Tips & Trik

8 Cara Merawat Interior Mobil agar Nyaman dan Awet

PUBLISHED DATE : 21 September 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/29__sx4_scross_(1).jpg

Anda bisa berkendara dengan nyaman bukan hanya dari segi mesin mobil yang prima tetapi juga kabin selalu bersih. Membersihkan interior mobil bukan hanya membawa kenyamanan tetapi Anda yang menggunakannya juga terjaga kesehatannya. 

Komponen yang ada dalam interior pun akan terjaga keawetannya. Hanya saja Anda perlu tahu bagaimana cara merawat interior mobil yang benar. Mengingat setiap komponennya sangat bervariasi sehingga cara membersihkannya pun bisa berbeda-beda. 

Berikut ini beberapa cara merawat yang benar untuk Anda ikuti dengan mudah. 

  • Membersihkan Plafon Mobil 

Baca Juga : Nyetir Mobil Saat Hujan? Wajib Perhatikan Hal Ini

Plafon mobil dibuat dilapisi dengan berbagai jenis bahan seperti beludru atau fabric. Masing-masing bahan membutuhkan cara perawatan yang berbeda. Jika plafon menggunakan bahan jenis fabric, maka Anda harus menggunakan bahan pembersih interior mobil khusus. 

Bahan pembersih juga tidak langsung disemprotkan melainkan menggunakan kain yang seratnya halus. Baru gunakan untuk lap seluruh area plafon secara searah. Anda bisa menggosok secara perlahan sampai debu dan kotoran menghilang. 

Sedangkan untuk plafon berbahan beludru Anda perlu menggunakan air terlebih dahulu. Gosok plafon perlahan dengan kain lap yang dibasahi air sampai bersih. Jangan langsung menggunakan air karena akan membuat lapisan bludru menyerap air dan menjadi bau. 

Baca Juga : Ternyata Segini Estimasi Biaya Tune Up Mobil di Bengkel

Plafon yang menggunakan bahan bludru lebih sulit pembersihannya, oleh karena itu jangan sampai tumbuh noda apalagi jamur. Jamur dapat tumbuh jika Anda salah membersihkan seperti menyemprotkan air dan menggunakan lap yang terlalu basah.

29._sx4_scross__2_

 

  • Cara Merawat Jok Mobil

Baca Juga : Kaca Samping Mobil Susah Turun Naik? Ini Yang Harus Dicek

Bagian yang paling sering digunakan dan perlu perawatan lebih rutin lagi adala jok mobil. Sama seperti plafon, bahan lapisan jok bisa berbeda-beda sehingga cara membersihkannya pun lain. Ada dua tahapan yang bisa dilakukan untuk membersihkannya. 

Pertama Anda bisa membersihkan dengan kemoceng untuk menghilangkan debu kering. Kemudian manfaatkan mesin vakum supaya debu dan kotoran di sela-sela jok dapat terangkat. 

Apabila bagian jok terdapat noda Anda harus membersihkan dengan cairan sabun kemudian menggosok perlahan dan keringkan. Cara ini hanya bisa dilakukan jika jok menggunakan lapisan vinyl. 

Apabila jok mobil menggunakan bahan yang sulit dibersihkan seperti kulit maka Anda harus menyediakan cairan pembersih khusus. Hindari membersihkan jok kulit dengan air deterjen karena akan merusaknya. 

  • Cara Membersihkan Dashboard

Dashboard menjadi komponen penting dalam kabin yang akan menutup area mesin dan berbagai macam kabel sekaligus menyediakan ruang penyimpanan. Meskipun dashboard Anda berwarna hitam, namun kotoran bisa saja menempel. 

Untungnya cara merawat interior mobil khusus bagian dashboard ini tidak terlalu sulit. Untuk debu kering Anda bisa membersihkannya dengan kemoceng. Jika terdapat kotoran yang berkerak bisa dibersihkan dengan kain lap yang dibasahi air hangat. 

Anda juga bisa membersihkan dengan mesin vakum untuk menyedot semua debu kering termasuk pasir. Jangan lupa bersihkan juga bagian setir mobil yang menempel di dashboard. Setir harus selalu dijaga kebersihannya karena mudah terpapar bakteri melalui tangan.  

  • Membersihkan Kaca Jendela Luar Dalam

Tips perawatan mobil selanjutnya adalah untuk bagian kaca. Baik itu kaca depan, samping, bagian luar dan dalamnya harus terus dijaga kebersihannya. Kaca harus dalam kondisi kinclong khususnya bagian depan. 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya