Tips & Trik

Apa yang Sebabkan Ban Mobil Mudah Pecah?

PUBLISHED DATE : 18 Desember 2019

Apa Yang Sebabkan Ban Mobil Mudah Pecah

Pecah ban adalah salah satu penyebab utama kecelakaan di jalan raya dan karena itulah kita sebagai pemilik kendaraan harus cari tahu apa saja yang menjadi penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya, otomatis kita akan bisa lebih tahu bagaimana mencegahnya. Apa saja penyebab ban mobil mudah pecah?

1. Tekanan angin pada ban kurang

Baca Juga : Electronic Fuel Injection: Komponen & Kelebihannya

Anggapan ban akan atau berisiko meledak ketika tekanan anginnya berlebih cuma mitos belaka. Kenapa? Karena ketika tekanan angin pada ban berlebih, dinding ban hanya akan berada pada posisi tegang. Walaupun ada penambahan tekanan hingga 10 psi, tak akan sanggup membuat ban menjadi pecah.

Tetapi, jika ban kekurangan tekanan angin, hal berbeda yang akan terjadi. Ban yang kurang angin bisa menjadi penyebab utama ban mudah pecah. Kenapa? Karena pergerakan dinding ban yang begitu sering, bisa membuat kawat baja menjadi mudah putus saat ban kekurangan tekanan angin. Gerakan dinding ban yang begitu sering inilah yang bisa membuat ban mudah pecah ketika melaju di jalanan, khususnya saat dipacu dalam kecepatan tinggi.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya