Tips & Trik

Ingin Mobil Hemat Bbm? Catat 5 Tips Penting Ini!

PUBLISHED DATE : 13 Januari 2023

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Blog-7.jpg

Di tengah perekonomian yang tidak menentu seperti saat ini, tentunya Anda mendambakan mobil hemat bahan bakar sebagai alat transportasi yang membantu Anda beraktivitas. Inilah juga yang menjadikan mobil mpv irit bbm masih jadi salah satu segmen dengan peminat yang tinggi di ranah pasar otomotif. Memang benar, memilih mobil mpv irit bbm bisa jadi salah satu alternatif. Namun sebenarnya ada cara menghemat bahan bakar yang bisa Anda aplikasikan ke jenis mobil apa saja. Berikut tips menghemat bahan bakar kendaraan yang bisa kamu coba.

Cek Tekanan Angin

Terdengar sepele, tapi tekanan angin pada ban yang kurang bisa menyebabkan konsumsi bahan bakar jadi lebih boros. Hal ini disebabkan tekanan angin yang kurang, akan membuat menyebabkan kinerja ban dan laju mobil jadi lebih berat, inilah yang membuat mesin harus bekerja lebih ekstra. Karenanya tekanan angin dalam ban harus dicek secara berkala, baik ban yang digunakan atau ban cadangan yang tersimpan di bagasi sekalipun. 

Baca Juga : Apa Yang Harus Diperiksa Sebelum Membeli Mobil Keluarga Pertama Anda?

Gunakan AC Dengan Cermat

AC merupakan penunjang kenyamanan saat berkendara, sebab keberadaannya memegang kunci untuk mengatur suhu kabin tetap normal. Perlu diketahui ketika AC dinyalakan maka tenaga mesin akan diambil oleh sistem AC hingga 5 PK untuk menggerakan kompresor dan sistem yang terkait. Supaya penggunaannya lebih efisien, Anda bisa melakukan trik sederhana yaitu membiarkan hawa panas mobil berkurang dulu dengan membuka jendela. Sesaat setelah udara panas berkurang, Anda bisa menyalakan AC. Optimalkan kinerja AC dengan mematikan switch AC saat membutuhkan engine power, misalnya saat melewati jalan menanjak atau memanfaatkan economy mode yang akan membuat beban dari kompresor berkurang.

Periksa Filter Udara

Baca Juga : Perhatikan Gaya Berkendara Pada Jalanan Dengan Medan Ekstrem

Peranan filter udara sangat penting bagi kendaraan, karenanya penting bagi Anda untuk selalu memastikan komponen ini tetap bersih. Sebab filter udara yang tersumbat karena debu dan terlalu yang sudah terlalu kotor akan membuat kinerja mobil jadi semakin berat dan boros bahan bakar. Bersihkan filter udara setiap 2.000-3.000 km atau ganti jika pemakaiannya sudah terlalu lama.

Hindari Membawa Beban Terlalu Berat

Faktor lainnya yang juga berpengaruh pada konsumsi bahan bakar adalah beban bawaan mobil. Terlalu banyak beban yang ada pada mobil akan mempengaruhi pemakaian bahan bakar. Untuk beban seberat 50kg yang diangkut mobil Anda, akan menambah konsumsi bahan bakar sekitar 1-2% untuk setiap beban seberat 50 kg di mobil. Karenanya pastikan Anda membawa barang-barang secukupnya saat bepergian, apalagi saat hendak menempuh jarak jauh. 

Baca Juga : Jangan Sembarangan, Ini Etika Membunyikan Klakson Motor!

Rutin Servis Berkala

Melakukan servis kendaraan secara rutin bisa menghemat penggunaan bahan bakar. Lakukanlah servis setiap jarak tempuh mencapai 5000 km. Dengan rutin servis berkala, Anda akan bisa mendeteksi dini bagian-bagian mobil yang perlu diperbaiki atau diganti sehingga terhindar dari kerusakan parah yang tentunya tak hanya membuat mobil jadi boros bahan bakar tapi juga menguras biaya perbaikan. Lakukan servis berkala mobil Anda hanya di bengkel resmi Suzuki.

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya