Tips & Trik

Korter Mesin: Pengertian, Fungsi dan Tipsnya

PUBLISHED DATE : 03 November 2021

65572349 S

Disebut juga dengan batang pembatas yang fungsinya adalah untuk membatasi panjang pemakanan. Ujungnya akan menekan main clutch yang menonjol kemudian memutus transmisi. 

    15. Boring Cutter

Bagian ini adalah alat pemotong pemakanan dalam proses korter. 

Komponen mesin korter adalah bagian yang harus dikenali oleh mekanik khusus bubut yang ahli. Dengan begitu pengoperasiannya akan lebih mudah dan hasil pembesaran ukuran piston dan liner jadi lebih tepat. 

146770258_s

Tips Melakukan Korter Mesin yang Benar

Korter dilakukan setelah Anda menentukan diameter piston yang ingin dibuat sehingga ukuran dinding silinder yang ingin diperbesar dapat menyesuaikan. Jika tidak maka kesalahan sedikit saja dapat membuat kebocoran transmisi. 

Nah, supaya tidak mendapati kesalahan saat melakukan korter mesin, beberapa tips berikut ini dapat diikuti:

  1. Melakukan secara Berulang

Pengikisan tidak bisa dilakukan secara langsung namun harus berulang hingga diameter liner silinder yang diinginkan tercapai. Jika tidak, ukuran yang dihasilkan justru jauh lebih besar dan menimbulkan gap yang terlalu sempit. 

    2. Melakukan Kalibrasi pada Mesin

Baca Juga : Gearbox: Mengenal Fungsi dan Cara Merawatnya

Penting sekali menerapkan kalibrasi yaitu pengaturan kembali pada mesin sehingga ketika digunakan kembali ukuran yang dihasilkan tetap standar. Mesin yang digunakan terus menerus akan menghasilkan ukuran yang berbeda, sehingga hasilnya tidak presisi. 

Oleh karena itulah dibutuhkan kalibrasi pada mesin korter sehingga tidak terjadi kesalahan ketika pengikisan. 

    3. Ukuran Celah Disesuaikan dengan Penggunaan

Anda juga perlu mempertimbangkan ukuran celah dalam milimeter antara piston dengan dinding silinder. Contohnya saja pemakaian harian memiliki ukuran berbeda dengan motor untuk drag race. 
 
    4. Tidak Lupa Menerapkan Teknik Pemolesan

Mekanik juga harus memoles dinding liner yang sudah dikorter sehingga permukaannya jauh lebih halus. Tujuannya agar dinding sesuai dengan standar pabrikan yang akan mempengaruhi kelancaran pergerakan piston. 

Korter adalah perubahan ukuran pada dinding liner yang harus diperhatikan secara terperinci. Anda tidak bisa melakukannya di bengkel bubut sembarangan namun hanya di mekanik yang terpercaya. 

Apabila terjadi kerusakan sebaiknya segera bawa pada bengkel motor Suzuki resmi sehingga ditangani oleh teknisi yang profesional. 

 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya