 11 Januari 2018 - Kegiatan kunjungan pabrik yang diadakan kali ini cukup berbeda, pada kesempatan kali ini kami mengundang 50 orang mahasiswa Universitas Indonesia untuk mengunjungi pabrik PT. Suzuki Indomobil Motor di Cikarang.

Kunjungan yang dilakukan oleh mahasiswa jurusan Teknik Lingkungan dan Teknik Sipil ini dilakukan untuk melihat dan mempelajari proses pembuatan mobil serta pengolahan limbah oleh Suzuki. Mahasiswa terlebih dahulu dibekali materi mengenai proses dan pengelolaan waste water treatment dari Bapak Ilham Aulia M., selaku Leader of Waste Water Treatment di Pabrik Cikarang.

Setelahnya, mahasiswa langsung diajak berkeliling langsung ke dalam pabrik. Plant tour yang dipandu oleh Bapak Jumadi selaku Supervisor of Environment, Health, and Safety, ini diawali di pabrik pembuatan mesin dan transmisi.

Tidak hanya itu mahasiswa berkesempatan untuk mengunjungi dan melihat langsung tangki Waste Water Treatment Suzuki dan mendapatkan pengetahuan mengenai proses pengolahan limbah air dari satu tangki ke tangki berikutnya dari Bapak Agus Eko Santoso, Section Head Utility.

 

 

“Dari kunjungan ini aku jadi tau bentuk fisik dari yang dipelajari di kampus selama ini. Materinya juga bagus dan jelas, proses pengelolaan limbahnya juga bagus, diolah secara terpisah dari setiap jenis limbah. Proses ini harus dipertahankan dan ditingkatkan oleh Suzuki agar kedepannya bisa menjadi standar mutu pengelolaan limbah bagi pabrik lain.” Ujar Abdurrahman Munif (Teknik Lingkungan, 2016) yang merasa sangat puas kunjungan ke Pabrik Suzuki di Cikarang.

 

Acara ini pun diakhiri dengan sesi foto bersama berlatarkan luasnya pabrik Suzuki di Cikarang.