Tips & Trik

Lengkap, Ini Komponen Transmisi Manual dan Otomatis

PUBLISHED DATE : 27 September 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/transmisi_(1).jpg

Pada mesin mobil atau motor terdapat komponen transmisi yang berguna sebagai sistem penggerak.

Namun kali ini akan dibahas mengenai sistem transmisi yang ada pada mesin mobil. Perlu Anda ketahui bahwa perawatan yang dibutuhkan pada mesin mobil ternyata lebih rumit dan mahal dibandingkan motor.

Sistem penggerak atau yang biasa dikenal sebagai transmisi adalah salah satu sistem yang ada di dalam kendaraan, di mana terdapat 2 jenis, yaitu manual dan otomatis. Simak dan kenali terlebih dahulu perbedaannya melalui ulasan di bawah ini.

Transmisi Manual dan Transmisi Otomatis

Baca Juga : Mengenal Fungsi dan Komponen Motor Starter

Transmisi Manual berarti sistem yang tersusun dari gabungan roda gigi untuk dapat memindahkan putaran dari engkol ke roda penggerak.

Sedangkan untuk transmisi otomatis pada kendaraan artinya perpindahan sistem ini terjadi secara otomatis berdasarkan hidraulis, bukan mekanik.

Tujuan dari transmisi manual adalah untuk dapat memindahkan tenaga pada mesin kendaraan sesuai dengan kondisi mengemudi

Baca Juga : Sistem Transmisi: Jenis, Komponen dan Cara Kerjanya

Karakteristik yang dimiliki yaitu dapat menghasilkan tenaga yang lebih besar, melakukan gerakan roda mundur, dan menjalankan roda dengan kecepatan tinggi.

Sedangkan untuk transmisi otomatis, pengemudi dapat fokus dalam menjalankan kendaraan karena perpindahan giginya dilakukan dengan sistem otomatis disesuaikan dengan beban mesin dan kecepatan pada kendaraan.

Macam-Macam Komponen Transmisi Manual

Penting bagi Anda yang setiap hari menggunakan kendaraan untuk menjalankan aktivitas mengetahui komponen penting pada transmisi.

Baca Juga : Mudah, Ini Tips Mengatasi Piringan Cakram Motor Yang Macet

Hal ini agar pengemudi lebih berhati-hati dalam berkendara dan merawat mesin. Berikut ulasan lengkap mengenai transmisi manual dan otomatis beserta fungsinya.

  • Gigi Transmisi

Fungsi bagian ini adalah mengubah tenaga dari mesin menjadi gaya torsi disesuaikan dengan kebutuhan pengemudi pada saat mesin kendaraan berjalan.

  • Poros Input

Sumbu yang saling berhubungan dengan kopling berfungsi agar dapat memutar gigi dalam gearbox kendaraan.

  • Synchronizer (Gigi Penyesuaian)

Bagian ini merupakan tambahan yang terletak pada gigi transmisi. Synchronizer berfungsi untuk mencegah pemutaran apabila kedua gigi yang tersambung tidak dalam posisi sama, serta memudahkan mengatur kecepatan dari gigi satu ke gigi lainnya.

  • Shift Fork (Garpu Pemindah)

Fungsi utama bagian ini untuk memindahkan gigi sesuai pada sumbunya, sehingga perpindahan gigi mudah pada saat pemasangan dan dipindahkan.

  • Tuas Persneling

Bagian komponen transmisi manual yang satu ini dapat memudahkan pengemudi kendaraan melakukan pemindahan gigi transmisi berdasarkan posisinya.

  • Shift Linkage (Tuas Penghubung)

Shift Linkage berfungsi sebagai penghubung antara shift fork dengan tuas persneling.

  • Bak Transmisi

Bak Transmisi berguna sebagai tempat penyimpanan oli transmisi serta sebagai wadah bearing transmisi dan poros.

  • Input Shaft

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya