Tips & Trik

Di Rumah Juga Bisa, Begini Cara Cuci Helm Yang Praktis

PUBLISHED DATE : 28 Januari 2021

129922557 S

Helm yang jarang dicuci apalagi ketika terkena hujan, akan memunculkan kuman atau jamur pada bagian busa helm. Jika terus dibiarkan, maka jangan heran apabila kulit kepala terkena ketombe atau bau apek yang mengganggu.

  • Mencegah Kerusakan Helm

Helm yang sering lembab karena terkena air hujan atau faktor lainnya apabila tidak segera dicuci dan dikeringkan akan menyebabkan kerusakan pada helm. Pastikan helm Anda selalu kering meskipun tidak terpakai.

  • Menghindari Iritasi Pada Kulit

Helm yang jarang dicuci adalah tempat yang disukai oleh kuman. Aktivitas di luar ruangan menyebabkan debu mudah sekali menempel pada helm. Karena itulah banyak pengendara sepeda motor mengeluhkan mengalami gatal atau iritasi pada kulit, leher, atau kepala. 

Cara Mudah Dan Praktis Cuci Helm Di Rumah

Mencuci helm di rumah selain bisa menghemat biaya, manfaat lainnya yang tidak kalah penting adalah Anda dapat memastikan helm telah dicuci dengan bersih. Yuk ikuti langkah-langkah cuci helm di rumah seperti berikut ini.

  • Bersihkan Bagian Kaca Helm

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan bagian kaca helm. Untuk mempermudah proses membersihkan kaca, terlebih dahulu Anda harus melepas kaca helm (visor). Membersihkan kaca helm yang tidak dilepas bisa membuat kaca helm tidak bersih maksimal.

Baca Juga : AC Mobil Mati Hidup? Ini Penyebabnya!

Apabila helm Anda memiliki busa maka Anda bisa melepas busa ini setelah Anda melepas kaca helm. Namun jangan melepas busa apabila helm Anda tidak dilengkapi dengan sistem “removable padding”. Melepas busa yang tidak memiliki sistem tersebut malah akan membuat helm rusak.

  • Rendam Busa, Lalu Cuci Dilanjutkan Dengan Menjemur

Setelah proses pembersihan kaca dan busa telah dilakukan, langkah selanjutnya adalah mencuci busa helm. Cuci busa menggunakan air sabun. Agar kotoran pada busa bisa dibersihkan lebih mudah Anda perlu merendam busa menggunakan air sabun selama kurang lebih 30 menit.

Saat proses perendaman sudah selesai, Anda bisa langsung menyikat busa helm menggunakan sikat yang lembut. Bulu sikat yang lembut penting digunakan agar busa tidak rusak sehingga awet digunakan. Pastikan untuk membilas busa setelah selesai menyikat busa.

Selanjutnya, Anda bisa kembali merendam busa menggunakan pewangi pakaian. Rendam selama 10 menit. Perendaman dilakukan agar ketika helm sudah dipakai kembali tidak cepat mengeluarkan bau apek. Opsi ini bisa dilewati apabila Anda tidak menyukai bau wewangian dari pewangi pakaian.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Mengisi Bensin

Hati-Hati! Ini Dampak Bensin Basi

Apakah bensin bisa basi? Ya, ternyata bensin juga bisa basi atau kadaluarsa. Namun, yang dimaksud bensin basi tentu berbeda dengan definisi basi pada makanan atau minuman. Salah sa...

selengkapnya