Tips & Trik

Ayo Mengenal Lebih Dekat Apa itu Kapal

PUBLISHED DATE : 27 Oktober 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/35340960_s.jpg

Kapal adalah kendaraan air dengan jenis dan bentuk tertentu yang mengangkut penumpang dan barang melalui perairan menuju kawasan atau pulau tertentu

Dalam kehidupan, setiap orang sudah tidak asing lagi dengan laut. Wilayah dengan porsi 2/3 Bumi ini banyak dimanfaatkan kekayaan alamnya.

Sejak zaman dahulu, nenek moyang telah memakai kapal laut untuk mengarunginya. Kapal adalah kendaraan pengangkut untuk menyebrangi laut.

Baca Juga : Pelabuhan: Pengertian, Fungsi dan Manfaat

Menurut sejarah, kapal menjadi kendaraan utama pada saat penjelajahan samudera. Kapal juga sangat berperan dalam perjalanan menyeberangi pulau, khususnya sebelum ada pesawat terbang. Nah, untuk mengenal lebih dekat tentang kapal laut, berikut ini uraian lengkapnya untuk Anda.

Pengertian Kapal

Kapal adalah kendaraan air dengan jenis dan bentuk tertentu yang mengangkut penumpang dan barang melalui perairan menuju kawasan tertentu. Katakanlah misalnya seperti menyeberang pulau, mengantar barang melalui jalur laut, maupun digunakan sebagai komponen dalam pasar apung.

Di samping istilah kapal, Anda pasti tidak asing lagi dengan kata perahu. Lalu, apa bedanya kapal dengan perahu? Dari bentuknya, kapal jauh lebih besar daripada perahu. Kapal bisa mengangkut beberapa perahu kecil. Biasanya perahu seperti ini dipakai dalam kondisi mendesak.

Baca Juga : Ayo Mengenal Jangkar Kapal dan Apa Saja Jenisnya

Jadi, tidak bisa disamakan antara kapal dengan perahu. Meskipun sama-sama kendaraan laut yang digunakan untuk berlayar, bentuk dan tujuan keduanya berbeda. Hal ini tergantung kebutuhan barang bawaan. Semakin banyak barang yang dibawa, pelaut akan memilih memakai kapal.

39561595_s

Sejarah Kapal

Dari pengertian kapal dan pengenalan kendaraan tersebut, kira-kira bagaimana sejarah adanya kapal? Bagaimana pula pelaut zaman dahulu bisa memanfaatkan teknologi sederhana ini pada masanya?

Baca Juga : Mengenal Pengertian dan Dasar Stabilitas Kapal

Hal ini tentu juga sangat menarik untuk diketahui. Sejak berabad-abad yang lalu manusia telah mengenal kapal atau perahu.

Laut yang memang menjadi tantangan ternyata sejak masa itu, namun manusia telah memberanikan diri untuk turun ke laut. Pada akhirnya, bentuk dan jenis kapal laut pun berkembang seiring perkembangan maraknya penjelajahan samudera.

Pada awal penemuannya, kapal laut hanya berbentuk seperti perahu sampan jalur. Kendaraan ini masih bisa dijumpai di sekitar perairan Kalimantan. Manusia pada zaman itu hanya memanfaatkan kayu dengan batang gelagah yang kemudian dirakit dan membentuk perahu.

Cara ini sangat sederhana karena mereka berpikir yang penting dapat mengapung di atas air.

Akhirnya, cara ini berkembang dengan hasil rakitan perahu mereka terus disempurnakan. Kemudian, pada masa penjelajahan samudera sudah dikenal kapal handal yang bisa mengarungi lautan luas.

Penemu Kapal

Kecanggihan teknologi kapal saat ini membuat manusia penasaran, siapa orang pertama yang menciptakan kapal laut. Jawabannya adalah Robert Fulton. Awalnya, Fulton membuat kapal dengan roda kayuh pada tahun 1803. Kapal ini pun berjalan baik saat pertama kali dicoba di Perancis.

Kapal uap yang dibuat oleh seorang berkebangsaan Amerika ini pertama berlayar di Sungai Hudson pada tahun 1807. Kapal yang berlayar saat itu merupakan kapal yang sudah mengalami penyempurnaan. Mesinnya pun dirancang menjadi lebih kuat dan efisien.

Kapal dengan teknologi uap inilah yang menjadi awal lahirnya kapal modern sebenarnya. Selanjutnya, kapal laut terus dikembangkan oleh ahli teknik yang mulai naik daun setelah mengenalkan teknologi yang diciptakannya. Hal ini didukung akan kebutuhan kapal yang saat itu kian penting.

Perlengkapan dalam Kapal

Perlengkapan berupa alat-alat tertentu adalah salah satu bagian penting yang ada dalam kapal. Komponen ini dimiliki setiap kapal untuk mendukung pelayaran. Alat atau perlengkapan kapal dapat dibagi menjadi empat jenis, sebagai berikut.

  • Alat Navigasi

Alat navigasi adalah seperangkat alat yang berguna untuk menunjukkan arah kapal selama berlayar. Alat ini terdiri atas kompas, radar, sonar, klinometer, hydrometer, barometer, dan fish finder/echo finder.

  • Alat penolong

Alat penolong merupakan alat yang berfungsi sebagai pelindung para penumpang kapal. Alat penolong terdiri atas rakit kembung, sekoci, rompi penolong atau baju renang, dan alat pelempar tali.

  • Alat Pemadam Kebakaran

Alat pemadam kebakaran adalah alat yang berguna untuk menjamin keamanan kapal selama berlayar. Alat pemadam ini meliputi hydrant, dry chemical, water pressure, selang pemadam, dan sebagainya.

  • Perlengkapan Umum Lainnya

Perlengkapan lain yang dimaksud disini diantaranya seperti alat berlabuh jangkar, sarana tambat labuh, dan sejumlah alat untuk memudahkan pengangkatan beban.

Jenis-Jenis Kapal

Berbicara tentang perkembangan teknologi kapal, sebenarnya kapal laut seperti apa saja yang pernah dibuat?  Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, berikut ini jenis-jenis kapal laut yang perlu Anda ketahui.

  • Kapal Dayung

Kapal Dayung adalah kapal yang masih memanfaatkan tenaga manusia sebagai penggeraknya.

Kapal ini masih sering ditemui pada perairan atau sungai-sungai dangkal tempat wisata. Biasanya, terdapat pengendali kapal sebagai pendayung yang menjaga para penumpang.

  • Kapal Layar

Kapal layar adalah kapal yang memanfaatkan layar atau angin sebagai tenaga penggeraknya. Kapal layar bisa ditemui di Indonesia sebagai perahu bercadik.

Namun, seiring berjalannya waktu, kapal ini dilengkapi dengan mesin tempel untuk meminimalisir pergerakan angin yang terlalu kencang.

  • Kapal Nuklir

Kapal nuklir adalah kapal yang menggunakan bahan bakar nuklir. Jenis kapal ini sangat jarang digunakan karena memang berbahaya.

Bahkan, yang sering dikenal sebagai senjata paling berbahaya adalah bom berbahan nuklir sehingga bisa dikatakan bahwa kapal ini cukup menakutkan.

  • Kapal Diesel

Jenis kapal diesel  ini dikenal juga sebagai kapal motor. Kapal ini digerakkan dengan mesin diesel. Biasanya yang digunakan adalah mesin diesel 4 langkah, tetapi ada juga kapal yang menggunakan mesin diesel 2 langkah.

  • Kapal Selam

Kapal selam merupakan kapal yang digunakan untuk mengarungi bawah laut. Biasanya, kapal selam digunakan untuk kepentingan menelusuri laut dalam atau bisa juga untuk kepentingan militer. Sementara itu, pada zaman dahulu, kapal selam berperan penting sebagai kekuatan utama angkatan laut.

  • Kapal Tanker

Kapal tanker adalah salah satu jenis kapal yang digunakan untuk mengangkut minyak. Adapun jenis kapal tanker utama yang biasa dimanfaatkan adalah kapal tanker minyak, tanker LNG, dan tanker kimia.

  • Kapal Pesiar

Kapal pesiar adalah kapal yang sering digunakan dalam tujuan wisata. Kapal ini dilengkapi dengan perlengkapan yang membuat penumpang nyaman menikmati pemandangan laut.

Jenis kapal ini bisa saja dilengkapi penginapan seperti hotel berbintang. Hal ini karena waktu berlayarnya biasanya cukup lama.

  • Kapal Container

Kapal container adalah jenis kapal yang berguna untuk mengangkut peti. Peti kemas yang biasanya diangkut dengan kapal container adalah peti berukuran standar. Cara memasukkan peti ini biasanya menggunakan derek.

  • Kapal Barang

Ini adalah jenis kapal yang digunakan untuk mengangkut berbagai jenis barang. Jenis barangnya sendiri merupakan barang-barang perdagangan internasional. Kapal barang bergerak dari pelabuhan satu ke pelabuhan lain setiap jangka waktu tertentu.

  • Kapal Ferry

Kapal ferry merupakan jenis kapal yang bisa mengangkut kendaraan berjalan. Kapal ferry biasa disebut juga kapal ro-ro. Jenis kapal ini memiliki pintu rampa yang memudahkan mobilitas kendaraan yang akan diangkut ke dalam kapal.

Setelah mengetahui uraian tersebut, ternyata kapal sangat banyak ya jenisnya. Tidak hanya itu, cerita singkat tentang sejarah kapal juga menarik bukan? Dengan adanya kapal, mobilitas penduduk  maupun barang melalui jalur laut kini lebih mudah.

Berita Lainnya