Tips & Trik

Mesin Diesel Diisi Bensin? Ini Akibatnya!

PUBLISHED DATE : 12 Mei 2019

12 Mei 2019

Walaupun jarang terjadi, kemungkinan mobil bermesin diesel diisi bahan bakar jenis bensin bisa saja terjadi, khususnya bila tidak ada pilihan lain dan pom bensin yang didatangi tidak menyediakan solar. Nah, jika sudah terjadi, apa efeknya?

Baca Juga : Pulser Motor: Pengertian, Cara Kerja Serta Fungsinya

Kendaraan sudah pasti akan mengalami kerusakan pada mesin. Kenapa bisa rusak? Karena sistem pembakaran pada mesin diesel tidak sama dengan mesin kendaraan berbahan bakar bensin. Sistem Internal Combusion Chamber (pembakaran) diesel dan bensin tidak sama.  Mesin diesel memakai tekanan kompresi, sedangkan mesin berbahan bakar bensin mengandalkan busi. Dari sini saja sudah jelas perbedaannya.

Selain itu, mesin bensin mudah terbakar sehingga jika bensin masuk ke dalam mesin diesel maka knockingnya akan terasa. Karena tekanan kompresinya tidak sama, maka bahan bakar bensin akan meledak terlebih dahulu sebelum kompresinya merangsang. Karena hal ini paling terasa knockingnya.

Efek pertama yang akan terjadi adalah mesin akan sulit dinyalakan. Meskipun akhirnya bisa menyala ia akan memakai sisa BBM diesel yang ada di mesin dan kondisinya akan terasa kurang nyaman dan  berisiko mesin akan mati.

Yang penting juga untuk diketahui, pada BBM diesel bahan bakar tidak hanya untuk pembakaran, tetapi juga sebagai pelumas (lubricant). Sehingga, jika hal tersebut terjadi akan sangat berisiko merusak injeksi dan akhirnya merembet ke bagian mesin mobil.

Baca Juga : Lampu motor LED Vs Lampu Halogen, Lebih Terang Mana?

Melihat informasi di atas, jika Anda memiliki kendaraan bermesin diesel, jangan sekali-kali mengisi bahan bakarnya dengan bensin. Sebelum bepergian, pastikan bahan bakar sudah terisi penuh dan jika akan menempuh perjalanan jauh, ada baiknya lakukan survei atau cari informasi terlebih dahulu apakah SPBU yang ada di sepanjang perjalanan menyediakan bahan bakar diesel atau tidak.

Semoga bermanfaat!

Berita Lainnya