Tips & Trik

Ayo Mengenal Lebih Dekat Apa itu Kapal

PUBLISHED DATE : 27 Oktober 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/35340960_s.jpg

Perlengkapan berupa alat-alat tertentu adalah salah satu bagian penting yang ada dalam kapal. Komponen ini dimiliki setiap kapal untuk mendukung pelayaran. Alat atau perlengkapan kapal dapat dibagi menjadi empat jenis, sebagai berikut.

  • Alat Navigasi

Alat navigasi adalah seperangkat alat yang berguna untuk menunjukkan arah kapal selama berlayar. Alat ini terdiri atas kompas, radar, sonar, klinometer, hydrometer, barometer, dan fish finder/echo finder.

  • Alat penolong

Alat penolong merupakan alat yang berfungsi sebagai pelindung para penumpang kapal. Alat penolong terdiri atas rakit kembung, sekoci, rompi penolong atau baju renang, dan alat pelempar tali.

  • Alat Pemadam Kebakaran

Alat pemadam kebakaran adalah alat yang berguna untuk menjamin keamanan kapal selama berlayar. Alat pemadam ini meliputi hydrant, dry chemical, water pressure, selang pemadam, dan sebagainya.

  • Perlengkapan Umum Lainnya

Perlengkapan lain yang dimaksud disini diantaranya seperti alat berlabuh jangkar, sarana tambat labuh, dan sejumlah alat untuk memudahkan pengangkatan beban.

Jenis-Jenis Kapal

Berbicara tentang perkembangan teknologi kapal, sebenarnya kapal laut seperti apa saja yang pernah dibuat?  Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, berikut ini jenis-jenis kapal laut yang perlu Anda ketahui.

  • Kapal Dayung

Kapal Dayung adalah kapal yang masih memanfaatkan tenaga manusia sebagai penggeraknya.

Kapal ini masih sering ditemui pada perairan atau sungai-sungai dangkal tempat wisata. Biasanya, terdapat pengendali kapal sebagai pendayung yang menjaga para penumpang.

  • Kapal Layar

Kapal layar adalah kapal yang memanfaatkan layar atau angin sebagai tenaga penggeraknya. Kapal layar bisa ditemui di Indonesia sebagai perahu bercadik.

Namun, seiring berjalannya waktu, kapal ini dilengkapi dengan mesin tempel untuk meminimalisir pergerakan angin yang terlalu kencang.

  • Kapal Nuklir

Kapal nuklir adalah kapal yang menggunakan bahan bakar nuklir. Jenis kapal ini sangat jarang digunakan karena memang berbahaya.

Bahkan, yang sering dikenal sebagai senjata paling berbahaya adalah bom berbahan nuklir sehingga bisa dikatakan bahwa kapal ini cukup menakutkan.

  • Kapal Diesel

Jenis kapal diesel  ini dikenal juga sebagai kapal motor. Kapal ini digerakkan dengan mesin diesel. Biasanya yang digunakan adalah mesin diesel 4 langkah, tetapi ada juga kapal yang menggunakan mesin diesel 2 langkah.

  • Kapal Selam

Kapal selam merupakan kapal yang digunakan untuk mengarungi bawah laut. Biasanya, kapal selam digunakan untuk kepentingan menelusuri laut dalam atau bisa juga untuk kepentingan militer. Sementara itu, pada zaman dahulu, kapal selam berperan penting sebagai kekuatan utama angkatan laut.

  • Kapal Tanker

Kapal tanker adalah salah satu jenis kapal yang digunakan untuk mengangkut minyak. Adapun jenis kapal tanker utama yang biasa dimanfaatkan adalah kapal tanker minyak, tanker LNG, dan tanker kimia.

  • Kapal Pesiar

Kapal pesiar adalah kapal yang sering digunakan dalam tujuan wisata. Kapal ini dilengkapi dengan perlengkapan yang membuat penumpang nyaman menikmati pemandangan laut.

Jenis kapal ini bisa saja dilengkapi penginapan seperti hotel berbintang. Hal ini karena waktu berlayarnya biasanya cukup lama.

  • Kapal Container

Kapal container adalah jenis kapal yang berguna untuk mengangkut peti. Peti kemas yang biasanya diangkut dengan kapal container adalah peti berukuran standar. Cara memasukkan peti ini biasanya menggunakan derek.

  • Kapal Barang

Ini adalah jenis kapal yang digunakan untuk mengangkut berbagai jenis barang. Jenis barangnya sendiri merupakan barang-barang perdagangan internasional. Kapal barang bergerak dari pelabuhan satu ke pelabuhan lain setiap jangka waktu tertentu.

  • Kapal Ferry

Kapal ferry merupakan jenis kapal yang bisa mengangkut kendaraan berjalan. Kapal ferry biasa disebut juga kapal ro-ro. Jenis kapal ini memiliki pintu rampa yang memudahkan mobilitas kendaraan yang akan diangkut ke dalam kapal.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya