Tips & Trik

Jangan Salah Pilih, Ketahui Jenis Pengharum Mobil dan Bahannya

PUBLISHED DATE : 23 Oktober 2020

Pengharum Mobil

Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis pengharum mobil dengan bahan yang berbeda. Anda harus memilihnya dengan baik agar nyaman saat berkendara.

Saat ini memiliki kendaraan roda empat seperti mobil sudah menjadi kebutuhan banyak orang. Apabila Anda memiliki sebuah mobil, jangan lupa untuk memperhatikan pengharum mobil yang akan digunakan pada mobil kesayangan agar bisa berkendara lebih nyaman lagi.

Perlu Anda ketahui bahwa pengharum untuk mobil saat ini tersedia dalam berbagai jenis. Selain itu, bahan yang digunakan di dalam pengharum tersebut juga bermacam-macam. Oleh sebab itu, bagi Anda yang memiliki mobil harus teliti dalam memilih pengharum yang cocok, dan ini informasi seputarnya.

Jenis Pengharum Mobil yang Umum di Pasaran

pewangi_pada_mobil

Bagi para pemilik mobil, sebaiknya perhatikan jenis pengharum seperti apa yang cocok digunakan untuk mobil Anda dan aman untuk penumpang di dalamnya. Tidak sedikit jenis pengharum untuk mobil yang sudah umum di pasaran. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Pengharum untuk Mobil Jenis Gel

Jenis pengharum untuk mobil pertama yang perlu diketahui oleh Anda adalah gel. Ini merupakan salah satu jenis pengharum yang cukup aman meskipun mobil Anda mengalami guncangan selama perjalanan. Hal tersebut dikarenakan pengharum jenis gel tersebut tidak akan mudah tumpah.

Tidak hanya itu, pengharum untuk mobil jenis ini juga memiliki aroma yang kuat sehingga dapat membuat seluruh bagian mobil wangi. Pengharum jenis gel juga mengandung deodoran yang dapat membuat kabin mobil Anda memiliki aroma yang sedap.

Baca Juga : Idle Speed Control: Fungsi, Komponen dan Cara Kerjanya

Namun, gel pengharum mobil juga memiliki kekurangan yang perlu Anda ketahui. Salah satu kekurangannya adalah dapat menimbulkan bercak pada bagian interior mobil Anda apabila terkena sinar matahari maupun panas secara langsung.

  • Jenis Pengharum Cair

Pengharum untuk mobil kesayangan Anda juga ada yang jenisnya cair. Pengharum jenis cair tersebut harus Anda letakkan dengan hati-hati agar tidak mudah tumpah.

Untuk penggunaannya, Anda dapat meletakkannya pada kisi-kisi AC atau cukup dengan cara digantung.  Karakter aroma dari jenis pengharum cair tersebut cukup kuat sehingga mampu menyebar ke seluruh bagian mobil dengan cepat.

Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah, pengharum dengan jenis cair tersebut akan cepat habis karena mudah menguap.  Oleh sebab itu, bagi Anda yang menggunakan jenis pengharum cair perlu cukup sering mengeluarkan biaya untuk membeli pengharum tersebut.

  • Pengharum Jenis Padat

Jenis pengharum mobil yang berikutnya adalah pengharum jenis padat. Jika termasuk orang yang hemat maka pengharum padat tersebut sangat cocok untuk Anda. Hal tersebut dikarenakan pengharum padat akan lebih awet sehingga tidak memaksa Anda untuk sering mengganti pengharum.

Pengharum padat untuk mobil ini juga termasuk jenis pengharum yang paling banyak digunakan oleh para pemilik mobil. Selain aromanya yang dapat bertahan lama, pengharum padat juga mudah untuk digunakan dan tidak mudah tumpah apabila terjadi guncangan di dalam mobil.

Namun, Anda juga perlu mengetahui kekurangan dari pengharum jenis padat tersebut. Salah satu kekurangannya adalah tidak dapat menghasilkan aroma yang kuat karena bahan yang terkandung didalamnya tidak dapat menguap dengan cepat.

Bagi Anda yang tidak terlalu menyukai aroma pengharum yang berganti-ganti, parfum jenis padat tersebut juga sangat cocok dipilih. Hal tersebut dikarenakan jenis pengharum ini dapat digunakan dalam jangka waktu cukup lama.

  • Jenis Pengharum Spray

Jenis pengharum spray termasuk yang paling mudah untuk Anda gunakan. Untuk cara menggunakannya, Anda hanya perlu menyemprotkan beberapa menit sebelum penumpangnya masuk ke dalam mobil.

Aroma wangi dari spraynya mudah menyebar dan dapat langsung dinikmati ketika masuk mobil.  Waktu yang diperlukan parfum spray untuk mengharumkan mobil kesayangan Anda juga tidak perlu terlalu lama.

Wangi yang dihasilkan dari jenis pengharum spray dapat menyebar dengan mudah dan menyeluruh pada bagian kabin mobil Anda.  Di sisi lain, jenis pengharum spray untuk mobil juga memiliki kekurangan.

Kekurangan tersebut karena aromanya tidak dapat bertahan lama setelah disemprotkan. Oleh sebab itu, bagi Anda yang menggunakan pengharum untuk mobil dengan jenis tersebut harus sering menyemprot dan perlu membeli pengharum yang baru lagi karena akan cepat habis.

Bahan-bahan Utama yang Digunakan dalam Parfum

Setelah mengetahui jenis-jenis pengharum mobil, selanjutnya Anda juga perlu mengetahui kandungan bahan-bahan utama yang digunakan dalam parfum tersebut. Mengetahui bahan yang terkandung didalamnya akan membuat Anda lebih teliti dalam memilih parfum mobil.

Beberapa bahan utama yang biasa digunakan pada pengharum untuk mobil dan penting untuk Anda ketahui diantaranya adalah silikon, keramik, plastik, dan resin. Bahan-bahan ini memiliki karakter yang berbeda dan digunakan sesuai dengan jenis pengharum yang membutuhkannya.

Tips Menghindari Kesalahan Memilih Parfum

Memilih pewangi mobil ternyata tidak boleh dilakukan sembarangan. Anda harus pandai dalam memilih jenis parfum yang cocok digunakan untuk mobil kesayangan. Berikut beberapa tips yang perlu Anda perhatikan untuk menghindari kesalahan dalam memilih pengharum mobil.

  • Perhatikan Kandungan yang Terdapat dalam Parfum

Perlu diketahui bahwa ada beberapa pengharum mobil yang justru dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mobil Anda. Salah satu kandungan yang dapat membuat bagian dalam mobil Anda terganggu adalah silikon. Kandungan silikon dapat membuat kisi-kisi AC menjadi bau apek dan bercak kuning.

  • Memilih Aroma Parfum yang Tidak Terlalu Menyengat

Baca Juga : 7 Aksesoris Mobil Penting dalam Mobil Anda

Tips berikutnya yang tidak boleh dilupakan dalam memilih parfum mobil adalah memilih aroma yang sesuai dengan selera Anda dan keluarga. Usahakan untuk tidak memilih jenis parfum yang aromanya terlalu menyengat.

Tidak sedikit orang yang mengeluh terkait penggunaan pengharum untuk mobil yang aromanya kurang tepat. Biasanya aroma yang terlalu menyengat akan membuat Anda sebagai pengendara dan penumpang lainnya justru merasa mual dan pusing sehingga tidak dapat menikmati perjalanan.

Untuk kenyamanan Anda dan keluarga selama dalam perjalanan, ada baiknya menggunakan jenis pengharum dengan aroma terapi. Disini Anda dapat memilih pengharum dengan aroma kopi maupun teh untuk relaksasi.

Dampak Parfum Terhadap AC

Salah satu bagian interior mobil yang perlu Anda lindungi adalah AC. Untuk melindungi bagian interior mobil Anda dapat mengawalinya dengan cara memilih pewangi mobil yang cocok dan aman komponen tersebut. Lalu, sebenarnya apa saja dampak pewangi ini terhadap AC? Ini daftarnya

  • Menyebabkan Bercak Kuning pada Kisi-kisi AC

Penggunaan pengharum mobil ternyata dapat menyebabkan bercak kuning pada kisi-kisi AC mobil Anda. Menimbulkan kerak dan bau apek juga termasuk salah satu dampak yang dihasilkan apabila Anda memilih parfum yang kurang tepat untuk mobil.

Untuk mengatasi timbulnya bercak kuning pada AC, ada baiknya apabila Anda tidak meletakkan parfum pada bagian kisi-kisi AC. Anda dapat menyemprotkan parfum tersebut pada bagian sudut bawah jok mobil agar wanginya juga lebih awet.

  • Membuat Evaporator Berlendir

Apabila Anda menggunakan jenis pengharum gel, hal ini dapat membuat zat-zat yang terkandung di dalam parfum mengendap pada AC.

Pengendapan zat-zat tersebut dapat membuat bagian evaporator menjadi berlendir dan aroma wanginya akan berubah menjadi asam setelah beberapa minggu. 

Berita Lainnya