Jaminan Servis Marine

Jaminan (Warranty)

 Penjelasan Umum

PT. SUZUKI INDOMOBIL MOTORselaku Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) untuk produk Outboard Motor, menjamin setiap unit Outboard Motor baru, yang dipasarkan dan disalurkan melalui bagian penjualan, bebas dari ketidaksempurnaan dalam hal material atau proses perakitan dalam batas-batas pemakaian yang wajar.

Jaminan (Warranty) adalah kepastian yang diberikan oleh produsen kepada pelanggan bahwa produk yang dijualnya layak pakai, dengan batasan:

• Pemakaian yang wajar

• Dalam jangka waktu pakai (jam kerja mesin/bulan) dan jarak tempuh tertentu

Dalam hal Ini perlu ditekankan bahwa berlakunya jaminan dibatasi oleh masa pakai dan jarak tempuh atau waktu tempuh yang lazim disebut masa jaminan (Warranty Period), dan bukan umur atau lifetime dari komponen/unit kendaraan.

Selama dalam masa jaminan,pelanggan dapat mengajukan klaim atas unit Outboard Motor yang dimilikinya jika ditemukan kerusakan dan/atau kelainan. Jika klaim tersebut memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, maka SUZUKI dalam hal ini bagian Service OBM dan Bengkel Resmi Suzuki (BeResS) berkewajiban untuk menangani klaim tersebut.


Nilai Tambah

Sistem Warranty Claim ini tidak hanya memberikan jaminan semata kepada pelanggan, tetapi dengan adanya sistem ini dapat diperoleh umpan balik (feedback) mengenai mutu produk dan layanan SUZUKI yang sangat berharga untuk peningkatan mutu dan mencegah timbulnya masalah di kemudian hari.

 

Syarat & Kebijakan berlakunya Jaminan

Ketentuan Umum

Jaminan berlaku jika memenuhi persyaratan dan ketentuan sebagai berikut:

  1. Unit Outboard Motor telah melalui proses PDI and sea trial check sheet.
  2. Unit Outboard Motor masih dalam masa garansi, dimana masa jaminan semua unit Outboard motor SUZUKI adalah:
  • 300 jam atau 6 bulan untuk pemakaian Leisure (hobby)
  • 200 jam atau 3 bulan untuk pemakaian commercial (Nelayan, transportation boat, instansi pemerintah seperti Angkatan Laut, Angkatan Darat,Polisi air, Kehutanan, Kelautan, Bea Cukai dll) 
  1. Dari kedua kondisi pemakaian di atas (jam atau bulan), tentukan mana yang dicapai terlebih dahulu. Odometer (pencatat jarak tempuh kendaraan) difungsikan sebagaimana mestinya. Odometer yang dilepas, diubah ataupun dimodifikasi akan membatalkan jaminan. 

 

Tidak Berlakunya Jaminan

 Jaminan dinyatakan tidak berlaku untuk:

1. Unit yang tidak melaksanakan perawatan sesuai jadual yang telah ditentukan.

2. Kerusakan yang diakibatkan oleh:

  •        Unit tidak dirawat sesuai jadwal perawatan.
  •        Pemakaian suku cadang imitasi dan bukan part asli Suzuki (SGP).
  •       Dilakukan modifikasi/merubah, sehingga spesifikasi unit tidak standar lagi,antara lain       penyetelan/tuning mesin dan karburator.
  •       Unit digunakan untuk perlombaan
  •        Melakukan prosedur perbaikan yang tidak sesuai standar SUZUKI.
  •       Tidak mengganti suku cadang yang bersifat habis pakai pada waktunya.
  •       Penggunaan unit di luar spesifikasi, seperti: dipacu melebihi kecepatan maksimum,           mengangkut penumpang /beban melebihi batas maksimum dsb.

3.   Kerusakan/kegagalan fungsi unit sebagai akibat dari:

•   Kecelakaan yang disebabkan kelalaian pengemudi.

•   Hilangnya suku cadang akibat pencurian.

 

  Tidak Termasuk Dalam Jaminan

 Jaminan tidak meliputi:

  •       Propeller & bush propeller   
  •        Impeller
  •        Zinc anode/zinc protection
  •       Seal oil shaft propeller; Seal oil drive shaft;Seal oil crankshaft

 

PENGAJUAN KLAIM 

Menerima Klaim Pelanggan

Pada saat menerima klaim dari pelanggan, BeResS harus memeriksa klaim tersebut apakah telah memenuhi persyaratan sesuai Warranty Policy dari SUZUKI dan juga form SWA telah diisi dengan lengkap dan benar sesuai keluhan pelanggan dan analisa masalah.

Untuk lebih jelas lagi, saat menerima klaim pastikan syarat-syarat di bawah ini telah dipenuhi:

 

­­SUBJEK

PEMERIKSAAN

Unit

1.   Masih dalam periode jaminan.

2.   Memiliki catatan jadwal perawatan dan melakukan perawatan unit secara berkala.

3.   Unit digunakan untuk pemakaian normal dan bukan untuk balap atau kompetisi.

Penyebab Klaim

4.   Klaim dapat diterima secara nalar/masuk akal

5.   Dasar masalah dapat ditentukan

 

Penjelasan sebagai berikut:

1.   Periode Jaminan

Pastikan tanggal perbaikan unit dan jarak tempuh masih dalam masa jaminan, dihitung dari tanggal penjualan unit.

2.   Riwayat Servis dan Perawatan Unit

Periksa apakah unit dirawat dan dilakukan servis rutin, seperti unit telah di-PDI, dan dilakukan Sea Trial.

·        Jarak tempuh unit (jam) sesuai jika dibandingkan dengan klaim sebelumnya.

·        Periksa masalah klaim sudah pernah terjadi dan berulang. Jika demikian, tuliskan penjelasan pada kolom TROUBLE DESCRIPTION dan kirimkan FTIR (Field Technical Information Report).

3.   Pemakaian

·        Pastikan pelanggan mengendarai unit untuk pemakaian normal sehari-hari.

·        Pastikan bahwa part yang di klaim adalah part yang termasuk dalam jaminan.

·        Pastikan tidak ada kerusakan akibat modifikasi unit.

4.   Klaim Dapat Diterima Secara Nalar/Masuk Akal

Pastikan alasan pengajuan klaim dapat diterima atau masuk akal dan memenuhi persyaratan dalam masa jaminan.

5.   Dasar Masalah

Pastikan informasi yang didapat dari pelanggan jelas masalah dan kondisi saat terjadi, seperti:

·        Masalah terjadi dalam waktu/kondisi tertentu,misalnya tidak berfungsi pada saat hujan, saat akselerasi, dll.

·        Tingkat kerusakan seperti getar, bunyi, karat atau perubahan warna.

 

Pengajuan Klaim

 

 Saat mengajukan klaim,pastikan hal-hal di bawah ini sudah dipenuhi:

 

SUBJEK

PEMERIKSAAN

PENGERJAAN WARRANTY

1.    Kesesuaian metode pekerjaan perbaikan warranty

2.    Pembuktian perbaikan sehingga unit kembali ke kondisi normal

BUKTI PENDUKUNG

3.    Part Klaim

4.    Bukti lain jika dibutuhkan

 

Penjelasan sebagai berikut:

 

1.   Kesesuaian Metode Perbaikan Warranty

Pastikan hal-hal di bawah ini:

·    Pekerjaan warranty yang dilakukan harus sesuai dengan metode perbaikan yang ada dalam Buku Petunjuk dan Pedoman Perbaikan.

·     Perbaikan dilakukan terhadap bagian-bagian yang harus diperbaiki saja dan tidak pada bagian-bagian yang tidak terpengaruh secara fungsi.

·        Suzuki Genuine Part (SGP) harus digunakan jika klaim membutuhkan penggantian part.

 

2.   Pembuktian Perbaikan Hingga Unit Kembali ke Kondisi Normal

Pastikan perbaikan telah selesai dilaksanakan dan sesuai dengan keinginan pelanggan serta secara fungsi unit telah kembali ke kondisi normal dan pastikan pelanggan menanda-tangani form SWA.

 

3.   Suku Cadang

·    Klaim harus dapat dibuktikan dengan part klaim(SUZUKI akan meminta dan memeriksa part klaim jika perlu).

·        Jika ada penggantian part, pastikan klaim tersebut memang hanya dapat diatasi dengan mengganti part dan tidak dapat hanyadi perbaiki atau disetel ulang.

·        Jelaskan part yang harus diganti dimana part tersebut terpasang (seperti kiri, kanan, #1, #2, dll).

·        Part yang diganti adalah part terkecil/sub-assy. Seperti yang ditunjukkan dalam katalog, kecuali atas permintaan SUZUKI untuk part yang berhubungan dengan vendor dan untuk keperluan investigasi.

·        Part klaim harus dikirim ke PT.SIS OBM Service.

 

4.   Bukti Lain Jika Diperlukan

Lengkapi bukti lain yang tersedia jika dibutuhkan oleh SUZUKI untuk analisa masalah dan keputusan klaim seperti: sketsa, photo, kwitansi untuk sublet, dll.

Kami ada untuk melayani Anda

24-hour Road Assistance

Siang dan malam siaga membantu Anda nikmati kenyamanan berkendara selama 24 jam ketika terjadi gangguan atau keadaan darurat di jalan.

Halo Suzuki

Bebas pulsa, 24 jam siap melayani Anda. Hubungi 0800 1100 800

floating-right

Suzuki Genuine Chemical

Jaga kualitas tampilan kendaraan Suzuki Anda dengan chemical treatment secara berkala.

Survey Pelanggan

Kami membutuhkan saran Anda, demi memberikan yang terbaik untuk Anda.

Suzuki Product Quality Update

PT. Suzuki indomobile Sales. selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik.