Tips & Trik

Engine Mounting: Fungsi, Jenis, dan Tanda Kerusakannya

PUBLISHED DATE : 08 Mei 2021

Engine Mounting

Sisi tersebut akan dikaitkan pada mesin dan membuat getaran tidak tersalurkan pada bodi mobil. 

Dilihat sekilas dari bentuknya, Anda akan dengan mudah membedakan mana tipe modern dan konvensional. 

Kenali Tanda Kerusakan Engine Mounting, Penyebab dan Dampaknya 

Apa yang akan terjadi jika komponen peredam mobil ini rusak? Kerusakan engine mounting bisa terjadi kapan saja, tapi normalnya dalam jangka waktu yang sangat lama. Sebuah hal yang umum jika terjadi kerusakan karena komponen ini memiliki masa pakai. 

Sebagai pemilik kendaraan Anda harus tahu gejala yang dirasakan ketika komponen ini rusak. Kenali juga apa penyebab dan akibatnya pada mesin mobil jika kerusakan tidak segera diperbaiki. 

Tanda-Tanda Engine Mounting yang Rusak

Anda bisa dengan mudah untuk mendeteksi gejala yang terjadi ketika muncul kerusakan pada peredam getaran mobil ini. Jika beberapa tanda ini muncul harap segera memperbaikinya agar tidak terjadi kerusakan yang berkepanjangan. 

    1. Getaran akan Terasa Lebih Kencang

Mengingat fungsinya untuk meredam getaran, maka tanda yang pertama dirasakan adalah mobil akan terasa seperti menghentak. Hal ini akan Anda rasakan ketika pertama kali menyalakan mobil. Jika biasanya tidak terasa getaran kini sangat mengganggu. 

Baca Juga : Ini Efek Membersihkan Karburator Pakai Bensin

Anda bisa mencobanya ketika mobil berada di posisi stasioner. Seharusnya tidak muncul getaran ketika mesin mulai dinyalakan. Kini Anda akan merasa getaran yang lebih keras.

    2. Terdengar Bunyi dari Bagian Mesin

Tanda selanjutnya yang bisa dideteksi adalah munculnya bunyi. Suara ini berasal dari mesin mobil bukan dari bawah dan terdengar seperti ‘’klotok-klotok’’. Bunyi akan semakin keras ketika kecepatan kendaraan diturunkan. 

Tak hanya itu, bunyi juga semakin kencang ketika Anda sedang mengendarai di area jalanan yang buruk dan bukan aspal. Saat pertama kali distarter mesin juga akan menghasilkan bunyi yang mengganggu. 

Apabila kasusnya sudah mengeluarkan bunyi yang sangat kencang dan parah, artinya ada beberapa komponen yang rusak. 

    3. Posisi Mesin yang Mulai Berubah Miring

Berada sebagai dudukan mesin, apabila engine mounting sudah rusak maka posisi mesin juga akan berubah. Jika biasanya mesin sejajar atau datar, kini posisinya akan miring cenderung menurun. 

Penyebab Munculnya Kerusakan

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya