Tips & Trik

Cek Berkala Kaki-Kaki Mobil Usai Perjalanan Jauh

PUBLISHED DATE : 09 Juli 2019

Cek Berkala Kaki Kaki Mobil Usai Perjalanan Jauh

Saat mudik kemarin, mobil dipakai untuk menempuh perjalanan yang panjang dan salah satu komponen yang tak boleh luput dari perhatian agar kondisi mobil tetap maksimal adalah kaki-kaki mobil. Kenapa komponen ini butuh perhatian khusus selepas mobil dipakai mudik?

Karena komponen mobil yang satu inilah yang sudah bekerja ekstra kerasa dalam menopang bodi mobil dengan kondisi medan jalan yang bermacam-macam saat dipakai mudik lebaran. Jadi kemungkinan adanya kerusakan cukup besar dan ada baiknya untuk segera dicek kondisinya selepas mudik lebaran.

Pengecekan kaki-kaki dilakukan semuanya mulai dari shockbreaker, tierod, balljoint, bushing-bushing, sampai ke bagian bearing. Contohnya, shockbreaker. Kualitas Shockbreaker mungkin menurun daya redamnya jika terus-menerus dipaakai di jalan rusak atau berbatu.

Komponen kecil dari bagian kaki-kaki yang tidak kalah penting untuk dicek kondisinya adalah bushing. Salah satu tanda bushing yang rusak adalah adanya suara berdecit ketika mobil dikendarai. Suara berdecit ini mungkin karena bushing sudah retak.

Baca Juga : Segera Cek! Ini Tanda Air Radiator Mobil Habis & Bahayanya

Untuk ball joint dan tierod, gejala kerusakan umumnya akan mengeluarkan suara berisik, mobil tidak bisa berjalan dengan lurus karena setir sering terasa tertarik kanan-kiri dan jika dibiarkan akan menyebabkan ban habis sebagian.

Selain sebaiknya dicek setelah melakukan perjalanan jauh, kaki-kaki juga disarankan untuk dicek setiap enam bulan sekali. Dicek di mana? Sudah pasti di bengkel resmi Suzuki. Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan bengkel resmi Suzuki terdekat, silakan klik link ini atau telepon Halo Suzuki di 0800 1100 800 (bebas pulsa).

Berita Lainnya