Tips & Trik

Tips Menjaga Rangka Sepeda Motor agar Tidak Mudah Patah

PUBLISHED DATE : 23 September 2023

Rangka Sepeda Motor Patah

Akhir-akhir ini, di media sosial sedang viral masalah sepeda motor yang rangkanya rusak dan mudah patah. Untuk mencegahnya, penting untuk mengetahui apa saja tips menjaga rangka sepeda motor agar strukturnya tetap kuat dan tidak mudah patah atau rusak.

Sebab, rangka motor yang mengalami kerusakan dapat membahayakan keselamatan Anda selaku pengendara. Selain itu, biaya perbaikan ditambah harga suku cadang untuk mengganti rangkanya juga jauh lebih mahal dibanding biaya servis motor biasa.

Tips Menjaga Rangka Sepeda Motor agar Tidak Mudah Patah

Rangka sepeda motor yang mudah patah bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya seperti tekanan dan beban yang berlebihan, hingga faktor material dan proses produksi dari pabrikan yang kurang baik.

Efek lingkungan dan pemeliharaan yang kurang baik juga memiliki peran penting dalam ketahanan rangka motor Anda. Selain itu, kecepatan dan gaya berkendara yang agresif bisa meningkatkan beban yang diterima oleh rangka hingga membuatnya cepat rusak.

Berdasarkan berbagai faktor penyebab tersebut, ada beberapa hal perlu diperhatikan dan diterapkan agar rangka sepeda motor Anda tetap terawat dan tidak mudah patah. Sebagai panduan, ikuti ulasan lengkapnya di bawah ini!

  • Lakukan Pemeriksaan Rutin

Pemeriksaan berkala adalah salah satu tips menjaga rangka sepeda motor yang paling penting Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan pemeriksaan:

  • Korosi pada Rangka

Karat yang muncul dapat mengurangi kekuatan rangka. Selain itu, karat akibat korosi pada rangka dapat terjadi akibat berbagai faktor seperti cat yang mengelupas, benturan benda tajam, atau kontak dengan bahan kimia.

Untuk mengatasi karat ringan, bersihkan dengan sikat kawat dan amplas sebelum memberikan cat pelindung yang sesuai. Namun jika karatnya sudah terlanjur parah, kemungkinan akan memerlukan tindakan pengelasan ulang.

  • Kekakuan Rangka

Kekakuan rangka adalah faktor penting dalam stabilitas sepeda motor. Ini dapat dipengaruhi oleh produksi pabrik yang kurang baik atau kesalahan penggunaan.

Baca Juga : 5 Keunggulan Motor Suzuki Avenis 125

Kecelakaan, beban berat, atau kondisi jalan yang buruk juga dapat mempengaruhi kekakuan rangka. Oleh karena itu, pemeriksaan dan perawatan berkala wajib dilakukan untuk menjaga kekakuannya.

  • Kemiringan Stang Kemudi

Benturan kecil atau kecelakaan dapat menyebabkan stang kemudi menjadi bengkok hingga mempengaruhi kendali sepeda motor Anda. Karena itu, periksa suspensi depan, stang, dan poros kemudi motor secara rutin.

  • Kemiringan Roda Depan dan Belakang

Jika motor Anda cenderung mudah berbelok dan muncul getaran yang tidak normal saat dikemudikan, posisi rodanya bisa jadi tidak sejajar atau ada baut yang kendur. Jadi, periksakan juga kesesuaian roda depan dan belakang Anda.

  • Pemeriksaan Retakan Rangka

Retakan pada rangka dapat mengakibatkan getaran yang mengakibatkan kerusakan lebih parah. Retakan ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk korosi, beban yang berlebihan, atau kecelakaan.

Untuk mendeteksi adanya retakan, lapisan catnya perlu dikupas, kemudian diidentifikasi menggunakan cairan khusus. Retakan ringan bisa diatasi dengan cara dilas, tetapi yang lebih parah akan memerlukan penggantian rangka.

  • Hindari Beban Berlebihan

Tips menjaga rangka sepeda motor selanjutnya adalah jangan membawa beban melebihi kapasitas yang ditentukan oleh pabrikan. Pasalnya, ini bisa mengakibatkan tekanan yang tidak normal pada bagian rangka dan komponen lainnya.

Ini juga dapat mengurangi daya pengereman, stabilitas, dan umur pemakaian komponen motor. Untuk menghindari masalah tersebut, pertimbangkan langkah-langkah berikut:

  • Cek Kapasitas Maksimal

Pastikan untuk mengetahui kapasitas maksimal beban yang diizinkan pabrikan. Informasi ini biasanya tertera di buku manual pengguna atau plakat informasi pada motor Anda.

  • Jangan Melebihi Batas Kapasitas Maksimal

Kemudian, pastikan total berat penumpang dan barang atau beban lainnya tidak melebihi batas kapasitas maksimal sesuai informasi di atas.

  • Perhatikan Batas Beban Tambahan

Beberapa jenis sepeda motor tertentu ada yang memberikan pembatasan berat tambahan untuk bagian bagasi atau di rak paling atas. Patuhi juga batasan tersebut!

  • Perhatikan Distribusi Beban

Jika hendak membawa barang di bagasi atau membawa beban ekstra di area belakang, pastikan bebannya terdistribusi secara merata agar tetap aman.

  • Perhatikan Penumpang Ekstra

Jika hendak membawa penumpang tambahan, pastikan ia duduk di tempat yang sesuai yaitu jok belakang agar distribusi bebannya tetap rata. Pastikan juga bobotnya tetap tidak melebihi batas kapasitas maksimal.

  • Periksa Suspensi

Jika Anda kerap membawa beban yang berat, pertimbangkan untuk mengatur ulang setelan suspensi motor Anda sesuai beban tambahannya.

  • Perhatikan Penggunaan Aksesori Tambahan

Aksesori tambahan pada sepeda motor seperti rak, kotak penyimpanan, atau lampu tambahan memang dapat meningkatkan fungsionalitas kendaraan Anda. Namun jika tidak dipasang dengan benar,  ini dapat memberikan tekanan berlebih pada rangka.

Oleh karena itu, tips menjaga rangka sepeda motor selanjutnya adalah berhati-hati dalam memasang aksesoris tambahan. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Pemasangan yang Benar

Pastikan aksesori dipasang dengan benar sesuai dengan petunjuk pabrikan. Hindari pemasangan secara asal-asalan yang dapat menyebabkan kerusakan rangka!

  • Distribusi Beban

Jika menggunakan aksesori yang dapat menambah beban, pastikan distribusi bebannya merata dan tidak mengganggu keseimbangan sepeda motor Anda.

  • Pertimbangkan Dampak

Selalu pertimbangkan dampak dari aksesori tambahan tersebut terhadap kinerja, stabilitas, dan keselamatan berkendara. Jika dirasa mengganggu, pertimbangkan untuk mencari alternatif yang lebih aman.

  • Hindari Benturan yang Keras

Menghindari benturan keras dan kecelakaan adalah salah satu tips menjaga rangka sepeda motor agar integritas strukturnya tetap kuat. Sebab, benturan keras dapat merusak rangka dan mengancam keselamatan pengendara.

Bahkan dalam kecelakaan yang tampak ringan, penting untuk segera memeriksa rangka motor secara menyeluruh, pastikan tidak ada kerusakan tersembunyi. Jadi, selalu ikuti gaya berkendara yang aman agar terhindar dari potensi benturan.

  • Lakukan Servis dan Pemeliharaan Rutin

Baca Juga : Bagaimana Memilih Oli Mesin Yang Terbaik Untuk Mobil

Pemeliharaan rutin adalah kunci untuk menjaga rangka sepeda motor Anda agar tetap berada dalam kondisi terbaik. Ini melibatkan pemeriksaan berkala dan pelumasan pada bagian-bagian yang penting untuk menjaga fungsi dan keandalannya.

Saat melakukan servis dan pemeliharaan rutin di bengkel terpercaya, berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Buat Jadwal Pemeriksaan

Sebaiknya, jadwalkan pemeriksaan rutin pada sepeda motor Anda secara jelas. Ini dapat dilakukan setiap beberapa bulan sekali, atau sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

  • Perhatikan Bagian-Bagian Penting Lainnya

Selama pemeriksaan, perhatikan komponen penting seperti poros roda, engsel, sambungan, dan bagian rangka lainnya yang mengalami gesekan atau gerakan. Pastikan tidak terdapat tanda aus berlebihan atau kerusakan lain.

  • Bersihkan dan Lumasi Area Rangka

Selalu bersihkan bagian rangka yang terkena debu, kotoran, ataupun residu lain. Kemudian, berikan pelumas pada komponen-komponen yang perlu, terutama di area yang sering mengalami gesekan sesuai rekomendasi pabrikan.

  • Penyimpanan yang Tepat

Cara Anda menyimpan sepeda motor juga dapat mempengaruhi kondisi rangka dan komponen lainnya. Jadi, pastikan sepeda motor Anda ditempatkan di area yang stabil dan rata.

Anda bisa menggunakan penyangga roda atau penopang khusus jika memungkinkan. Selain itu, hindari menumpuk barang-barang yang berat di atas sepeda motor saat disimpan.

  • Kebersihan Rangka

Terakhir, jaga kebersihan rangka sepeda motor Anda dengan rutin membersihkannya dari debu, kotoran, atau residu lainnya. Hal ini tidak hanya mempengaruhi penampilan, tetapi juga dapat mencegah korosi akibat kotoran.

Dengan menjalankan berbagai tips menjaga rangka sepeda motor tersebut, rangka motor Anda akan selalu berada dalam kondisi yang baik. Sehingga, keselamatan dan kenyamanan saat berkendara juga lebih terjamin.

Demikian pembahasan seputar tips yang tepat dalam penjagaan rangka sepeda motor! Ingin dapatkan informasi berguna lainnya? Klik laman ini! Atau jika Anda membutuhkan layanan servis motor Suzuki, lakukan booking di sini!

Berita Lainnya