Tips & Trik

Komponen Piston: Fungsi dan Cara Merawatnya

https://www.suzuki.co.id/uploads/news/komponen_piston.jpg

Bagi Anda yang terbiasa menggunakan mobil dalam berkendara, penting untuk mengetahui cara merawat mesin mobil agar tetap stabil. Bagian mesin mobil yang rentan mengalami kerusakan salah satunya adalah komponen piston.

Di dalam piston terdapat beberapa bagian penting seperti Ring piston, Snap ring, Batang piston, dan Celah piston yang memiliki peran berbeda-beda pada saat mesin mobil berjalan.

Bagi Anda yang belum mengerti mengenai komponen mesin mobil satu ini, simak dulu pembahasan yang ada di bawah ini.

Mengenal Komponen-Komponen Piston dan Fungsinya

Baca Juga : Ketahui, Ini Fungsi Koil Mobil dan Cara Kerjanya

Piston merupakan komponen penting pada suatu mesin yang terletak pada silinder blok. Cara kerja dan fungsinya berbeda-beda serta saling berkaitan untuk menghasilkan tenaga saat mesin berjalan.

Fungsi piston yang utama adalah untuk menerima tekanan pembakaran dan meneruskannya ke poros engkol melalui salah satu komponen yang bernama connecting rod.

Selain itu, piston juga berperan dalam proses pembakaran untuk menghasilkan tenaga mesin. Berikut komponen piston beserta fungsi dan cara perawatannya yang tepat.

  • Ring Piston

Baca Juga : Mari Mengenal Apa Fungsi Filter Udara Mobil dan Motor

Ring piston berbentuk gelang melingkar, dan di dalamnya terdapat celah yang digunakan sebagai jarak kelenturan. Bagian ini terletak pada sisi dinding dan terpasang pada ring groove

Dalam pemasangan ring piston, sebaiknya celah diberi jarak antar ring berbeda 120 derajat untuk mencegah kebocoran kompresi.

Ring piston terbuat dari bahan baja berkualitas tinggi dan dibagi menjadi 3 bagian yaitu bagian atas, tengah, dan bawah. Yang terletak pada bagian atas dinamakan kompresi satu, bagian tengah kompresi dua dan yang bagian bawah disebut ring oil. 

Baca Juga : Yuk Ketahui Fungsi Connecting Rod Atau Batang Seher

Fungsi dari Ring piston yaitu untuk mencegah kebocoran pada saat terjadi langkah usaha dan kompresi.

Selain itu juga mencegah oli dan silinder masuk ke ruang pembakaran serta mengatur perpindahan panas yang berasal dari piston pada dinding silinder.

  • Ring Oil

Ring oil memiliki 2 macam pegas yaitu segment dan integral. Fungsi dari bagian ini adalah untuk mencegah supaya oli tidak mudah masuk ke ruang pembakaran dan membersihkan oli yang terdapat pada dinding silinder ketika piston mengalami pergerakan.

Selain menjalankan fungsi di atas, Ring oil juga berguna sebagai tempat penyimpanan, serta sebagai pelumas antara piston dan liner.

Cara kerja pada komponen Ring piston yang tidak bermasalah akan menyalurkan panas dari piston ke dinding silinder dengan baik, sehingga mesin lebih stabil.

  • Ring Kompresi

Mesin mobil umumnya memiliki 2 ring kompresi yang terletak pada bagian atas dan tengah piston.

Fungsi utama dari komponen piston ini adalah untuk menahan proses kompresi antara udara dan juga bahan bakar pada saat kompresi berjalan. Tujuannya agar tidak terjadi Crankcase atau kebocoran bagian bawah.

Ring kompresi pada piston yang terletak pada bagian tengah, selain sebagai kompresi juga berperan sebagai pelumas (oil liner).

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya