Tips & Trik

Ternyata Banyak, Ini Jenis Perahu Nelayan di Indonesia

PUBLISHED DATE : 28 Desember 2020

Perahu Nelayan Tradisional

Sekop besi ini diletakkan di bagian depan kapal sehingga memudahkan pengerukan kerang. Kapal ini jelas bekerja dengan menggunakan mesin yang sudah cukup canggih.

Kategori Kapal yang Ada di Indonesia

Di Indonesia sendiri terdapat lima jenis kapal yang biasa digunakan. Kapal-kapal ini juga memiliki fungsi yang berbeda-beda sebagai. Berikut ulasannya.

  • Kapal Pengangkut Ikan

Pertama, ada kapal yang digunakan untuk mengangkut berbagai jenis ikan. Jadi, di dalam kapal sudah disediakan berbagai macam wadah untuk mengawetkan, mendinginkan, menyimpan dan mengangkut ikan yang di dapat dari laut.

  • Kapal Untuk Penelitian Ikan

Selanjutnya adalah kapal yang biasanya digunakan untuk kegiatan penelitian atau eksplorasi berbagai jenis ikan. Jadi, kapal ini memang didesain untuk kegiatan eksplorasi sumber daya ikan di laut, oseanografi dan sebagainya. Tentu yang mengendarai kapal ini adalah para peneliti di bidang tersebut.

  • Kapal Latihan Perikanan

Sesuai dengan namanya, kapal ini dirancang khusus untuk kegiatan praktek seperti cara menangkap ikan, mengangkut ikan, bagaimana cara mengolah hasil tangkapan, dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan mata angin atau navigasi.

  • Kapal Penangkap Ikan

Baca Juga : Perahu Karet: Pengertian, Manfaat, Hingga Jenisnya

Kategori selanjutnya adalah kapal yang didesain khusus untuk para nelayan agar mudah menangkap ikan. Jadi, dengan kapal inilah nelayan berlayar mengarungi laut untuk menangkap ikan dan mengangkutnya untuk diolah di perahu khusus pengangkut.

  • Kapal Rekreasi

Jenis kapal yang satu ini sangat cocok bagi Anda pecinta rekreasi di laut. Perahu ini berbentuk bulat dengan kursi melingkar di bagian depannya dan tidak dianjurkan untuk kegiatan komersial, karena murni untuk rekreasi saja. Anda perlu mencobanya karena kapal ini juga dilengkapi dengan payung pantai.

Adanya payung pantai tersebut akan melindungi pengunjung dari sinar matahari dan bisa bebas mengelilingi lautan. Tetapi, sebenarnya kapal ini dahulu berfungsi layaknya perahu nelayan pada umumnya, yakni untuk menangkap ikan.

  • Kapal Komersial

Kapal terakhir adalah untuk keperluan komersial. Kapal ini dirancang untuk digunakan secara komersial, baik untuk angkutan barang maupun penumpang.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya