Berita

Suzuki Donasikan Unit dan Mesin Untuk SMK di Sulawesi dan Indonesia Bagian Timur

PUBLISHED DATE : 11 November 2016

8768c Donasi Ambon 01

Jakarta, 11 November 2016 – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah sekolah yang di desain untuk mencetak tenaga siap pakai. Namun faktanya banyak dari lulusan SMK yang kompetensinya belum sesuai dengan kebutuhan industri di Tanah Air. Hal ini menyebabkan banyak lulusan SMK yang menganggur akibat tidak terserap oleh industri. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), terjadi peningkatan jumlah pengangguran di kalangan SMK, dimana pada Februari 2015 berjumlah 1,2 juta orang, dan pada Februari 2016 berjumlah 1,3 juta orang.

post-img-anthem

Sebagai salah satu pemain industri otomotif di tanah air, Suzuki merasa terpanggil untuk ikut berperan serta meningkatkan kualitas lulusan SMK dan Politeknik khususnya di bidang otomotif dan juga memperluas kerjasama kami di bidang pendidikan dengan berbagai institusi. Untuk itu, pada hari ini, 11 November 2016, bertempat di Politeknik Ambon, Suzuki menyerahkan 9 material donasi ke 3 instansi pendidikan yang berada di wilayah Indonesia Bagian Timur dalam program CSR “Suzuki Peduli Pendidikan”. Sebanyak 9 material donasi yang terdiri dari 3 unit mobil, 3 mesin, 1 transmisi, dan 2 paket buku training diserahkan kepada:

  • 1. Politeknik Ambon mendapatkan 1 unit mobil, 2 mesin, 1 transmisi dan 2 paket buku training
  • 2. SMKN 4 Ambon mendapatkan 1 unit mobil dan 1 mesin
  • 3. SMKN 1 Sentani mendapatkan 1 unit mobil

“Tentunya dari kegiatan ini kami harapkan mampu memberikan manfaat ilmu bagi para siswa kedepannya. Karena dunia kerja saat ini sangat kompetitif maka kita perlu memperkaya diri dengan keahlian-keahlian. Suzuki melihat hal tersebut sebagai peluang untuk memotivasi para tenaga muda dengan membekali ilmu dunia otomotif yang sangat dinamis saat ini.” ujar Makmur, 4W Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales .

Selama tahun 2016, Suzuki menyerahkan sebanyak 213 material donasi ke 56 institusi pendidikan yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia, yaitu Jabodetabek, Jawa Barat, Bali, Lombok, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jogjakarta, Kalimantan, Sumatra, Sulawesi dan Indonesia Bagian Timur. Material donasi yang diberikan terdiri dari 29 mobil, 23 motor, 58 mesin, 3 out board motor (OBM) dan 100 paket buku training. Keseluruhan material donasi tersebut diserahkan oleh PT SIS secara bertahap mulai Januari hingga November 2016. Acara di Ambon ini sekaligus merupakan acara penutupan dari rangkaian acara Suzuki Peduli Pendidikan program Donasi unit dan mesin tahun 2016.

Acara Seremoni donasi ini turut dihadiri oleh Asisten Wakil 3 Walikota Ambon, Romeo Soplanit, S.H. “Keterlibatan sektor swasta di dunia pendidikan sangatlah penting untuk menunjang kegiatan belajar mengajar yang efektif dan tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan dunia industri di Indonesia. Apa yang dilakukan Suzuki ini sangat memberikan inspirasi untuk peningkatan kualitas lulusan SMK dan Politeknik jurusan otomotif. Harapannya semoga tidak hanya Suzuki yang aktif melakukan kegiatan ini tetapi juga perusahaan lain, sehingga penyerapan tenaga kerja bisa maksimal”, pungkasnya.

Sebagai kelanjutan dari acara donasi unit dan mesin ini, Suzuki juga akan mengadakan training untuk guru bagi sekolah yang menerima donasi di tahun 2016. Acara training guru ini rencananya akan dilaksanakan di tahun 2017. Dengan diadakannya training guru ini, diharapkan agar para guru dapat menguasai lebih mendalam mengenai cara pengoperasian unit dan mesin Suzuki yang ada di sekolah mereka sehingga dapat mengajarkan dengan baik ke seluruh peserta didiknya.

Berita Lainnya