Tips & Trik

Di Rumah Juga Bisa, Begini Cara Cuci Helm Yang Praktis

PUBLISHED DATE : 28 Januari 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/129922557_s.jpg

Mencuci helm adalah hal yang sering disepelekan dan diabaikan, padahal ini sangat penting. Bahkan, cara cuci helm pun tampaknya belum banyak dipahami. 

Helm merupakan perlengkapan yang krusial dan harus dipakai saat berkendara. Untuk Anda yang senang bepergian menggunakan sepeda motor, maka kebersihan helm perlu diperhatikan. Berikut ini cara cuci helm yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kebersihan helm kesayangan Anda.

Apa Pentingnya Merawat Helm?

Helm adalah perangkat keamanan dalam berkendara. Helm bisa dipakai lebih dari sekali dalam sehari. Bisa Anda bayangkan bukan bagaimana kondisi helm dengan intensitas pemakaian hampir setiap hari, namun perawatan yang dilakukan tidak maksimal?

Baca Juga : 7 Cara Mudah Menabung untuk Beli Mobil Baru

Selain kotor, kuman akan mudah menempel pada helm Anda. Selain dua faktor tersebut berikut ini alasan kenapa helm penting untuk dirawat.

  • Untuk Mencegah Berkembangnya Kuman Di Kepala

Helm yang jarang dicuci apalagi ketika terkena hujan, akan memunculkan kuman atau jamur pada bagian busa helm. Jika terus dibiarkan, maka jangan heran apabila kulit kepala terkena ketombe atau bau apek yang mengganggu.

  • Mencegah Kerusakan Helm

Helm yang sering lembab karena terkena air hujan atau faktor lainnya apabila tidak segera dicuci dan dikeringkan akan menyebabkan kerusakan pada helm. Pastikan helm Anda selalu kering meskipun tidak terpakai.

  • Menghindari Iritasi Pada Kulit

Baca Juga : Mengenal Teknologi Smart Hybrid Pada Suzuki Ertiga

Helm yang jarang dicuci adalah tempat yang disukai oleh kuman. Aktivitas di luar ruangan menyebabkan debu mudah sekali menempel pada helm. Karena itulah banyak pengendara sepeda motor mengeluhkan mengalami gatal atau iritasi pada kulit, leher, atau kepala. 

Cara Mudah Dan Praktis Cuci Helm Di Rumah

Mencuci helm di rumah selain bisa menghemat biaya, manfaat lainnya yang tidak kalah penting adalah Anda dapat memastikan helm telah dicuci dengan bersih. Yuk ikuti langkah-langkah cuci helm di rumah seperti berikut ini.

  • Bersihkan Bagian Kaca Helm

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan bagian kaca helm. Untuk mempermudah proses membersihkan kaca, terlebih dahulu Anda harus melepas kaca helm (visor). Membersihkan kaca helm yang tidak dilepas bisa membuat kaca helm tidak bersih maksimal.

Baca Juga : Masalah Pada Mobil Yang Sering Kena Macet

Apabila helm Anda memiliki busa maka Anda bisa melepas busa ini setelah Anda melepas kaca helm. Namun jangan melepas busa apabila helm Anda tidak dilengkapi dengan sistem “removable padding”. Melepas busa yang tidak memiliki sistem tersebut malah akan membuat helm rusak.

  • Rendam Busa, Lalu Cuci Dilanjutkan Dengan Menjemur

Setelah proses pembersihan kaca dan busa telah dilakukan, langkah selanjutnya adalah mencuci busa helm. Cuci busa menggunakan air sabun. Agar kotoran pada busa bisa dibersihkan lebih mudah Anda perlu merendam busa menggunakan air sabun selama kurang lebih 30 menit.

Saat proses perendaman sudah selesai, Anda bisa langsung menyikat busa helm menggunakan sikat yang lembut. Bulu sikat yang lembut penting digunakan agar busa tidak rusak sehingga awet digunakan. Pastikan untuk membilas busa setelah selesai menyikat busa.

Selanjutnya, Anda bisa kembali merendam busa menggunakan pewangi pakaian. Rendam selama 10 menit. Perendaman dilakukan agar ketika helm sudah dipakai kembali tidak cepat mengeluarkan bau apek. Opsi ini bisa dilewati apabila Anda tidak menyukai bau wewangian dari pewangi pakaian.

Apabila perendaman dengan pewangi sudah selesai, peras busa dengan perlahan agar tidak rusak lalu segera jemur di bawah sinar matahari. Pastikan menjemur busa di sinar matahari yang terik agar busa bisa kering menyeluruh.

  • Bersihkan Kaca Kemudian Cuci Bagian Luar Helm

Ambil lap bersih lalu Anda bisa menyeka bagian luar helm menggunakan lap tersebut. Gunakan kain lap yang lembut agar kaca tidak mengalami goresan. Meski sepele, goresan dapat membuat tampilan kaca Anda menjadi kurang indah.

Apabila kaca telah bersih maksimal, gunakan wax untuk membersihkan kaca helm. Wax bermanfaat untuk membuat kaca kembali bening. Selanjutnya Anda bisa berpindah untuk membersihkan bagian luar helm.

Tidak seperti saat membersihkan bagian kaca dan busa, bagian luar helm lebih mudah saat dibersihkan. Anda hanya cukup mencuci bagian luar helm dengan air bersih. Air bersih saja sudah cukup untuk mencuci bagian luar helm agar cat dan stiker pada helm tidak mengelupas.

Jika sudah kering, oleskan wax pada bagian luar helm agar kembali mengkilap. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan merk wax yang disukai.

  • Lakukan Pemasangan Ulang

Setelah proses pencucian di atas selesai dan semua ornamen dipastikan telah kering, selanjutnya Anda dapat melakukan pemasangan setiap bagian helm. Pasang dengan hati-hati agar tidak ada bagian yang lecet apalagi rusak.

Pastikan pula setiap bagian telah terpasang dengan baik, dan jangan sampai ada bagian yang terlewat tidak Anda pasang. Jadi, pastikan Anda memasang seluruh ornamen ya.

  • Semprot Helm Menggunakan Pewangi

Setelah seluruh proses di atas selesai, langkah terakhir untuk melakukan pencucian helm adalah memberikan pewangi. Pilih pewangi yang mengandung anti kuman (desinfektan) supaya selain bisa meminimalisir bau juga bisa membunuh kuman yang menempel pada helm.

Pilih wewangian yang segar dan cepat meresap. Jangan menggunakan wewangian dengan tekstur yang sulit meresap karena akan membuat busa helm semakin lembab. Jika perlu, Anda bisa kembali mengeringkan helm sebentar setelah disemprot dengan wewangian.

  • Cuci Helm Secara Teratur Untuk Pemakaian Yang Nyaman

Membiasakan diri untuk cuci helm dengan benar dan rutin akan bermanfaat bagi pengendara sepeda motor. Cucilah helm Anda maksimal 2x dalam sebulan. Meskipun helm mudah kotor dan ditempeli kuman namun mencuci helm terlalu sering juga tidak disarankan.

Helm yang dicuci dengan intensitas yang berlebihan hanya akan membuat helm Anda cepat rusak. Untuk perawatan harian, cukup pastikan helm Anda selalu dalam kondisi kering dan tidak lembab.

112243625_s

Fungsi Helm Bagi Pengendara Sepeda Motor

Setelah mengetahui manfaat merawat helm dan bagaimana cara cuci helm di rumah, melalui penjelasan berikut Anda dapat mengetahui fungsi helm bagi pengendara.

  • Alat Pelindung Kepala

Pertama, helm merupakan alat pelindung kepala yang wajib dipakai saat berpergian baik jarak dekat dan jarak jauh.

  • Melindungi Mata

Penggunaan helm bisa melindungi mata dari angin maupun debu jalanan. Dengan menggunakan helm juga dapat menghindarkan mata dari benturan atau terkena benda tajam lainnya saat berkendara.

  • Melindungi dari Sinar Matahari

Helm dapat melindungi kepala Anda dari panasnya sinar matahari. Bagi sebagian orang, terkena sinar matahari dapat menyebabkan pusing, karena itu memakai helm saat siang hari bermanfaat untuk mengatasi hal ini.

  • Sarana Untuk Mematuhi Aturan Lalu Lintas

Menggunakan helm saat berkendara sama artinya dengan Anda mematuhi peraturan lalu lintas. Selain aman di jalan Anda juga tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu terjadi operasi tilang di jalan raya. Pastikan Anda menggunakan helm yang telah memenuhi standar SNI.

  • Melindungi dari Guyuran Air Hujan

Fungsi dari penggunaan helm yang lain adalah untuk melindungi kepala terguyur air hujan. Meski bisa menggunakan mantel saat hujan, namun jika kepala tidak terlindungi maka resiko untuk terkena flu akan lebih besar.

Berita Lainnya