Tips & Trik

Cat Body Motor: Proses, Fungsi dan Tips Merawatnya

PUBLISHED DATE : 29 September 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/cat_motor.jpg

Cat body motor kini banyak dilakukan untuk membuat warna motor kembali menarik. Hal ini akan melalui proses tertentu dan dirawat dengan baik setelahnya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika hendak memilih sesuatu banyak orang melihat berdasarkan hal yang pertama dilihat atau tampak. Salah satunya ketika ingin membeli sebuah motor. Tidak sedikit dari Anda yang mungkin tertarik karena warna cat body motornya yang pertama terlihat.

Oleh sebab itu, apabila memiliki motor yang sudah cukup lama tentu warnanya juga akan sedikit memudar. Untuk mengatasi hal tersebut, banyak orang yang melakukan pengecatan ulang pada motor agar tampak menarik. Selain itu, penggunanya juga akan merasa tertarik untuk mengendarai motornya.

Baca Juga : Penyebab Tenaga Motor Seperti Tertahan dan Cara Mengatasinya

Fungsi Cat Body Motor

Cat ulang body motor atau yang biasa disebut dengan istilah repaint ini memiliki beberapa fungsi. Diantaranya adalah untuk membuat warna yang sudah kusam terlihat baru dan menarik lagi. Selain itu, cat body motor ini juga berfungsi untuk menyamarkan baret-baret yang ada pada bagian motor Anda.

Tidak sedikit juga orang yang melakukan hal tersebut untuk memodifikasi motor yang dimilikinya. Pada dasarnya, fungsi dari mengecat body motor ini adalah untuk membuat tampilan motor Anda yang warnanya sudah tidak menarik menjadi terlihat bagus lagi seperti baru.

Baca Juga : Ini Dia Cara Mengendarai Motor Kopling yang Benar

Cara Merawat Cat Body Motor Agar Awet

Bagi Anda yang memiliki motor, sebaiknya perhatikan juga bagaimana cara merawat cat body motornya agar tetap awet dan terlihat bagus seperti baru. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk merawat cat motor tersebut agar warnanya lebih tahan lama.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah rajin mencuci motor minimal seminggu sekali dan bisa juga menggunakan pengkilap khusus cat untuk motor. Usahakan yang tidak mengandung zat kimia. Selain itu, usahakan agar motor Anda selalu berada di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Baca Juga : Harus Rajin, Ini Penyebab Oli Motor Cepat Habis

Selanjutnya, hal yang juga perlu Anda lakukan adalah langsung mencuci motor apabila terkena air hujan. Hal tersebut dikarenakan debu yang tersisa dari air hujan dapat menyebabkan baret pada body motor Anda. Oleh sebab itu, cat pada body motor Anda pun akan terlihat kusam dan tidak menarik.

Memiliki motor yang mengkilap memang menjadi dambaan banyak orang, bukan? Tapi tahukah Anda bahwa untuk merawat cat pada body motor Anda tidak dianjurkan untuk memolesnya terlalu sering. Cukup lakukan sekedarnya secara rutin sesuai waktu yang telah ditentukan.

cat_body_motor

Proses Cat Body Motor

Sebagaimana diketahui untuk mendapatkan sebuah hasil dari apapun yang diinginkan harus melalui proses terlebih dahulu. Sama hal nya apabila Anda ingin mengecat body motor yang warnanya sudah memudar dan tidak menarik lagi saat dipandang.

Ada beberapa proses yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil dari cat body motor yang memuaskan. Oleh sebab itu, Anda tidak bisa sembarangan maupun asal semprot karena hasil yang didapat akan kurang memuaskan.

Dalam mengecat body motor, proses pertama yang harus dilakukan adalah mengelupas striping asli dari motor bawaan pabrik. Kemudian, Anda harus menghilangkan cat lama dari motor tersebut. Untuk menghilangkannya Anda dapat menggunakan gerinda hampelas hingga tampak warna plastiknya.

Setelah itu, lakukan cat epoxy dan pendempulan. Apabila telah selesai, Anda dapat mulai melapisinya dengan cat dasar dan mengecat motor menggunakan warna yang sesuai aslinya. Setelah semua selesai, Anda harus melakukan proses terakhir yaitu memasang striping dan melakukan pernis.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya