Tips & Trik

Penyebab Knalpot Motor Nembak Saat Lepas Gas & Solusinya

PUBLISHED DATE : 23 September 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Suzuki_Smash.jpg

Ada banyak permasalahan yang kerap kali terjadi pada kendaraan bermotor, dan salah satunya adalah knalpot nembak ketika gas dilepas.

Beberapa penyebab knalpot motor nembak saat lepas gas ini perlu Anda ketahui agar kondisi yang tidak normal tersebut bisa segera diatasi.

Jika knalpot mengeluarkan suara seperti tembakan ketika gas dilepas tentunya suara tersebut akan mengganggu Anda dan pengendara lainnya.

Baca Juga : Wajib Tahu, Ini Cara Memperbaiki Stang Motor Goyang

Oleh karena itu, jika motor Anda mengalami kondisi tersebut, maka harus segera dibenahi agar tidak menimbulkan kerusakan lain pada motor.

Apa Itu Knalpot Motor dan Fungsinya?

Apakah Anda sering mendengar suara bising dari kendaraan di jalan? Pasti Anda berpikir bahwa knalpot adalah penyebab kebisingan tersebut. Padahal knalpot merupakan komponen pada kendaraan yang digunakan sebagai saluran pembuangan dari hasil pembakaran.

Ada beberapa fungsi dari knalpot yang masih belum banyak diketahui oleh orang sehingga menyebutkan sebagai sumber kebisingan. Berikut beberapa fungsi knalpot yang harus Anda ketahui.

  • Membantu Menambahkan Tenaga Pada Kendaraan

Baca Juga : Waspada, Ternyata Ini Penyebab Motor Ngebul

Baik untuk knalpot pada motor maupun mobil fungsinya sama, yaitu untuk meningkatkan tenaga pada kendaraan. Fungsi ini bisa berjalan dengan baik apabila knalpot disetting dengan benar dan harus disesuaikan pada mesin kendaraan. 

  • Membantu Mengurangi Polusi Udara

Fungsi kedua dari knalpot adalah untuk mengurangi polusi udara. Ketika sebuah kendaraan melakukan proses pembakaran, maka sisanya akan keluar dalam bentuk karbondioksida. 

Zat inilah yang sangat berbahaya bagi udara karena bisa menimbulkan pencemaran. Nah, di sini knalpot akan bekerja.

Baca Juga : Mengenal Jenis Komponen Suspensi Sepeda Motor & Fungsinya

Knalpot akan menghalangi zat karbondioksida untuk keluar ke udara dengan bantuan teknologi yang bernama catalytic converter. Teknologi ini akan membuat kendaraan menjadi lebih efisien sehingga lingkungan juga aman.

  • Bisa Mengurangi Bobot Kendaraan

Fungsi yang ketiga adalah knalpot akan mengurangi bobot dari kendaraan Anda. Caranya adalah dengan menggunakan jenis knalpot yang standar sesuai dengan tipe kendaraan. 

Penggunaan knalpot standar juga akan membuat kendaraan Anda memiliki handling lebih bagus. Biasanya knalpot ini cocok digunakan untuk kendaraan yang memiliki performa tinggi.

  • Membantu Meredam Suara dari Ruang Pembakaran

Fungsi selanjutnya dari knalpot adalah untuk meredamkan suara yang berasal dari ruang pembakaran. Hal inilah yang menyebabkan kendaraan tidak mengeluarkan suara bising ketika digunakan. 

Suara bising itu berasal dari percampuran antara udara dengan yang ada di dalam ruang pembakaran. Ketika udara di dalam bercampur, maka akan muncul suara seperti sebuah ledakan di mana jika tidak ada knalpot maka akan menimbulkan kebisingan. 

Mengapa banyak motor dengan suara bising? Karena knalpotnya itu dilepas. Alasan lainnya adalah karena ada bagian knalpot yang bocor.

  • Bisa Dijadikan Sebagai Aksesoris Kendaraan

Adapun untuk fungsi knalpot yang terakhir adalah bisa dijadikan sebagai aksesoris kendaraan Anda. Anda mungkin sering melihat banyak kendaraan yang dimodifikasi dan orang tersebut juga akan mengganti knalpotnya.

Adapun knalpot yang sering digunakan di kendaraan yang dimodifikasi biasanya terbuat dari chrome.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya