Berita

Tak Hanya Ekspor, Suzuki Perluas Layanan After Sales Melalui Program ‘ASEAN New Model Training’

PUBLISHED DATE : 06 September 2016

8da87 S26

Sebagai salah satu pemain penting dalam industri otomotif di ASEAN, Indonesia banyak mengekspor produk otomotif, termasuk didalamnya produk Suzuki. Tak hanya mengekspor, PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga fokus pada sisi after sales. Hal tersebut diwujudkan dengan mengadakan program “ASEAN New Model Training” untuk perwakilan distributor Suzuki Motor di kawasan ASEAN. Pelatihan yang diadakan di Suzuki Training Center, Sunter ini diperuntukkan dan diikuti oleh perwakilan 4 negara ASEAN yaitu Thailand, Vietnam, Kamboja dan Filipina, guna memberikan pengetahuan tentang produk terbaru, All New Satria F150.

Para Peserta Dalam ASEAN Training New Model

Program “ASEAN New Model Training” merupakan program pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan perwakilan distributor Suzuki di kawasan ASEAN tentang produk baru Suzuki. Pada program kali ini, pelatihan akan fokus pada produk All New Satria F150 yang menggunakan teknologi injeksi. Terkait dengan program ini, Assist. Department Head Service PT. SIS, Riecky Patrayudha menjelaskan, “Kita ketahui secara produk, All New Satria F150 memiliki keunggulan teknologi dikelasnya, sehingga tak hanya diterima baik di Indonesia, namun juga di mancanegara termasuk ASEAN. Untuk meningkatkan kepuasaan para penggunanya, kami juga menyiapkan dan membekali para distibutor Suzuki dengan keahlian yang dibutuhkan, termasuk para perwakilan distributor di kawasan ASEAN”, ujarnya.

Program yang berlangsung pada tanggal 6 – 8 September 2016 ini juga merupakan bentuk standarisasi layanan after sales Suzuki. Terkait dengan hal itu Riecky menambahkan, “Program ini tentu saja merupakan wujud nyata usaha Suzuki untuk memberikan standar pelayanan after sales yang sama baik di Indonesia maupun kawasan ASEAN. Selain itu, pelaksanaan program yang diadakan di Indonesia menjadi kebanggaan bagi Suzuki Indonesia. Artinya, Suzuki Indonesia telah diakui kualitas dan standarnya untuk memberikan training kepada perwakilan distibutor di kawasan ASEAN”, tambahnya.

Dalam pelatihan ini, para perwakilan distributor dibekali teori serta praktik pembongkaran unit All New Satria F150 yang dibagi dalam beberapa tahapan materi pelatihan. Pertama-tama para peserta pelatihan akan diberikan pengetahuan mengenai Spesification and Power, peserta akan mempelajari lebih jauh mengenai keunggulan All New Satria F150 baik secara data maupun fitur. Materi pelatihan yang kedua adalah Engine, peserta akan mengenal performa mesin terbaik dari DOHC (Double Over Head Camshaft) 4-valve single cylinder yang menjadi ciri khas All New Satria F150, sistem liquid cooling system dan juga skema kelistrikannya. Selanjutnya mengenai Diagnostic Trouble Code, All New Satria F150 menggunakan sistem elektonik berteknologi canggih yang dikendalikan secara otomatis oleh ECM (Electronic Control Module). Para peserta akan mempelajari langsung kode-kode yang berhubungan dengan perawatan mesin.

Tahapan selanjutnya adalah Maintenance, disini para peserta akan diberikan mengenai cara yang tepat dalam merawat mesin injeksi All New Satria F150, termasuk servis ringan dan berat. Kemudian para peserta akan diberikan pula informasi mengenai Chemical Product guna menjaga dan mengoptimalkan kondisi mesin. Tidak hanya pelatihan secara in-class training, para peserta juga berkesempatan mengunjungi pabrik Suzuki di Tambun untuk melihat proses produksi All New Satria F150.

Para Peserta Sedang Membedah Mesin All New Satria F150 Injeksi

Berita Lainnya