Tips & Trik

Kilas Balik Suzuki RGR 150, Motor Sport Legendaris Suzuki

PUBLISHED DATE : 20 November 2019

SUZUKI RGR 150

Foto: Dok. Denison Wicaksono (otomotif.kompas.com)

Saat meluncur di negara kita di awal tahun 1990-an, motor sport Suzuki RGR 150 langsung menyedot perhatian penggemar sepeda motor, khususnya motor sport. Generasi pertama dari Suzuki RGR 150 adalah Suzuki RGR 150 Spinter.

Baca Juga : Motor Injeksi Tidak Perlu Dirawat, Yakin?

Suzuki RGR 150 Spinter

Dibekali tampilan yang super keren dengan fairing setengah telanjang lengkap dan pelindung mesin alias under cowl, tak heran jika Suzuki RGR 150 Spinter yang legendaris ini banyak digandrungi kaum muda waktu itu. Selain desain tampilan, hal yang paling disukai dari Suzuki RGR 150 Spinter adalah sudah mengusung mesin 150 cc, lebih besar dari kompetitor sekelasnya yang hanya mengusung mesin 135 cc. Tidak hanya itu, suspensi belakangnya sudah monoshock tidak lagi model ganda.

Yang paling menarik dari Suzuki RGR 150 Spinter adalah motor ini sudah mengusung teknologi yang terbilang tinggi di zamannya. Beberapa yang terekam ialah teknologi SIPC (Suzuki Intake Pulse Control) dan SSS (Suzuki Super Scavenging System). Teknologi SIPC tugasnya mengontrol masuknya bahan bakar sesuai kebutuhan mesin. Sedangkan SSS tugasnya memberi asupan udara lebih besar ketika mesin meraung di rpm tinggi.

Tapi sayangnya, Suzuki menyetop produksinya pada 1992, dan di tahun 1993 digantikan Suzuki RGR 150 generasi kedua Suzuki RGR 150 yaitu RGR 150 Crystal.

Suzuki RGR 150 Crystal & Suzuki RGR 150 Tornado

Perbedaan RGR 150 Crystal dari Suzuki RGR 150 Spinter ada pada lampu belakang dan sudah memakai full fairing. Produksi Suzuki RGR 150 Crystal juga tidak terlalu lama karena pada tahun 1995 dihentikan produksinya dan digantikan Suzuki RGR 150 generasi ketiga, Suzuki RGR 150 Tornado (1995-1997).

Baca Juga : Wajib Tahu, Ini Cara Memperbaiki Stang Motor Goyang

Kenapa disebut Tornado? Karena lampu belakangnya sudah lebih modern mirip tornado.  Dilihat secara keseluruhan, bentuk bodi Suzuki RGR 150 Tornado juga lebih bulat dari dua generasi pendahulunya.

Itulah sejarah singkat tentang salah satu motor sport legendaris Suzuki. Anda pernah punya Suzuki RGR 150 atau bahkan masih punya sampai sekarang? Jangan lupa untuk melakukan servis berkala pada sepeda motor Suzuki kesayangan Anda ya! 

Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan bengkel resmi Suzuki terdekat, silakan klik link ini atau telepon Halo Suzuki di 0800 1100 800 (bebas pulsa).

Berita Lainnya